Gila! Alexa Tantang Gadis 10 Tahun Pegang Uang Koin di Stop Kontak

Indri Penulis

Asisten virtual Amazon, Alexa sukses bikin geleng kepala! Pasalnya Alexa menantang gadis 10 tahun memegang koin yang ada di stop kontak.

Di era serba canggih ini, sebagian orang mungkin sudah nggak asing dengan yang namanya asisten virtual. Sesuai namanya, asisten virtual ini bisa membantu manusia melakukan beberapa aktivitas seperti menghidupkan TV, menampilkan jadwal, dll.

Ada beberapa asisten virtual yang terkenal seperti Cortana (Windows), Siri (Apple), Bixby (Samsung), Google Assistant (Google), dan juga Alexa (Amazon). Beberapa asisten virtual tersebut sangat terkenal karena mampu menghadirkan cara kerja yang patut diacungi jempol.

Tapi sepertinya, hal tersebut ‘kurang berlaku’ untuk Alexa. Pasalnya beberapa waktu lalu, Alexa sukses bikin para orang tua jantungan setelah ia “menantang” gadis berusia 10 tahun untuk memasukkan dan memegang koin di colokan listrik.

Sumber : BBC

Lalu sebenarnya bagaimana kronologinya?

Jadi awalnya, gadis berusia 10 tahun ini iseng-iseng bermain dengan Alexa. Gadis tersebut meminta Alexa memberikan dia “tantangan untuk dilakukan.”

Colokkan charger telepon sekitar setengah jam ke stopkontak, lalu sentuh satu sen koin ke cabang stop kontak yang terbuka,” seperti itulah yang diperintahkan Alexa ke gadis tersebut.

Merasa terkejut dengan kejadian itu, ibu gadis tersebut, Kristin Livdahl, langsung menulis cuitan di akun Twitter-nya.

Kristin berkata: “Kami melakukan beberapa tantangan fisik, seperti berbaring dan berguling sambil memegang sepatu yang dipakai di kaki, sesuai dengan instruksi yang diberikan instruktur olahraga di YouTube sebelumnya. Karena di luar cuaca buruk, jadi dia (putrinya) ingin melakukan hal lain.

Saat itulah Alexa menyarankan agar mereka (Kristin dan anaknya) untuk mencoba tantangan yang viral di internet, “The Penny Challenge.” Challenge itu ditemukan Alexa lewat sebuah website. Namun setelah mendengar perintah dari Alexa, Kristin justru tak menyangka jika challenge tersebut ternyata sangat berbahaya dan bisa mengancam keselamatan mereka (terutama anaknya).

Lalu apa yang terjadi? Apakah gadis tersebut benar-benar memasukkan uang koin ke dalam stop kontak? Untungnya tidak! Kristin dengan spontan berteriak, “Tidak, Alexa, Tidak!” – Kristin juga mengatakan kalau putrinya tidak mungkin melakukan hal seperti itu (huft untung aja!).

Jadi buat yang belum tahu, di luar negeri “The Penny Challenge” (tantangan uang koin) pernah viral banget. Challenge tersebut pernah viral di TikTok dan media sosial lainnya sekitar setahun yang lalu.

Seperti yang diperintahkan Alexa, “The Penny Challenge” menantang orang untuk memasukkan uang koin ke dalam stop kontak yang hidup dan memegangnya.

Bagaimana menurutmu? Bukankah aktivitas tersebut terlihat sangat berbahaya? Apalagi uang koin yang notabene terbuat dari logam, dapat mengantarkan listrik dengan mudah. Jika ia dimasukkan ke dalam soket listrik yang hidup, aktivitas tersebut bisa menyebabkan sengatan listrik, kebakaran atau bahkan kerusakan lainnya.

Karena challenge tersebut sangat berbahaya, “The Penny Challenge” langsung mendapat berbagai tanggapan negatif dari banyak pihak.

Saya tahu Anda bisa kehilangan jari, tangan, atau bahkan lengan,” kata Michael Clusker, manajer stasiun pemadam kebakaran Carlisle East, dalam sesi wawancara dengan The Press pada tahun 2020.

Efek dari aktivitas tersebut adalah seseorang akan terluka parah,” lanjutnya.

Tak hanya itu, petugas pemadam kebakaran di AS juga mengecam keras challenge tersebut. Karena ditentang banyak pihak, jelas banget kalau aktivitas yang dilakukan dalam challenge bisa membahayakan nyawa pelakunya.

Lalu bagaimana tanggapan Amazon soal asisten virtualnya yang error itu? Amazon mengatakan pada BBC jika mereka telah memperbarui Alexa. Tujuannya jelas untuk mencegah Alexa merekomendasikan aktivitas semacam itu di masa mendatang.

Kepercayaan pelanggan adalah tujuan utama kami dan Alexa dirancang untuk memberikan informasi yang akurat, relevan, dan bermanfaat kepada pelanggan,” kata Amazon.

Segera setelah kami menyadari kesalahan ini, kami langsung mengambil tindakan cepat untuk memperbaikinya,” lanjutnya.

Gimana pendapatmu? Untung saja gadis tersebut tak benar-benar menuruti perkataan Alexa ya. Apalagi ada ibunya yang mengawasi di sampingnya. Bayangkan kalau di tempat itu cuma ada anak yang masih di bawah umur dan tanpa pengawasan orang tua, mungkin anak itu akan benar-benar memasukkan dan memegang koin di stop kontak. Kejadian selanjutnya.. Hii nggak berani ngebayangin deh!

    %d blogger menyukai ini: