7 Komik Yang Mirip Dengan Solo Leveling

cha hae-in dari komik solo leveling

Solo Leveling adalah salah satu komik laga Korea yang populer. Mungkin ada di antara kamu yang ingin mencari komik yang mirip dengan Solo Leveling. Nah, di sini ada beberapa yang boleh kalian coba.

Sebelum masuk ke dalam daftar, tentunya perlu kita kenali dulu apa saja yang khas dari komik ini. Dengan begitu, saat mencari komik yang mirip dengan Solo Leveling, kita bisa menemukan yang pas.

Tokoh utama komik ini, Sung Jin-Woo, adalah seorang hunter. Tugasnya adalah bertempur dengan berbagai monster yang ada di dalam portal (gate). Ia berkembang dari hunter paling lemah, menjadi paling kuat setelah mengalami double awakening, terutama karena status dan skill khusus (membangkitkan musuh yang dibunuh sebagai pasukan shadow) yang ia dapatkan.

Nah, setelah kita mengetahui garis besar karakteristik manhwa ini, yuk kita lihat komik yang sejenis dengan Solo Leveling.

Catatan: Kalau kamu mau membaca komik-komik ini di handphone Android, kamu bisa membaca artikel ‘Cara Baca Komik Online di Android‘. Kamu juga boleh membaca daftar manhwa terbaru dari kami.

Komik Online Mirip Solo Leveling

1. I Am The Sorcerer King

I am the Sorcerer King atau Naneun Madowangida adalah manhwa yang sangat mirip dengan Solo Leveling. Tokoh utamanya, Lee Sung Hoon, adalah seorang penyihir tingkat tinggi terlahir kembali sebagai umpan dalam perburuan monster.

Ketika ingat kembali masa lalunya, Sung Hoon berusaha mengembalikan kekuatan aslinya sambil berburu monster (yang keluar dari portal). Setelah berhasil menyembuhkan ibunya yang sakit karena efek magis dunia monster, Sung Hoon segera membentuk tim dan mempercepat perkembangan kemampuannya.

Bisa kamu lihat, banyak hal di komik ini yang serupa dengan Solo Leveling. Di bab-bab awal, kamu pasti kaget dengan hal itu. Untungnya, seiring berjalannya cerita, perkembangan menjadi lebih berbeda.

Judul I am the Sorcerer King
Judul Alternatif λ‚˜λŠ” λ§ˆλ„μ™•μ΄λ‹€, Naneun Madowangida
Penulis / Ilustrator Decaspell, Miro
Genre Aksi, Fantasi, Overpowered, Dungeon
Penerbit KAKAO Page

2. Tomb Raider King

Tomb Raider King bercerita tentang Soo Jeo-heon, seorang pemburu relik, yang dikhianati atasannya, seorang bos organisasi pemburu. Ia mendapat kesempatan kedua untuk mengulang petualangannya dan membalas dendam.

Pada suatu ketika, dunia dikejutkan dengan munculnya berbagai “makam” dewa-dewa (tomb). Di dalamnya terdapat berbagai relik yang bisa memberi kekuatan. Soo Jeo-heon yang kembali ke masa awal hadirnya makam tersebut, berusaha mendahului calon bosnya, dan mencegah ia menjadi pemimpin absolut.

Komik ini juga punya beberapa elemen yang mirip dengan Solo Leveling. Misalnya kemunculan tomb, adanya senjata yang memberikan skill, juga organisasi pemburu (mirip klan hunter). Bahkan, studio yang menggambar pun sama dengan yang menggambar Solo Leveling.

Judul Tomb Raider King
Judul Alternatif 도꡴왕
Penulis / Ilustrator Yoonz / Redice Studio
Genre Aksi, Fantasi, Overpowered, Dungeon
Penerbit KAKAO Page

3. Ranker Who Live A Second Time

Ranker who Lives a Second TimeΒ bercerita tentang Yeon-woo yang menyelidiki saudara kembarnya yang hilang akibat pengkhianatan rekan-rekannya.

Yeon-woo mengetahui nasib saudara kembarnya itu setelah menemukan buku harian miliknya. Yeon-woo pun masuk ke Obelisk, the Tower of Sun God, untuk mencari tahu. Di sana ia juga mengembangkan skill miliknya dengan berburu monster, berdasar panduan dari buku harian tersebut.

Walau tidak benar-benar serupa, komik ini memiliki nuansa yang sama. Paling tidak dari jendela status yang seperti game dan petualangan berburu monster. Yah, boleh dianggap Solo Leveling bertemu dengan Tower of God.

Judul Ranker who Lives a Second Time
Judul Alternatif Second Life Ranker, The Ranker Who Lives Twice
Penulis / Ilustrator Sadoyeon / Nong Nong
Genre Aksi, Fantasi, Overpowered, Dungeon
Penerbit Second Life Ranker

4. Raid

raid manhwa

Raid memiliki latar belakang cerita tentang gerbang dunia iblis (Demon World Gates) yang terbuka di seluruh dunia setelah perang Korea 50 tahun lalu. Kemudian muncullah beberapa orang yang “dibangkitkan” kemampuannya dan disebut sebagai “Master”.

Komik Raid mengikuti petualangan Gang Kyu Sung. Ia adalah seorang Master yang tadinya tidak dipedulikan dan dicemooh oleh orang-orang. Namun ia berjuang meningkatkan reputasinya dari bawah menjadi seorang pahlawan.

Bisa kamu lihat, beberapa elemen cerita sanat mirip dengan komik Solo Leveling. Mulai dari “gate”, “master” (hunter), dan perjuangan dari nol. Seain itu, para Master di sini juga memiliki special skill. Mirip kan?

Judul Raid
Judul Alternatif 레아드
Penulis / Ilustrator Choe Jong Hyeong
Genre Aksi, Fantasi, Dungeon
Penerbit KAKAO Page

5. Dungeon Reset

dungeon reset

Dungeon Reset menceritakan petualangan Jeong Da-un (Jung Dawun) yang ditarik ke sebuah “Dungeon Game” dan harus bertahan hidup. Sementara pemain lain memiliki berbagai skill, Da-un hanya berbekal “Purify” untuk membersihkan segala sesuatu yang kotor. Jadilah ia tukang cuci di timnya.

Namun kemudian ia terpisah dari tim tersebut. Kejadian ini membuatnya tersadar kalau ketika pemain lain terkena efek “reset” dari Dungeon, ia tidak. Begitulah Da-un kemudian menelusuri “Dungeon Game” dengan kemampuan yang terus meningkat.

Kesan pertama memang terlihat meniru Solo Leveling. Yah, memang ada beberapa elemen yang mirip. Tapi komik ini punya keunikan tersendiri. Jalan ceritanya menarik dan penuh kelucuan. Terutama karena Da-un selalu punya trik untuk mengakali system error yang jadi keunggulannya.

Judul Dungeon Reset
Judul Alternatif λ˜μ „ 리셋
Penulis / Ilustrator Ant Studio, Daul
Genre Aksi, Fantasi, Overpowered, Dungeon
Penerbit KAKAO Page

6. The Blade of Evolution – Walking Alone in the Dungeon

Sudah terbayang cerita komik ini dari judulnya? Manhua ini bercerita tentang seorang hunter bertipe healer yang punya kemampuan rendah. Di sebuah dungeon, terjadi malapetaka saat semua rekan satu timnya dibantai oleh “last priest“. Ia sendiri mendapatkan sebuah pedang yang kemudian ia pakai untuk meningkatkan kemampuannya.

Oke, saat komik ini saya tambahkan ke daftar, belum banyak jumlah chapter tersedia. Tapi dari chapter yang ada, kondisi tokoh utama (yang belum disebut namanya), cukup mirip dengan kondisi Sung Jin-woo di awal cerita Solo Leveling.

Apakah komik ini bagus atau tidak, juga belum layak untuk ditentukan.

Judul The Blade of Evolution – Walking Alone in the Dungeon
Judul Alternatif θΏ›εŒ–δΉ‹εˆƒβ€”β€”η‹¬θ‡ͺθΈε‘εœ°δΈ‹, Swordsman Healer
Penulis / Ilustrator Β ε°εˆ€
Genre Aksi, Fantasi, Overpowered, Dungeon

7. The Live

Komik The Live bercerita tentang Kim Yun-Jae yang depresi akibat kematian istri dan anaknya. Melalui sebuah diary, ia dijanjikan bisa mendapatkan kembali istri dan anaknya tersebut dengan memenangkan game di dunia paralel. Yun-Jae pun masuk ke dunia paralel itu, membasmi monster dari berbagai dungeon, dan bertahan hidup. Ternyata, ia juga mendapat keunggulan lewat bocoran info dari diary tersebut.

Seperti kamu lihat, manhwa The Live ini memiliki berbagai komponen yang mirip dengan Solo Leveling. Monster, dungeon, sistem game, dan si tokoh utama pun mendapat keuntungan dari sistem.

Judul The Live
Judul Alternatif 더 라이브
Penulis / Ilustrator Black Ajin / ANT Studio
Genre Aksi, Fantasi, Dungeon
Penerbit
KAKAO Page
%d blogger menyukai ini: