Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

5 Alasan Komentar YouTube Tidak Muncul yang Nggak Disadari Banyak Orang

Indri Penulis

Komentarmu di YouTube nggak muncul padahal udah diketik berkali-kali? Inilah beberapa alasan kenapa komentar YouTube tidak muncul.

YouTube adalah raksasa streaming video di dunia. Sebagai platform streaming populer, YouTube mempersilakan penggunanya untuk saling memberikan komentar, like dan dislike di video orang lain.

Tapi sebagai pengguna YouTube, kadang kamu merasa ada yang aneh dengan YouTube nggak sih? Contohnya pas kamu mengetik komentar, tapi komentarnya nggak pernah muncul di YouTube dan anehnya kejadian seperti ini terus berulang.

Hm, sepertinya ada yang salah dengan komentarmu. Tapi biar kamu nggak penasaran, kami akan membocorkan beberapa alasan kenapa komentar YouTube tidak muncul. Mungkin alasan komentarmu nggak muncul, karena kamu terindikasi melakukan aktivitas ‘aneh’ di bawah ini.

Komentar Ditandai Sebagai Spam

Kalau kamu meninggalkan komentar yang sama di beberapa video, YouTube akan langsung menandai kamu sebagai spam. Nggak cuma itu, komentar nggak muncul juga bisa terjadi jika ada beberapa pengguna menandai komentarmu sebagai spam.

Komentar Memiliki Tautan ke Situs Eksternal

Kalau kamu meninggalkan komentar yang ada URL situs lain di dalamnya, kemungkinan besar komentar tersebut akan langsung dihapus YouTube. YouTube nggak menyukai komentar dengan tautan eksternal di dalamnya, karena tautan tersebut akan mengalihkan penonton YouTube dari halaman video kreator. Selain itu, mayoritas komentar tipe ini juga berpotensi berbahaya/menipu.

Komentar Mengandung Bahasa Vulgar

YouTube berusaha sekuat tenaga untuk menjadi platform yang ramah keluarga. Salah satu strategi mereka untuk mewujudkan misinya ini adalah dengan meluncurkan berbagai alat/fitur penyaring komentar.

YouTube sangat tidak mentolerir pemakaian bahasa yang vulgar dan eksplisit di dalam komentar. Jadi dengan memanfaatkan algoritma mereka, YouTube akan menghapus komentar jika mengandung kata eksplisit, terlepas dari konteksnya.

Baca Juga:  6 Cara Monetisasi YouTube Dengan Adsense & Tanpa Adsense, Terlengkap!

Komentar Mengandung Ujaran Kebencian

YouTube telah meningkatkan upayanya untuk memerangi ujaran kebencian di platform-nya. Makanya jangan heran kalau komentar-komentar berisi ujaran kebencian pasti langsung dicoret dari YouTube.

Contoh komentar berisi ujaran kebencian di YouTube apa saja sih? Banyak. Contonya komentar dengan unsur diskriminasi berdasarkan usia, identitas gambar, kasta, orientasi seksual, agama, dll.

Komentar Menunggu Persetujuan

Mungkin komentarmu nggak mau tampil karena mereka sedang menunggu peninjauan dan persetujuaan dari si konten kreator. Biasanya ada beberapa channel yang menerapkan penangguhan sementara pada komentar (cara lain untuk meminimalisir ujaran kebencian, selain menonaktifkan komentar), supaya kreator bisa meninjaunya terlebih dahulu. Penangguhan bisa berlaku untuk semua komentar, atau hanya komentar yang mengandung kata-kata tertentu.

Oke, itu tadi beberapa alasan kenapa komentar YouTube tidak mau muncul. Coba sekarang ingat-ingat, kira-kira kamu pernah melakukan salah satu aktivitas di atas nggak? Makanya komentarmu nggak muncul-muncul di YouTube.