Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

16 Aplikasi Audio Editor Terbaik untuk PC & Laptop yang Populer

Belajar Jadi Audio Editor Terbaik, Coba Gunakan Aplikasi Audio Editor yang Saya Rekomendasikan di Sini

16 Aplikasi Audio Editor Terbaik untuk PC & Laptop yang Populer
Febri Penulis

Kamu termasuk content creator di bidang musik ataupun audio? Sudah kah kamu mengenal berbagai aplikasi audio editor terbaik yang bisa kamu instal atau gunakan di PC ataupun Laptop, yang populer belakangan ini.

Atau kamu masih mencari program audio editor? Mungkin ingin menggunakan yang gratis? Berikut ini saya pilihkan beberapa program atau aplikasi audio editor gratis & mungkin sebagian ada yang berbayar.

  • Solusi Cepat
    Jika kamu sedang mencari rekomendasi aplikasi Audio Editor terbaik di PC/laptop, kamu bisa coba aplikasi Audacity, Lexis Audio Editor, dan Adobe Audition. Ketiga aplikasi ini yang menurut saya pribadi paling bagus dan paling worth it untuk digunakan dalam bekerja di dunia Audio Editing.

Daftar Rekomendasi Aplikasi Audio Editor Terbaik

Di dunia yang serba digital, program audio editor seringkali dibutuhkan. Bisa untuk sekedar membuat ringtone, atau sampai merekam musik. Apalagi yang bisa merekam suara, mengedit, sampai memberi efek, dan mendukung berbagai format audio.

Mari kita lihat, apa saja yang bisa kamu jadikan sebagai alat tempur untuk melakukan audio editing, berikut daftar rekomendasi aplikasi audio editor teraik saat ini:

1. Audacity (Windows, Mac, Linux)

Daftar Rekomendasi Aplikasi Audio Editor Terbaik - Audacity

Audacity mungkin merupakan program audio editor paling populer di muka bumi. Selain itu, program ini terhitung yang paling senior. Hal ini tercermin dari tampilannya—yang entah kenapa—tetap terlihat kuno.

Audacity memiliki fitur yang cukup banyak. Seperti perekam suara (baik dari microphone atau mixer), impor dan ekspor berbagai format audio, mendukung berbagai kualitas audio, mendukung fungsi edit, memiliki banyak efek, dll. Salah satu keunggulan lain Audacity adalah bisa sepenuhnya dioperasikan dengan keyboard, dan mendukung berbagai shortcut perintah.

2. Studio One Prime (Windows, Mac)

Daftar Rekomendasi Aplikasi Audio Editor Terbaik - PreSonus Studio One 3.2

Studio One merupakan salah satu produk digital audio workstation (DAW) dari PreSonus. Nama ini merupakan produsen dari berbagai produk (baik hardware dan software) yang fokus pada proses kreatif berbasis audio. Studio One Prime merupakan versi gratis. Sedangkan versi berbayarnya berjuluk Studio One Artist dan Studio One Professional.

Studio One mendukung multi-track, virtual instrument, dan FX channel. Namun Studio One Prime—sebagai versi gratis—memiliki keterbatasan. Salah satunya tidak bisa melakukan ekspor ke format FLAC dan MP3 (termasuk ekspor langsung ke SoundCloud). Mengingat program ini adalah program editing yang kompleks dan canggih, versi gratis boleh dianggap sebagai versi demo.

3. Podium (Windows)

Daftar Rekomendasi Aplikasi Audio Editor Terbaik - zynewave podium

Podium adalah program digital audio workstation untuk Windows buatan Zynewave. Program ini tersedia dalam versi gratis dan komersial. Seperti juga Studio One, Podium merupakan program rekaman dan audio editor yang kompleks dan canggih.

Untuk versi gratis, terdapat keterbatasan. Misalnya MIDI tebatas untuk satu input dan output, tidak ada mixer 64-bit, tidak ada multi-processing plugin, dll. Selain itu, update untuk Prodium versi gratis akan lebih lambat dari versi komersial.

4. Ocenaudio (Windows, Mac, Linux)

Daftar Rekomendasi Aplikasi Audio Editor Terbaik - ocenaudio

Ocenaudio adalah program audio editor cross-platform; baik di WIndows, Mac, maupun Linux. Program ini mengutamakan kemudahan penggunaan dan kinerja optimal. Beberapa fungsi yang biasanya memakan waktu ( seperti membuka dan menyimpan berkas audio) dilakukan di latar belakang sehingga penggunanya tetap bisa melakukan hal lain.

Baca Juga:  Cara Blokir Aplikasi Agar Tidak Terhubung ke Internet di Windows

Ocenaudio mendukung Virtual Studio Technology (VTS) seperti plugins. Program ini juga menawarkan real-time preview yang menunjukkan langsung menunjukkan hasil ketika kita mengubah sesuatu (misalnya equalizer).

5. HyaWave (WebApp)

Daftar Rekomendasi Aplikasi Audio Editor Terbaik - Hyawave

HyaWave merupakan aplikasi rekam suara dan audio editor online. Aplikasi ini mendukung rekam suara melalui microphone, fungsi drag & drop berkas audio, juga kontrol dengan keyboard. Selain itu, HyaWave juga dilengkapi dengan berbagai efek seperti amplify, waveform bit crusher, feedback delay, dll. Kita juga bisa mendengarkan terlebih dahulu hasilnya (prelisten) sebelum mengeksekusi hasil akhir.

HyaWave hadir dengan tampilan ala Material Design, dan bisa langsung mengirim hasil akhir melalui URL atau media sosial Facebook dan Twitter. Karena aplikasi ini merupakan aplikasi web, HyaWave bisa diakses di mana saja dan kapan saja, cukup melalui web browser. Kalau kamu mencari aplikasi audio editor gratis yang paling mudah dijangkau, HyaWave bisa jadi pilihan jitu.

6. Lexis Audio Editor

Daftar Rekomendasi Aplikasi Audio Editor Terbaik - Lexis Audio Editor

Lexis Audio Editor, seperti namanya aplikasi ini memiliki fungsi untuk merekam suara dan juga bisa jadi media player atau pemutar musik/audio.

Pada aplikasi ini, memiliki beberapa fitur yang kita butuhkan untuk melakukan edit pada audio seperti cut, copy, dan paste. Ada fitur unggulan yang terdapat pada Lexis Audio Editor adalah aplikasi ini bisa melakukan normalizing dan noise reduction.

7. Audio Converter Any Format

Daftar Rekomendasi Aplikasi Audio Editor Terbaik - Audio Converter Any Format

Audio Converter adalah aplikasi edit suara terbaik gratis menurut saya, karena di aplikasi ini kamu bisa menentukan beragam format audio secara gratis tanpa perlu biaya langganan atau membeli aplikasi ini.

Di aplikasi ini kamu juga bisa mengedit suara seperti memotong (trim) dan mengubah kualitas audio -nya ke kualitas lebih rendah atau lebih tinggi. Intinya aplikasi ini bagus untuk digunakan meng- convert format audio.

8. SOUND FORGE Audio Studio 15 Microsoft Store Edition

Daftar Rekomendasi Aplikasi Audio Editor Terbaik - SOUND FORGE Audio Studio 15 Microsoft Store Edition

Sound Forge Audio Studio 15 khusus untuk pengguna Microsoft Store Edition ini merupakan aplikasi untuk merekam, editing, dan mastering audio/suara dengan teknologi terbaik yang dimiliki sama Sound Forge Audio Studio 15.

Aplikasi ini harganya Rp655.000,-, kalau kamu seorang content creator di dunia yang berkaitan dengan audio. Maka aplikasi ini sangat saya rekomendasikan karena cocok untuk kebutuhan produksi podcasts, radio ataupun voice over.

9. Audio Editor: Recorder & Splicer

Daftar Rekomendasi Aplikasi Audio Editor Terbaik - Audio Editor Recorder & Splicer

Audio Editor: Recorder & Splicer merupakan aplikasi profesional editing audio dan musik yang bisa kamu gunakan secara gratis tanpa perlu membeli atau berlangganan di aplikasi ini.

Aplikasi ini menyediakan beberapa fitur unggulan seperti support aplikasi .wav ataupun .m4a dan pilihan menu sederhana untuk copy, paste, cut, reverse, dan juga bisa menambahkan efek suara pada file audio/musik.

10. WavePad Audio Editor Free

Daftar Rekomendasi Aplikasi Audio Editor Terbaik - WavePad Audio Editor Free

WavePad Audio Editor Free adalah aplikasi editing audio yang sempurna untuk kamu yang sedang mencari aplikasi audio editor gratis dengan fitur yang melimpah, kamu bisa coba gunakan aplikasi ini.

Di WavePad Audio Editor Free kamu bisa menemukan fitur trim, cut, silence, dan masih banyak lagi, serta ada beberapa fitur bermanfaat lainnya seperti menambah ribuan efek pada suara dan kamu bisa menyimpannya dalam berbagai format audio.

11. AudioMass

Daftar Rekomendasi Aplikasi Audio Editor Terbaik - AudioMass

AudioMass adalah aplikasi audio editor yang bisa kamu gunakan secara online langsung melalui web browser apapun. Jadi tanpa perlu instal aplikasi ini, kamu sudah bisa meng- edit audio/music melalui AudioMass di browser.

Aplikasi audio editor ini gratis dan bebas untuk digunakan, ada banyak fitur menarik yang bisa kamu pakai, seperti pengaturan efek suara, mengurangi noise, reverse audio dan masih banyak lagi.

12. Kapwing

Daftar Rekomendasi Aplikasi Audio Editor Terbaik - Kapwing

Kapwing merupakan aplikasi audio editor online yang bisa kamu gunakan secara gratis melalui web browser. Aplikasi editi audio ini bisa diakses di mana pun, baik itu PC/laptop atau pun smartphone seperti Android dan juga iOS.

Baca Juga:  5 Cara Menghapus Aplikasi di MacBook dengan Mudah dan Bersih Permanen

Aplikasi ini memiliki berbagai fitur gratis yang banyak, hal yang paling saya suka adalah dia sudah menyediakan berbagai stock suara ataupun audio yang bisa kamu gunakan secara bebas dan gratis.

13. Qtractor

Daftar Rekomendasi Aplikasi Audio Editor Terbaik - Qtractor

Qtractor aplikasi audio editor gratis ketiga belas yang saya rekomendasikan ke kamu. Aplikasi ini memiliki segudang fitur yang bisa kamu gunakan secara gratis di PC/laptop.

Beberapa fitur yang paling membantu adalah aplikasi ini support berbagai macam/jenis format audio, unlimited overlapping clips, bisa mudah drag-and-drop file, bisa atur tempo dan sebagainya.

14. Wavesaur

Daftar Rekomendasi Aplikasi Audio Editor Terbaik -WaveSaur

Wavesaur yang merupakan aplikasi audio editor gratis yang mendukung teknologi VST support. Meskipun aplikasinya tidak begitu lengkap namun fitur VST plugin ini sangat membantu para content creator seperti saya.

Di aplikasi Wavesaur terdapat plugin seperti compressor, limiter, equalizer, reverb dan masih banyak lagi yang bisa membantu kerjaan kamu sebagai audio editor.

15. AVS Audio Editor

Daftar Rekomendasi Aplikasi Audio Editor Terbaik - AVS Audio Editor

AVS Audio Editor gratis untuk pengguna Windows di PC/laptop, aplikasi ini menyediakan fitur seperti menghapus suara noise ataupun mempertajam suara menjadi lebih jernih dan gurih seperti menggunakan mic mahal.

Aplikasi AVS Audio Editor juga mempunyai fitur efek lebih dari 20, seperti filter untuk mengatur delay suara, flanger, chorus, reverb, echo, dan masih banyak lagi fitur-fitur yang disediakan oleh aplikasi gratis ini.

16. Adobe Audition

Daftar Rekomendasi Aplikasi Audio Editor Terbaik - Adobe Audition

Adobe Audition merupakan aplikasi audio editor profesional dan suka digunakan oleh para composer professional karena aplikasi ini memang banyak banget fitur-fitur audio editor yang bisa di- explore lebih dalam.

Walaupun fiturnya lengkap atau bisa dibilang paling lengkap, aplikasi ini berbayar, kamu bisa berlangganan setiap bulannya saat menggunakan aplikasi audio editor Profesional ini.

What’s Next: Pilih Sesuai dengan Kebutuhan Kamu

Itu lah beberapa rekomendasi aplikasi audio editor terbaik yang bisa saya kasih ke kamu, aplikasi yang saya sarankan ke kamu ada yang gratis dan juga berbayar. Ada aplikasi yang ringan dan juga berat saat diakses di PC/laptop.

Ada banyak aplikasi yang saya rekomendasikan ke kamu, jika kamu tidak suka melakukan audio editing pakai aplikasi atau tidak ingin menginstal aplikasi tersebut ke PC/laptop kamu. Maka kamu bisa coba untuk menggunakan aplikasi audio editing online yang sudah saya sarankan di atas.

Silakan pilih aplikasi audio editor yang menurut kamu paling bagus dan sesuai dengan kebutuhan kamu. Bisa kamu coba satu per satu jika kamu penasaran dengan aplikasi tersebut.

Kalau dari saya, 16 aplikasi yang saya rekomendasi untuk digunakan oleh kamu. Saya lebih menyarankan untuk belajar menggunakan Adobe Audition. Karena aplikasi Adobe Audition ini sering kali digunakan untuk project-project para profesional.

Jadi jika kamu termasuk orang yang awam ingin belajar menggunakan aplikasi audito editor, maka saran saya pelajari aplikasi kalau tidak Adobe Audition ya Audacity yang paling sederhana untuk saat ini.


Jika ada pertanyaan atau saran lebih lanjut, silakan tulis di kolom komentar atau kirim email ke [email protected] Kamu juga bisa berlangganan berita atau artikel seputar teknologi, aplikasi & internet seperti di atas melalui halaman urbandigital di Google News.