5 Cara Pembuatan Efek Suara Film yang Terbilang Aneh

Buat kalian yang hobi nonton film, pastinya akrab dong dengan berbagai efek suara yang terdengar di setiap adegannya. Misalnya saja seperti efek suara laser, kuda berlari, suara tebasan pedang dan masih banyak lagi. Tapi sebenarnya suara-suara yang timbul itu tidak semuanya beneran lho, itu semua hanya efek yang dibuat untuk bisa melengkapi efek visual yang ada.

Teknik pembuatan efek suara yang tidak terekam jelas saat syuting film tersebut dinamakan dengan teknik suara Foley. Teknik semacam ini memang sering digunakan untuk melengkapi efek visual, sehingga bisa membuat suara yang ada jadi lebih realistis dan senada dengan adegan yang ditampilkan.

Tapi jangan salah ya, untuk menghasilkan efek suara yang maksimal dalam film dibutuhkan usaha yang keras. Nah, inilah bagaimana kerja keras orang-orang dibalik efek suara tersebut.

Efek Suara di Film Horor

Sumber : Wicked Horror

Kalian yang hobi nonton film horor, pasti benar-benar memperhatikan akan sadar jika efek yang digunakan dalam setiap film horor ini hampir mirip semua. Nah, ternyata hal tersebut disebabkan karena semua suara yang ada dalam film horor itu dibuat oleh satu alat yang sama lho. Misalnya saja dalam suara horor di film Paranormal Activity dan Insidious. Kedengaran sama bukan? begitu juga dalam film horor yang lainnya.

Sementara itu, benda yang digunakan untuk menciptakan efek suara ini ternyata merupakan semacam alat buatan yang mempunyai unsur benang nilon, penggaris besi, tali besi, dan juga pembolong kertas. Dan dalam teknik Foley ternyata semua benda itu memang bisa menghasilkan suara yang berbeda dari yang seharusnya. Bukannya suara pada umumnya, tapi kok malah suara horor yang timbul. Ngeri juga ya.

Efek Suara Luar Angkasa

Sumber : Voa Indonesia

Apa kalian pernah mendengar efek suara luar angkasa? Mungkin jika kalian sudah pernah menonton film yang bertemakan luar angkasa misalnya saja seperti Interstellar, maka sudah pasti kalian pernah mendengarnya. Lalu, apakah kalian juga tahu bagaimana cara menciptakan suara-suara tersebut?

Menariknya semua suara itu dibuat dari sebuah organ piano yang kemudian disulap menjadi sebuah alat musik hingga mempunyai banyak tombol. Dan dalam setiap tombolnya, nanti akan bisa mengubah suara hingga dapat menciptakan dengung suara. Jadinya, suara itu seolah-olah benar-benar berasal dari luar angkasa. Menarik juga ya.

Latar Suara Film Disney

Sumber : Engadget

Sebenarnya hampir semua kartun dalam film Disney ini menggunakan efek suara yang sama. Bahkan efek suara yang ada ini sudah dibuat sejak puluhan tahun yang lalu. Bisa dikatakan semenjak teknik Foley ini ditemukan.

Jadi karena dulu kartun Disney jarang banget punya pengisi suara, makanya mereka lebih memusatkan ke efek suaranya. Dan ternyata hasilnya sangat unik.

Efek suara dimulai dari suara gesekan kayu, yang kemudian dijadikan suara kereta. Dan juga suara balon yang kemudian bisa menjadi suara mesin rusak. Bahkan kartun Disney juga berhasil menjadi salah satu kartun modern yang mempunyai banyak sekali sound effect. Bisa dikatakan dari jalan sampai berlari, semua menggunakan sound effect.

T-Rex Jurrasic Park

Sumber : Zoom

Hari gini siapa sih yang nggak tau ikon Jurrasic Park satu ini? Yup, ia adalah Tyrannosaurus atau yang sering dikenal dengan T-Rex. Nah buat kalian yang sering banget mendengar suaranya. Apa yang akan kalian tebak?

Dibalik suara T-Rex yang sangat menakutkan ini ternyata dibuat dari campuran banyak suara binatang seperti terompet gajah, auman singa, dan juga aungan serigala. Sound Directors menggunakan campuran suara hewan-hewan tersebut untuk bisa menciptakan sebuah suara baru yang hampir tidak pernah penonton dengar.

Nah, tentu dengan cara yang seperti ini, kalian nanti bisa menduga bahwa dinosaurus yang lain juga suaranya terbuat dari berbagai macam suara hewan lain bukan? Bagaimana menurut kalian?

Pedang Laser Star Wars

Sumber : Geek Tyrant

Nah ini buat kalian yang suka banget nonton film Star Wars. Pasti sudah hafal banget sama Lightsaber atau pedang laser bukan? Jadi kalian otomatis juga sering mendengar suara efek pada saat Lightsaber dinyalakan atau digunakan saat bertempur. Lalu, apakah kalian pernah berpikir bagaimana sih caranya mereka membuat efek suara Lightsaber yang khas itu?

Uniknya, efek suara Lightsaber ini ternyata didapatkan dari hasil mikrofon yang dicampur dengan dengung televisi. Sehingga hal tersebut akan menghasilkan sinkronasi yang sangat pas untuk Lightsaber.

Ben Brutt selaku Sound Director dari film Star Wars berkesimpulan bahwa suatu hal yang unik memang harus bisa diciptakan dalam efek suara. Hal tersebut penting supaya nanti penonton yang sebelumnya belum pernah mendengar suara tersebut, jadi mendengar dan menganggap itu sebagai sesuatu yang baru. Pada akhirnya, itulah yang akan mengingatkan mereka pada film Star Wars nantinya. Wow, cukup kreatif juga ya.

Ternyata untuk bisa menciptakan efek suara dalam film memang tetap membutuhkan usaha yang luar biasa ya. Bagaimana menurut kalian? Apa kalian sebelumnya memang sudah menduga asal efek suara itu dari mana?

%d blogger menyukai ini: