Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Alasan Mark Zuckerberg CEO Meta PHK Karyawan Massal, 11.000 Karyawan Lenyap Seketika!

meta phk karyawan
Sumber: New York Post
Indri Penulis

Mark Zuckerberg CEO Meta PHK Karyawan massal. Setidaknya 11.000 karyawan dipangkas dari Meta. Tapi apa sebenarnya penyebabnya?

PHK besar-besaran dalam industri teknologi sepertinya saat ini sedang tren. Bagaimana tidak, baru awal November lalu, dunia dihebohkan dengan PHK massal yang dilakukan oleh CEO Twitter, Elon Musk.

Beberapa hari setelahnya, Mark Zuckerberg CEO Meta PHK karyawan massal juga. Tercatat per tanggal 9 November 2022, Meta telah memangkas 11.000 karyawannya.

Alasan Mark Zuckerberg CEO Meta PHK Karyawan Massal

Beberapa saat setelah jagat maya heboh, Mark Zuckerberg menuliskan pesan kepada karyawan Meta. Dalam pesan tersebut, ia membagikan alasan kenapa sampai memecat puluhan ribu karyawan secara tiba-tiba.

meta phk karyawan
Sumber: Mint

Hari ini saya membagikan beberapa perubahan tersulit yang pernah kami buat dalam sejarah Meta. Saya telah memutuskan untuk mengurangi ukuran tim kami sekitar 13%, dan melepas lebih dari 11.000 karyawan berbakat kami,” kata Mark Zuckerberg.

Kami juga mengambil sejumlah langkah tambahan untuk menjadi perusahaan yang lebih ramping dan efisien. Yakni dengan memotong pengeluaran yang tidak perlu, dan memperpanjang pembekuan perekrutan kami hingga Q1,” lanjutnya.

Saya ingin bertanggung jawab atas keputusan ini dan bagaimana kami sampai di sini. Saya tahu ini sulit untuk semua orang, dan saya terutama minta maaf kepada mereka yang terkena dampak,” pungkasnya.

Sementara itu, alasan Mark Zuckerberg PHK karyawan Meta juga turut dijelaskan. Semua berawal saat COVID-19 mewabah di dunia, dan aktivitas online di dunia meningkat drastis.

Banyak orang memperkirakan hal tersebut akan bertahan selamanya. Makanya Meta memutuskan untuk meningkatkan investasi secara signifikan. Siapa sangka, ternyata yang terjadi nggak sesuai perkiraan.

Baca Juga:  Mark Zuckerberg Terancam Digulingkan Karena Skandal Cambridge Analytica

Tidak hanya perdagangan online yang kembali ke tren sebelumnya. Tapi terjadi penurunan ekonomi makro, meningkatnya persaingan, dan hilangnya sinyal iklan yang membuat pendapatan Meta menurun drastis.

Untuk menekan kerugian yang terjadi terus-menerus, Meta akhirnya memutuskan untuk melakukan PHK massal. Meta juga telah memangkas biaya di seluruh bisnisnya, mengurangi keuntungan, dll.

Lebih lanjut, Mark Zuckerberg tidak ingin karyawannya salah paham dengan PHK besar-besar yang terjadi. Oleh karena itu, rencananya semua karyawan bakal mendapat email pemberitahuan tentang apa arti PHK kali ini.

Nggak cuma itu, karyawan yang terkena PHK juga diberi kebebasan untuk berbicara. Mereka bisa mendapatkan jawaban atas pertanyaan mereka seputar PHK dan mengikuti sesi informasi.

Kompensasi yang Didapatkan dari PHK Karyawan Meta

Setiap karyawan yang terkena dampak PHK akan mendapat beberapa kompensasi. Kompensasi yang didapatkan antara lain:

  • Pesangon – Meta bakal membayar 16 minggu gaji pokok, ditambah dua minggu tambahan untuk setiap tahun layanan, tanpa batas.
  • PTO – Meta akan membayar semua sisa waktu PTO.
  • Penyerahan RSU – Karyawan PHK akan menerima vesting 15 November 2022.
  • Asuransi Kesehatan – Meta bakal menanggung biaya perawatan kesehatan untuk karyawan PHK dan keluarganya selama 6 bulan.
  • Layanan Karir – Meta bakal memberikan dukungan karir selama 3 bulan dengan vendor eksternal.
  • Dukungan Imigrasi – Meta akan membantu mengurus proses imigrasi karyawan dari wilayah/negara lain yang terkena PHK.

Selain PHK massal, untuk sementara waktu Meta juga tidak akan membuka rekruitmen karyawan baru. Kalau semua berjalan lancar, penutupan rekruitmen hanya terjadi pada Q1 2023. Setelah itu, Meta kemungkinan akan memulai rekruitmen karyawan baru.


Jika kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]