Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Apple Siap Pakai USB-C ke AirPods dan Aksesori Mac di Tahun 2024

AirPods dengan USB-C (Sumber: 9to5mac)
Indri Penulis

Apple rumornya akan beralih menggunakan USB-C ke AirPods dan aksesori Mac di tahun 2024. Kabarnya ini adalah buntut dari desakan Parlemen Eropa.

Kabar ini dibeberkan oleh Mark Gurman dari Bloomberg. Menurut Mark Gurman, peralihan dari Lightning ke USB-C datang saat Uni Eropa terlihat ‘memaksakan’ pergantian port ke ponsel, tablet dan headphone yang rilis di wilayah tersebut pada akhir 2024.

Yah, aturan dari Uni Eropa tersebut sampai sekarang memang masih belum resmi ditandatangani jadi undang-undang. Tapi gosipnya, aturan dari Uni Eropa sudah mendapat ‘lampu hijau’ dari Parlemen Eropa beberapa waktu yang lalu.

Untuk mematuhi aturan yang akan datang, Gurman yakin kalau Apple nggak cuma menghadirkan USB-C ke ponsel dan tablet. Namun Apple kemungkinan besar juga akan menghadirkan USB-C ke AirPods, AirPods Pro dan juga AirPods generasi berikutnya di tahun 2024.

AirPods Lightning USB-C – Sumber: Slyders Tavern

Nggak cuma lini AirPods. Mark Gurman juga mengatakan bahwa kemungkinan besar aksesori Mac bakal kebagian USB-C. Beberapa aksesori yang dimaksud antara lain Magic Mouse, Magic Keyboard dan juga Magic Trackpad.

Prediksi Mark Gurman kali ini rasanya sangat masuk akal. Pasalnya Apple diperkirakan bakal memperbarui jajaran Mac-nya dengan iMac dan Mac Pro baru tahun depan. Biasanya saat Mac generasi baru rilis, maka saat itu jugalah Apple akan menghadirkan pembaruan pada aksesorinya.

“Ini adalah taruhan besar, aksesori tersebut akan beralih ke USB-C di tahun depan. Ya, inkarnasi,” kata Mark Gurman. Lebih lanjut, Mark Gurman juga percaya kalau Apple bakal beralih menggunakan USB-C ke AirPods dan aksesori Mac sebelum undang-undang dari Uni Eropa mulai berlaku.

Baca Juga:  Apple Akan Suntikkan Iklan ke Aplikasi Maps Tahun Depan

Sebenarnya ini bukan pertama kalinya Mark Gurman menyinggung soal Apple yang bakal ganti pakai USB-C. Awal tahun ini, Mark Gurman pernah melaporkan bahwa Apple sudah mulai menguji coba USB-C pada iPhone-nya. Gurman memprediksi kalau iPhone dengan USB-C paling cepat akan rilis tahun 2023.

Apple bisa saja baru beralih ke USB-C di tahun 2025, atau tepatnya saat peluncuran iPhone 17. Sebab kabarnya ada tenggang waktu 2 tahun setelah undang-undang dari Uni Eropa resmi berlaku. Walau begitu, Gurman yakin Apple akan tetap ganti USB-C lebih cepat dari aturan yang berlaku.

Yah, kita tunggu saja gimana langkah yang bakal diambil oleh Apple. Btw, kamu sendiri lebih suka iPhone, AirPods dan aksesori Mac yang pakai Lightning atau USB-C?