Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Steve Jobs Umumkan iPad Pertama Apple 13 Tahun Lalu

ipad pertama
Gambar Oleh: Apple Insider
Indri Penulis

Steve Jobs umumkan iPad pertama 13 tahun yang lalu. Penasaran seperti apa kisah iPad pertama? Simak dalam ulasan berikut ini.

iPad adalah salah salah satu produk terlaris Apple. Hampir setiap tahunnya, Apple selalu memperbarui jajaran iPad-nya agar baik desain, fitur dan teknologinya nggak ketinggalan zaman.

Kalau melihat kilas baliknya, nggak terasa kalau Steve Jobs telah mengumumkan iPad pertama 13 tahun yang lalu. Untuk mengenang iPad pertama, saya sudah secara khusus merangkumnya dalam uraian di bawah ini.

Pengumuman iPad Pertama 13 Tahun Lalu

Sebenarnya sejarah iPad dimulai jauh pada tahun 80-an, tepatnya di tahun 1983. Waktu itu dalam pidatonya, Steve Jobs pernah mengatakan keinginannya untuk bikin perangkat tablet.

Strategi kami sangat sederhana. Apa yang ingin kami lakukan di Apple adalah menempatkan komputer, ke dalam sebuah buku yang bisa Anda bawa dan pelajari cara pakainya dalam 20 menit,” kata Steve Jobs.

Akhirnya impian Apple terwujud. Di tahun 1993 Apple berhasil mendebutkan komputer tablet pertamanya, Newton MessagePad 100.

ipad pertama
Gambar Oleh: Cultofmac

Apple juga sempat mengembangkan prototipe tablet berbasis PowerBook Duo dan PenLite. Tapi mereka memutuskan untuk tidak menjualnya, agar MessagePad nggak mengalami penurunan harga jual. Namun MessagePad pun akhirnya dihentikan produksinya pada tahun 1998.

Di tahun 2007, Apple kemudian kembali ke pasar mobile-computing dengan iPhone. Perangkat yang bentuknya lebih kecil dari iPad (waktu itu belum diumumkan), dengan dukungan kamera dan seluler. Perangkat ini berhasil mempelopori ponsel dengan teknologi layar sentuh sampai sekarang.

Walaupun waktu itu iPhone pertama rilis duluan daripada iPad, tapi ternyata proyek iPad sudah ada lebih dulu dari iPhone lho. Bahkan prototipe iPad sendiri sudah ada sejak tahun 2004.

Baca Juga:  Rekomendasi iPhone Terbaik Yang Layak Kamu Beli (2022)

Waktu itu di bulan Maret 2004, Apple mengajukan permohonan paten desain untuk ‘perangkat elektronik’ yang bentuknya mirip banget dengan iPad masa kini.

Cuma bedanya, waktu itu paten desain memperlihatkan tablet dengan layar berukuran lebih kecil. Yah, kurang lebih hampir mirip dengan iPad mini lah. Terus nama Steve Jobs dan Jony Ive terdaftar sebagai penemunya.

Barulah di akhir tahun 2009, kabar perilisan iPad pertama mulai tersebar di mana-mana. Menariknya tablet Apple dulu sempat digosipkan bernama ‘iTablet’ dan ‘iSlate.’

Steve Jobs kemudian resmi mengumumkan iPad pertama pada 27 Januari 2010. Pengumuman bersejarah itu dilakukan Steve Jobs dalam konferensi pers Apple di Yerba Buena Center for the Arts, San Francisco.

Apple lalu mulai membuka pre-order iPad pertama di AS pada 12 Maret 2010. Penjualan iPad secara resmi dilakukan di AS pada bulan April 2010.

Awalnya, iPad hanya bisa dibeli di toko online Apple dan lokasi ritelnya. Tapi seiring berjalannya waktu iPad bisa didapatkan lewat Amazon, Walmart dan operator jaringan. Setelah itu Apple juga mulai meluncurkan iPad ke beberapa negara di luar AS.

Saat mulai dijual, iPad generasi pertama berhasil menjadi produk Apple yang paling cepat terjual. Berkat kesuksesan itulah, Apple selalu memperbarui generasi iPad secara berkala sampai sekarang.