Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

YouTube Shorts akan Punya Fitur Sulih Suara Mirip TikTok

Indri Penulis

Fitur YouTube Shorts kabarnya akan punya fitur baru untuk sulih suara. Fitur yang satu ini rumornya mirip dengan yang ada di TikTok.

YouTube pertama kali memperkenalkan fitur Shorts pada tahun 2020. Waktu itu fitur ini diluncurkan dengan tujuan untuk menyaingi TikTok (tapi nyatanya malah masih populer TikTok).

Sama seperti TikTok, fitur Shorts memungkinkan pengguna merekam video berdurasi 60 detik yang bisa di-edit langsung dari YouTube pakai beberapa filter bawaan, teks otomatis dan juga koreksi warna.

Tak lama setelah diluncurkan, YouTube mulai meluncurkan berbagai fitur tambahan untuk Shorts. Katakanlah seperti kemampuan untuk mengambil sampel audio dari video YouTube, hingga menyiapkan dana $100 juta ke konten kreator untuk mempromosikan Shorts.

Tidak hanya itu. Kini kabarnya YouTube Shorts bakal kedatangan fitur baru. Fitur tersebut disebut-sebut bisa dipakai untuk sulih suara langsung dari aplikasi YouTube.

Sumber ; XDA-Developers

Temuan tersebut pertama kali dibeberkan oleh situs XDA-Developers. Situs tersebut tidak sengaja menemukan jejak fitur sulih suara dalam kode beta aplikasi YouTube Android dengan nomor versi 17.04.32_beta.

Berdasarkan temuan XDA-Developers, fitur sulih suara bakal dikemas dalam sebuah tombol khusus. Lewat tombol tersebut, pengguna dapat merekam trek dan menyulih audio-nya terlebih dulu sebelum diunggah. Penyulihan audio ini bisa dilakukan langsung dari aplikasi YouTube, dan nggak membutuhkan bantuan aplikasi pengeditan video pihak ketiga.

Kehadiran fitur sulih suara jelas bakal bikin performa Shorts makin halus. Sebelum adanya fitur tersebut, pengguna Shorts hanya bisa menambahkan suara dari perpustakaan YouTube ke Shorts. Jika pengguna ingin menambahkan klik audio khusus, mereka harus merekamnya secara terpisah lalu menambahkannya ke video menggunakan editor video pihak ketiga.

Baca Juga:  Cara Bikin Gambar Banner & Profil Supaya Channel Youtube Keren

Ribet banget kan? Sayangnya YouTube sampai sekarang belum mengonfirmasi soal keberadaan fitur sulih suara. Jadi kami juga belum tahu kapan fitur ini akan tiba.