Yuk, Kenali Fitur Foto dan Video di iPhone 12 Pro Yang Menghebohkan

iphone 12 pro

Salah satu fitur unggulan yang Apple sebut saat mengumumkan varian iPhone 12 Pro adalah di bagian kamera. Jadi, mari kita lihat lebih dekat fitur foto dan video yang ada di iPhone 12 Pro ini.

iPhone 12 menggunakan chipset terbaru dari Apple, yaitu A14 Bionic. Chipset ini memiliki 16-core Neural Engine dan Image Signal Processor (ISP) untuk pengolahan teknologi machine learning yang lebih baik.

Pada akhirnya, teknologi itu mampu memberikan kemampuan lebih pada computational photography. Dengan kata lain punya kelebihan dalam pengolahan gambar digital.


Format Apple ProRAW

Format RAW adalah sebuah format gambar tanpa kompresi dan pemrosesan. Jadi gambar mentah (raw dalam bahasa Inggris juga berarti mentah). Dengan gambar format RAW, kamu bisa melakukan edit foto, baik pencahayaan, warna, white balance, dll tanpa mengurangi kualitasnya.

Dengan ProRAW, Apple menerapkan teknologi fotografi mereka seperti Deep Fusion dan Smart HDR dan memberikan fleksibilitas editing seperti gambar RAW. Jadi foto akan mendapat pengolahan gambar multi-frame untuk mencari hasil terbaik, dan kamu masih bisa mengolahnya lagi.

Fitur editing format ProRAW akan hadir di dalam aplikasi Photos secara bawaan. Namun Apple juga menyebutkan aplikasi foto profesional untuk iPhone lain juga akan bisa memanfaatkan format tersebut.

Rekam dan Edit Video HDR dengan Dolby Vision

Selain foto, varian iPhone 12 Pro juga mendukung fitur rekaman video HDR Pro dan Dolby Vision HDR. Di acara Apple Event, Greg Jozwiak menyatakan hal ini secara spesifik.

rekaman video iphone 12

“Setiap video 10-bit melalui proses di ISP, menghasilkan histogram, dan memungkinkan iPhone untuk memetakan tiap frame di Dolby Vision, langsung saat kamu merekam.”

Hal itu berlangsung di kualitas resolusi 4K dan 60 fps (versi iPhone 12 biasa mampu mengolah Dolby Vision 4K di 30 fps).

Dolby Vision sendiri merupakan teknologi yang memetakan metadata di dalam video secara dinamis. Jadi kalau nuansa adegan berubah, metadata pun menyesuaikan. Ini berbeda dengan HDR10 yang mengoptimalkan video bersamaan sekaligus.

Menariknya lagi, kamu juga bisa mengedit video dengan Dolby Vision ini langsung dari iPhone 12. Dolby Vision grading akan berjalan secara langsung dan tetap ada selama proses editing. Baik itu di aplikasi Photos, maupun di iMovie. Nantinya dukungan Dolby Vision grading juga akan hadir di Final Cut Pro X.

LiDAR Scanner

Apple juga menambahkan LiDAR Scanner dalam modul kamera belakang. Sensor ini berfungsi seperti radar yang mampu mengukur jarak jangkauan cahaya dan menangkap kedalaman dimensi.

Dengan begitu, kamera kedua varian iPhone 12 Pro mampu memetakan jarak permukaan obyek dan mengenali bentuk dengan lebih baik. Pada akhirnya membuka banyak hal baru.

Misalnya, dengan LiDAR Scanner ini, kamera iPhone 12 Pro bisa membuat foto potret Night Mode lebih baik dengan efek bokeh lebih bagus. Lalu, aplikasi yang menggunakan teknologi AR juga bisa menampilkan bentuk obyek secara lebih realistis.


Kehebatan chipset buatan Apple memang sudah diakui. Kelihatannya kali ini Apple memacu fitur untuk foto dan video di kedua iPhone 12 Pro semakin jauh. Inilah jawaban Apple atas perang mega-pixel kamera di Android.

%d blogger menyukai ini: