Fakta Tentang Zoom “Immersive View” dan Cara Pakai Fitur Tersebut

Zoom resmi hadirkan fitur background baru “Immersive View.” Ketahui detil cara pakai fitur Zoom Immersive View di sini.

Dikutip dari Zoom Blog, fitur Immersive View atau Tampilan Imersif akan membuat panggilan video terasa mirip seperti rapat di kantor asli.

Sebenarnya Zoom telah mengumumkan fitur ini tahun lalu di acara Zoomtopia. Bulan ini, fitur Immersive View telah tersedia untuk akun Zoom Free dan Pro.

Tentang Fitur Zoom “Immersive View”

Immersive View adalah pengembangan dari fitur latar belakang yang ada di Zoom sebelumnya. Cuma opsi anyar ini lebih fokus untuk menempatkan peserta dapat di lokasi yang tampak ‘realistis,’ bukan cuma mengganti latar belakangnya saja.

Sumber Gambar : Zoom Blog

Penyelenggara rapat bisa mengaktifkan Immersive View dari menu yang sama, di mana ia dapat menemukan Speaker View dan Gallery View.

Cara Pakai Zoom Immersive View

Penyelenggara rapat punya kendali penuh atas Immersive View. Kalau kamu ingin mengaktifkannya untuk rapat, ikuti langkah berikut:

  • Klik tombol “View” di pojok kanan atas (tempat di mana kamu akan beralih antara Gallery View dan Speaker Gallery).
  • Pilih “Immersive View.”
  • Pilih opsi “Automatic” untuk menyertakan peserta yang bisa ditampung dalam Immersive View.
  • Atau, pilih opsi “Manual” agar kamu bisa menambah dan menghapus peserta secara manual.
  • Pilih model background yang ingin kamu pakai (setiap model background akan menampilkan kapasitas peserta yang bisa ditampung).
  • Kalau sudah, pilih “Start” untuk meluncurkan Immersive View.

Setelah kamu mengaktifkan Immersive View, Zoom otomatis bakal menempatkan peserta di berbagai posisi virtual bawaan. Contohnya seperti di ruang rapat, auditorium, atau bahkan di cafe. Oya, kamu juga bisa menempatkan posisimu sendiri secara manual.

Sumber Gambar : Zoom Blog

Lebih lanjut, kamu juga bisa mengubah ukuran peserta, memindahkan posisi mereka, hingga mengubah ‘tempat rapat’ jika bosan dengan pilihan Zoom.

Cara mengubah Immersive View bisa kamu lakukan dengan kembali ke tombol “View.” Sedangkan untuk mengakhiri Immersive View, kamu bisa memilih opsi “Another View” dan klik “Stop.”

Secara teori, gambar apa pun bisa dipakai untuk latar belakang Immersive View. Namun Zoom mengatakan jika kamu ingin memakai gambar milik sendiri, sebaiknya kamu mencocokkan jenis file, rasio aspek dan resolusi. Dengan begitu, latar belakang virtual yang dihasilkan bakal memuaskan.

Batasan yang Dimiliki Zoom Immersive View

Di sisi lain, Immersive View juga punya batasan lho. Untuk panggilan yang lebih dari 25 orang, hanya 25 peserta pertama yang muncul di scene Immersive View. Sementara sisanya akan ditampilkan dalam strip thumbnail biasa di atas layar.

Immersive View akan berhenti (digantikan layar bersama) selama penyelenggara rapat membagikan layar. Saat proses berbagi layar berhenti, Immersive View akan dimulai lagi dengan posisi yang sama seperti sebelumnya.

Fitur ini tidak akan tersedia Breakout Rooms. Adegan virtual di Immersive View ‘untuk sementara ini’ juga belum bisa diterjemahkan ke dalam rekaman rapat.

Terakhir, jika kamu memakai Zoom versi lama atau aplikasi seluler, kamu tidak akan bisa melihat tampilan Immersive View meskipun rekan kerjamu yang lain memakainya.

%d blogger menyukai ini: