Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Waduh, AI di Portal Berita MSN Salah Pasang Foto Anggota Little Mix

sumber foto: HawtCelebs
Anom Penulis

Microsoft mengganti jurnalis manusia dengan teknologi AI di portal berita MSN. Namun keputusan yang bertujuan efisiensi itu menjadi pisau bermata dua. Teknologi AI di situs MSN salah memasang foto anggota Little Mix.

Rencana Microsoft itu memang cukup kontroversial. Apalagi isu soal teknologi AI dan robotik yang menggantikan tenaga kerja manusia juga sudah sering menjadi pembahasan di mana-mana.

popculture.id

Kontroversi itu bertambah dengan munculnya berita tentang rekfleksi masalah rasisme dari anggota grup Little Mix, Jade Thirlwall. The Guardian menyebutkan kalau alih-alih memasang foto Thirlwall, AI di MSN justru memasang foto anggota Little Mix lain, Leigh-Anne Pinnock.

Jade Thirlwall memang berdarah campuran. Ia memiliki darah Mesir dan Yaman. Sementara Leigh-Anne Pinnock memiliki darah keturunan Barbados dan Jamaika.

Jade Thirlwall kontan mengkritik MSN. Ia mengunggah cuplikan foto yang salah itu ke Instagram Story beserta protes: “@MSN kalau kamu mau copas artikel dari media lain yang akurat, pastikan kamu memakai foto yang tepat untuk anggota band yang berdarah campuran.”

protes jade thirlwall soal kesalahan ai di portal msn
sumber foto: Jade Thirlwall via The Guardian

Ia juga menambahkan kalau kejadian ini sering terjadi pada Leigh-Anne Pinnock dan dirinya, sampai-sampai sudah jadi bahan candaan tersendiri. Ia merasa tersinggung ketika ada yang tidak bisa membedakan dua perempuan berdarah campuran dari empat anggota band.

Seperti yang sudah disebut The Guardian sebelumnya, Microsoft memanfaatkan teknologi AI ini di portal MSN untuk menjalankan proses kurasi berita secara otomatis. Teknologi AI akan mencari berita dari rekanan, temasuk memasang foto yang sesuai.

Walau belum diketahui alasan kesalahan tersebut, dugaan merujuk pada label atau nama berkas yang salah dari sumber MSN. Perwakilan Microsoft sudah memberi tanggapan mengenai kejadian ini. Ia menyebutkan kalau begitu mengetahui kesalahan, mereka segera mengambil tindakan dan mengganti foto yang salah tersebut.

Di sisi lain, The Verge menyebutkan kalau kejadian ini bukan yang pertama. Sebelumnya, portal berita BBC pernah salah menaruh video LeBron James di berita wafatnya Kobe Bryant.

    %d blogger menyukai ini: