Microsoft Berpihak Pada Epic Games Lawan Apple Di Kasus App Store

Kasus Epic Games memprotes kebijakan tarif App Store milik Apple memang ramai. Kini, Microsoft pun berdiri bersama Epic Games untuk lawan Apple.

Kasus Epic Games vs Apple

Kasus App Store ramai menjadi topik pembicaraan ketika Epic Games membuat jalur pembayaran lain untuk pembelian dalam aplikasi. Hal ini menyebabkan game Fortnite ditarik dari App Store.  Epic kemudian mengajukan gugatan pada Apple.

Walau sebenarnya hal yang sama juga terjadi di Android (Fortnite juga ditarik dari Play Store dan Epic juga menggugat Google), namun pengguna Android masih bisa melakukan instalasi game Fortnite melalui APK. Dengan begitu, Apple-lah yang menjadi fokus pembicaraan.

Sebelum ini, beberapa perusahaan juga sudah memprotes kebijakan tarif App Store. Perusahaan itu meliputi Spotify, Match Group (Tinder), dan Rakuten. Lalu Apple juga mendapat sorotan untuk masalah yang sama dalam kasus layanan email Hey dan aplikasi WordPress.

kampanye epic games lawan apple
kampanye Epic Games lawan Apple

Epic Games — yang kelihatannya memang sudah merencanakan kasus ini — segera membuat kampanye #FreeFortnite. Lengkap dengan parodi iklan legendaris Apple yang mereka beri judul “Nineteen Eighty-Fortnite” dan turnamen berhadiah skin karakter “Tart Tycoon” yang menyindir Apple.

Microsoft Berpihak Pada Epic Games

Menyusul kehebohan kasus ini, Microsoft ikut bergabung dan mendukung Epic Games lawan Apple. Microsoft memberi pernyataan di pengadilan yang menyebut kenapa mereka pikir Apple “bertangan besi” dan bisa membahayakan eksistensi game Microsoft di App Store.

Pernyataan yang dibuat oleh Kevin Gammill (Microsoft General Manager, Gaming Developer Experiences) menyatakan beberapa poin pentingnya program Unreal Engine buatan Epic Games (bisa dibaca di sini). Program itu merupakan salah satu sistem yang paling banyak dipakai oleh para pengembang game. Termasuk game Microsoft untuk iOS (menggunakan App Store).

game Forza Street memakai Unreal Engine

Lebih lanjut, pernyataan Microsoft itu menyebutkan kalau penolakan akses Epic Games untuk SDK dari Apple dan peralatan pengembangan lain bisa membuat Epic Games menghentikan dukungan untuk Unreal Engine di iOS dan macOS. Pada akhirnya juga akan merugikan berbagai pembuat game (termasuk Microsoft) dan juga para gamer.

Dukungan Microsoft pada Epic Games melanjutkan babak baru persaingan kedua raksasa teknologi ini. Dulu, Microsoft memang sudah terkenal sebagai rival Apple untuk urusan komputer dan sistem operasi. Lalu dalam kasus yang lebih baru — selain dukungan pada Epic — Microsoft juga bermasalah dengan Apple karena layaan streaming game xCloud diblokir di App Store.

%d blogger menyukai ini: