Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Heboh Akun Twitter Kena Suspend Berjamaah, Ternyata Gara-Gara Elon Musk Ngambek!

akun twitter kena suspend
Sumber: Rapler
Indri Penulis

Baru-baru ini viral akun Twitter kena suspend berjamaah. Usut punya usut, ternyata hal ini terjadi gara-gara kebijakan baru Elon Musk!

Twitter selama beberapa bulan terakhir sukses menyita perhatian banyak orang. Apalagi sejak Elon Musk berhasil mengambil alih Twitter, dan resmi menjadi CEO baru Twitter.

Sejak Elon Musk jadi CEO Twitter, ada banyak kebijakan yang ia ubah. Sehari setelah ia jadi CEO, Elon berencana bikin akun verifikasi jadi berbayar Rp 125.00/bulan. Ia juga berencana untuk menghidupkan kembali Vine.

Desember ini, Elon Musk kembali bikin geger pengguna Twitter. Gimana nggak, karena kebijakan barunya, ada banyak akun Twitter kena suspend berjamaah.

Penyebab Akun Twitter Kena Suspend Berjamaah

Jadi dilansir dari The Verge, beberapa waktu lalu Twitter resmi memblokir atau me-suspend akun bernama @ElonJet. Alasan akun ini diblokir karena ia sering melacak lokasi jet pribadi milik CEO Twitter, Elon Musk.

@ElonJet adalah akun Twitter milik mahasiswa asal Florida, Jack Sweeney. Akun tersbeut telah mengumpulkan lebih dari setengah juta pengikut. Ia sering melacak lokasi jet pribadi Elon Musk pakai data penerbangan yang tersedia secara umum.

svg%3E
Sumber: The Daily Beast

Elon Musk sendiri sebelumnya pernah mengatakan kalau dia tipikal orang yang mendukung kebebasan bicara. Bahkan dia tidak akan membiarkan akun pelacakan pesawat bertebaran di Twitter.

Tapi dengan pemblokiran akun @ElonJet, sepertinya Elon Musk mulai terganggu dengan keberadaan akun pelacakan pesawat. Buktinya, kasus ini justru merambat ke banyak pengguna Twitter yang ‘bisa jadi nggak bersalah.’ Loh kok bisa?

Yap, jadi baru-baru ini Twitter resmi menangguhkan akun Twitter beberapa reporter populer. Contohnya Ryan Mac dari The New York Times, Donie O’Sullivan dari CNN, Drew Harwell dari The Washington Post, dll.

Baca Juga:  Twitter Rilis Fitur Circle Buat Tampilkan Tweet ke Orang-Orang Tertentu

Ternyata ada alasan khusus kenapa Elon Musk menyuruh Twitter me-suspend akun mereka. Jadi mereka adalah reporter yang sempat men-tweet upaya Elon Musk untuk ‘menindak tegas’ akun pelacakan pesawat @ElonJet.

Usai memblokir akun secara berjamaah, Elon Musk masuk ke Twitter Space dan menjelaskan alasannya. Di sana Elon Musk menuduh para jurnalis berkomplot dengan ElonJet.

Intinya, ElonJet yang notabene sudah ditangguhkan oleh Twitter, membuat akun Facebook dan Mastodon. Kemudian para jurnalis ikut membagikan URL dari akun baru ElonJet. Itulah yang menimbulkan ‘kemurkaan’ Elon Musk.

Akun Non-Jurnalis Ikut Ter-Suspend!

Kalau kamu mengira bahwa cuma akun jurnalis saja yang ter-suspend, maka kamu salah. Ternyata imbas dari kasus @ElonJet juga berimbas ke pengguna Twitter biasa.

Baru-baru ini teman saya Mas Febri cerita kalau akun Twitter-nya ikut ter-suspend. Seperti yang bisa kamu lihat pada gambar di bawah, ini adalah tampilan saat ia tidak bisa mengakses akun Twitter-nya.

penyebab akun twitter kena suspend

Tidak berhenti sampai di situ Urban People. Ternyata tweet milik pemilik akun yang di-suspend juga hilang alias nggak bisa dibaca siapapun.

svg%3E

Saat Mas Febri coba login ke akunnya, Twitter meminta Mas Febri untuk melakukan verifikasi ulang. Kalau dalam kasusnya kali ini sih, Mas Febri coba verifikasi pakai nomor HP biasa.

Tapi sayangnya Twitter nggak bisa memproses verifikasi. Setiap kali Mas Febri memasukkan nomor HP, Twitter pasti langsung error dan menampilkan keterangan berupa ‘kesalahan teknis.’

Kalau melihat salah satu cuitan terbaru Elon Musk, sepertinya ini hal tersebut terjadi karena kasus doxxing yang ia alami baru-baru ini.

akun twitter kena suspend
Sumber: Twitter/Elon Musk

Jadi setiap akun yang melakukan doxxing info lokasi secara real-time bakal langsung ditangguhkan. Soalnya Elon Musk menganggap kalau hal tersebut merupakan pelanggaran keamanan fisik.

Baca Juga:  Asik.. Sekarang Pengguna Bisa Kirim Foto, Video, GIF Dalam Satu Tweet

Nah masalahnya, kebijakan baru itu tidak hanya berlaku untuk doxxing lokasi real-time. Tapi akun-akun yang membagikan tautan dari situs lain juga ikut di-suspend. Makanya jangan heran kalau ada banyak akun Twitter kena suspend akhir-akhir ini.

Gimana, apa akunmu juga termasuk yang kena suspend? Kalau iya, coba ceritain gimana pengalamanmu kena suspend dadakan Twitter di kolom komentar. Hehehe..


Kalau kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]