Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Kalahkan Mate 40 Pro, Zenfone 7 Pro Menang Polling Tes Kamera

Anom Penulis

Ada kejadian menarik di ujung tahun 2020. Dalam sebuah polling tes kamera smartphone, ASUS Zenfone 7 Pro mampu mengalahkan Samsung Galaxy Note20 Ultra. Benarkah smartphone ASUS itu jadi raja kamera smartphone tahun ini?

Adalah Marques Brownlee alias MKBHD yang mengadakan polling itu sesuai tradisi yang biasa ia lakukan tiap tahun. MKBHD meletakkan 16 smartphone unggulan dalam sebuah kompetisi dengan sistem gugur.

popculture.id

Polling Tes Kamera

Dalam sistem gugur ini, dua smartphone akan bertarung tiap babak. 4 babak berarti memotret 4 obyek berbeda. Para pemirsa kemudian menentukan pilihan mereka melalui media sosial Instagram Stories dan Twitter tanpa mengetahui foto dari smartphone apa itu.

MKBHD menyebutkan kalau proses pemotretan berjalan otomatis, bahkan tanpa menentukan fokus (dengan menekan obyek di layar). Ia menjelaskan kalau berdasar riset Google, pada umumnya pengguna jarang melakukan hal itu.

Ia juga menyebutkan sebuah fakta menarik kalau iPhone jarang lolos ke babak berikutnya pada tiap polling tes kamera yang ia lakukan tiap tahun.

Pada babak pertama, hasil yang menarik adalah Moto Edge+ berhasil mengalahkan iPhone SE (2020), OnePlus 8T meluluhlantakkan iPhone 12 Pro Max. Pada babak kedua, hasil menariknya adalah kamera Zenfone 7 Pro mengalahkan Pixel 5 dan Mi 10 Ultra menaklukkan Sony Xperia 1 II.

DI babak semi final, dengan 4 smartphone bertarung, hasilnya bertambah menarik. Zenfone 7 Pro berhasil mengalahkan Huawei Mate 40 Pro dan Mi 10 Ultra mengalahkan Galaxy Note20 Ultra. Lalu di final, Zenfone 7 Pro mengalahkan Mi 10 Ultra.

Faktor Penentu

Dari polling ini, Marques Brownlee memberikan beberapa catatan menarik soal faktor penentu kemenangan Zenfone 7 Pro. Faktor ini ternyata tidak melulu soal spesifikasi atau arsitektur kamera di smartphone.

Selain ada pemenang baru yang mengejutkan, dua hal paling menarik adalah white balance dan media polling (Instagram Stories dan Twitter). Kedua hal inilah yang menentukan bagaimana pemirsa memilih hasilnya.

Kebanyakan pemirsa memilih foto di babak pertama dengan warna yang lebih netral. Beberapa smartphone, seperti iPhone 12 Pro Max, mendorong white balance lebih ke arah kebiruan. Hal ini memberi distrosi pada warna kulit (lebih tidak natural).

Teori dari MKBHD untuk kenapa kebanyakan smartphone lebih condong kebiruan adalah karena pada umumnya warna kulit (orang kulit putih) tidak terlalu terpengaruh dan kita bisa mendapat warna langit lebih biru (lebih dramatis).

Hal menarik lain adalah hasil yang muncul di media sosial. Dalam hal ini adalah Instagram Stories dan Twitter. Ternyata keduanya memperlakukan foto secara berbeda.

Instagram Stories menampilkan foto lebih pucat, sedangkan Twitter menampilkan foto dengan tingkat saturasi lebih tinggi. Hasilnya, pengguna memilih Mi 10 Ultra lebih benyak di Instagram, sedangkan Zenfone 7 Pro dapat suara lebih banyak di Twitter. Kedua hasil itu menunjukkan bahwa foto yang lebih natural lebih disukai.

Sebagai kesimpulan, Marques Brownlee mengatakan kalau sampai titik ini Zenfone 7 Pro mungkin bukanlah raja kamera smartphone. Bahkan spesifikasi teknis mungkin tidak terlalu banyak bicara. Ada banyak faktor lain seperti proses edit foto dan bagaimana media sosial menampilkan foto itu. Kalau kamu suka hasil foto dari smartphone milikmu, ya unggah saja.

    %d blogger menyukai ini: