Ada Alarm Gempa! Ini Dia 6 Fitur Baru Android yang Bakal Segera Rilis

Google resmi umumkan 6 fitur baru Android yang bakal rilis dalam waktu dekat. Apa saja fiturnya? Kuy lihat detilnya di sini!

Setelah beberapa waktu lalu mengumumkan fitur Android terbaru buat perangkat Pixel, kini Google kembali mengumumkan fitur baru untuk Android. Bukan cuma untuk perangkat Pixel saja, tapi fitur-fitur ini ditujukan untuk semua perangkat Android.

Setidaknya ada 6 fitur baru Android yang siap rilis dalam waktu dekat. Fitur anyar yang pertama bernama Earthquake Alerts System.

Fitur pertama ini cukup unik dan jarang ada di sistem operasi lainnya. Sesuai namanya, Earthquake Alerts System bakal memberikan peringatan beberapa detik sebelum gempa bumi terjadi.

Fitur anyar ini akan diluncurkan secara global. Tapi untuk sementara ini, fitur tersebut baru dihadirkan di negara-negara rawan gempa seperti Selandia Baru, Yunani, Turki, Filipina, Kazakhstan, Turkmenistan, dll.

Sementara  fitur yang kedua ini bernama Starred, di fitur ini kamu bakal bisa membintangi pesan di aplikasi Pesan/Message (agar dapat menemukannya dengan mudah).

Cara penggunaannya sangat mudah. Kamu cukup ketuk dan tahan pesan, lalu klik ikon bintang. Fitur ini akan diluncurkan beberapa minggu lagi.

Untuk fitur yang ketiga bernama Contextual Emoji Kitchen. Versi beta fitur ini telah tersedia di Gboard, sedangkan versi akhirnya akan tersedia musim panas ini.

fitur baru android
Sumber : Google

Namun sepertinya, fitur ini belum mendukung Bahasa Indonesia. Sebab Google mengatakan kalau saran Emoji baru akan keluar kalau pengguna mengetik teks berbahasa Inggris, Spanyol dan Portugis di perangkat yang menjalankan Android 6 atau lebih baru.

Fitur keempat ada pada Google Assistant. Sekarang Google Assistant dapat membawamu ke aplikasi-aplikasi yang sering kamu pakai, dan kamu bisa minta bantuan Google Assistant untuk mengoperasikan aplikasi tersebut (misal bayar tagihan, mengecek jadwal olahgara, dll di dalam aplikasi).

Untuk fitur kelima ditujukan pada Voice Access yang kini punya pendeteksi tatapan versi beta. Fitur ini hanya akan berfungsi saat kamu melihat ke layar. Nantinya, Voice Access akan memberikan navigasi telepon dan aplikasi dengan cepat ‘hanya lewat’ suaramu.

Terakhir, ada pengalaman Android Auto yang lebih fleksibel. Kamu nantinya  dapat mempersonalisasi launcher screen dari smartphone dan mengatur mode gelap secara manual.

Kamu juga bakal lebih mudah menelusuri konten lewat tab baru yang ada di aplikasi media, adanya opsi “back to top,” serta adanya tombol A – Z di bilah gulir. Fitur-fitur terbaru ini akan tersedia di ponsel dengan Android 6 (atau versi yang lebih baru).

%d blogger menyukai ini: