Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

YouTube Shorts TV Siap Manjakan Pengguna, Tampilan Lebih Seru!

youtube shorts tv
Sumber: TubeFilter
Indri Penulis

Video YouTube Shorts bisa ditonton di TV. Biar lebih user friendly, YouTube Shorts TV hadir dengan desain baru yang lebih eye-catching.

Shorts adalah fitur besutan YouTube yang dibuat untuk menyaingi TikTok. Fitur ini memungkinkan pengguna bikin video vertikal dengan sentuhan editing di dalamnya.

Berbulan-bulan setelah rilis, pengguna YouTube Shorts makin ramai. Bisa jadi, inilah yang membuat YouTube makin semangat untuk mengembangkan fitur tersebut.

Baru-baru ini, YouTube bahkan resmi meluncurkan YouTube Shorts TV. Jadi sekarang pengguna TV bisa menikmati tampilan video YouTube Shorts dengan lebih nyaman di layar jumbo.

Apa yang Unik dari YouTube Shorts TV?

Sebenarnya kalau dari tampilannya, tidak ada yang berubah. Sebab YouTube Shorts TV masih menganut mekanisme yang sama, yakni memungkinkan pengguna menikmati video vertikal berdurasi 60 detik/kurang.

Cuma bedanya, navigasi YouTube Shorts di TV dibuat lebih user-friendly dan eye-catching. Tampilan baru ini membuat pengalaman menikmati YouTube Shorts lebih nyaman. Karena navigasinya benar-benar disesuaikan dengan layar TV yang jumbo.

youtube shorts tv
Sumber: Protocol

Sebelum meluncurkan YouTube Shorts ke TV, YouTube lebih dulu melakukan riset. Riset tersebut dilakukan agar pengalaman Shorts di TV terasa konsisten dan natural, dengan apa yang dilihat pengguna di perangkat mobile.

Untuk lebih memahami apa yang pengguna inginkan, YouTube sempat minta pengguna yang kebagian uji coba untuk menulis masukan ke mereka. Yakni lewat surat ‘Cinta’ dan ‘Perpisahan.’

Surat ‘Cinta’ menunjukkan bahwa pengguna menyukai pengalaman komunitas yang disajikan YouTube. Sedangkan surat ‘Perpisahan’ menunjukkan bahwa pengalaman Shorts di TV masih belum memuaskan.

Akhirnya setelah melakukan uji coba, desain akhir YouTube Shorts TV sudah jadi. Hadirnya Shorts ke TV  bisa memberi keuntungan tersendiri. Misalnya video lebih mudah ditonton bareng-bareng dengan orang lain.

Baca Juga:  YouTube Update Tampilan Versi Terbaru, Tombol Subscribe Lebih Jumbo!

via GIPHY

Apalagi pemutar video Shorts dibikin lebih modern. Bisa kamu lihat pada gambar di atas, Video Shorts tampil dengan tinggi yang menyesuaikan dengan layar TV.

Di belakangnya, ada background warna untuk kesan modern. Kemudian di sisi kanan video, kamu bisa lihat nama kreator dan juga judul video Shorts.

Di bawah video ada tombol like, komentar dan menu lanjutan. Hal tersebut menunjukkan bahwa pengguna tetap bisa melakukan interaksi dengan video Shorts, meskipun lewat TV.

Selain itu cara menikmati YouTube Shorts di TV juga lebih simpel. Karena YouTube telah mengintegrasikan fitur tersebut dengan remote kontrol. Jadi pengguna bisa mengganti video Shorts yang ingin ditonton pakai remote.

Saat ini YouTube Shorts TV sudah mulai diluncurkan, dan akan berlangsung selama beberapa minggu mendatang. Nantinya pengalaman yang serupa juga akan dihadirkan ke konsol game yang lebih baru.


Jika kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]