Rupanya Ini Alasan Kenapa iMessage Tak Pernah Bisa Masuk Android!

Ternyata aplikasi iMessage pernah hampir masuk Android lho, tapi gagal. Rupanya inilah alasan aplikasi tersebut tak pernah bisa masuk Android!

Mungkin beberapa pengguna iMessage selama ini penasaran, kira-kira apa sih penyebab kenapa iMessage tak pernah masuk ke Android seperti layanan lainnya?

Kali ini kami telah merangkum alasannya dari beberapa sumber terkenal. Jadi setelah membacanya sampai selesai, kamu bisa tahu alasan layanan besutan Apple tersebut tak pernah menembus Android.

Alasan iMessage Tak Bisa Masuk Android

Baru-baru ini, sebuah deposisi baru yang dipublikasikan oleh Epic Games (sebagai bagian dari kasusnya)  telah mengungkapkan hal yang cukup mengejutkan.

Lewat deposisi terbaru itu, terkuak fakta mengejutkan yang mungkin tak pernah dibayangkan pengguna Apple. Rupanya, VP senior untuk perangkat lunak dan layanan Apple, Eddy Cue, pernah berpikir untuk menghadirkan iMessage ke Android pada awal 2013 tapi ditolak eksekutif lain (dikutip dari The Verge).

Sumber Gambar : BukeReview

Melalui deposisi terkininya, Epic Games sempat mengutip percakapan email antara Eddy Cue dengan Craig Federighi (sekarang menjabat sebagai SVP rekayasa perangkat lunak Apple), yang terjadi pada 7 dan 8 April 2013.

Percakapan ini mereka lakukan setelah ada berita yang beredar bahwa Google berusaha membeli WhatsApp seharga $1 miliar. Karena berita itulah, Cue langsung berpikir untuk memperluas jangkauan iMessage ke Android, sekaligus untuk memperkuat Apple di bidang aplikasi perpesanan.

Apakah kita ingin kehilangan salah satu aplikasi terpenting dalam lingkungan seluler dari Google? Mereka punya penelusuran, email, video gratis, dan berkembang pesat di browser,” kata Cue dalam percakapan tersebut.

Sebagai tanggapan, Federighi punya pendapat berbeda. Ia mengatakan jika Apple butuh ‘aplikasi yang lebih baik’ untuk membuat pengguna hijrah ke iMessage, dan meninggalkan aplikasi chatting terbaik Android seperti WhatsApp.

Lebih lanjut, Federighi melayangkan kalimat yang cukup ‘pedas.’ Ia khawatir jika tidak ada strategi yang matang, maka iMessage versi Android hanya akan dipakai orang tua pengguna iPhone, untuk memberikan ponsel Android kepada anak-anak mereka.

Sembilan tahun berlalu sejak perdebatan di tahun 2013, dan sepertinya iMessage tak akan pernah hadir di Android. Namun bagian lain dari deposisi Epic menunjukkan bahwa, perdebatan itu belum sepenuhnya dimenangkan oleh Federighi. Cue juga masih optimis tentang rencananya untuk menghadirkan iMessage ke Android.

Di sisi lain, perdebatan antara Cue dan Federighi juga mengingatkan kita pada kasus FaceTime. Dulu, Steve Jobs berjanji bakal membuat FaceTime kompatibel dengan sistem lain, namun pada akhirnya FaceTime masih tetap terkurung dalam perangkat iOS.

Pertanyaannya, mau sampai kapan Apple akan ‘kaku’ seperti ini? Tapi di sisi lain kita juga tidak bisa menyalahkan Apple. Mungkin inilah cara yang dilakukan Apple agar ekosistem aplikasi tetap terjaga.

%d blogger menyukai ini: