Biar Nggak Bosan, Suara Siri di iOS 14.5 Bakal Dibikin Lebih Bervariasi

Bosan dengan suara Siri iOS yang monoton? Hm, tenang. Sebentar lagi suara Siri di iOS 14.5 bakal dibuat lebih bervariasi lho.

Suara wanita yang ada di default Siri mungkin sangat ikonik. Tapi sebentar lagi, suara tersebut tak akan lagi menjadi pilihan default AI Apple.

Suara Siri iOS 14.5 Lebih Bervariasi

Dilansir dari TechCrunch, Apple merombak suara Siri melalui versi beta terbaru iOS 14.5. Dalam versi beta itu, pengguna dapat memilih model suara Siri sesuai selera. Wah, makin asyik dong!

Apple kabarnya juga menambahkan dua suara tambahan ke opsi Bahasa Inggris Siri. Hal ini akan membuat suara Siri jauh lebih beragam, dan pengguna juga akan memperoleh pilihan suara AI yang lebih banyak.

Sumber Gambar : How To Technologlitz

Kami sangat senang memperkenalkan dua suara Siri baru untuk penutur Bahasa Inggris, dan opsi bagi pengguna Siri untuk memilih suara yang mereka inginkan saat mengatur perangkat,” kata Apple (via TechCrunch).

Kedua suara baru tersebut dibuat menggunakan mesin Neutral text-to-speech (Neutral TTS) Apple. Teknologi ini pertama kali dipakai Apple pada tahun 2019 di iOS 13.

Teknologi Neutral TTS akan membuat suara Siri terdengar lebih alami. Sehingga Siri dapat melakukan pekerjaan dengan lebih baik, termasuk ketika menyampaikan kalimat panjang.

Mungkin kamu sempat bertanya-tanya, kenapa sih mayoritas asisten virtual bersuara perempuan? Hm, Apple sebenarnya sudah menawarkan suara Siri yang berbeda sejak bertahun-tahun. Namun kali ini, Apple ‘mewajibkan’ pengguna iOS untuk mengubahnya secara ‘aktif.’

Itu artinya, kamu nanti harus memilih model suara Siri terlebih dulu. Baik saat akan meng-upgrade ke versi perangkat lunak yang baru, atau ketika mengatur perangkat (ponsel) baru.

Sementara itu, opsi suara Siri baru muncul di iOS 14.5 beta 6, yang dirilis 31 Maret lalu. Tampaknya, ini adalah salah satu pembaruan utama dari versi beta baru.

Di sisi lain, Apple telah menguji iOS 14.5 sejak Februari lalu. Namun hingga kini, perusahaan masih belum mengumumkan kapan versi iOS terbaru ini akan hadir secara final. Tapi gosipnya, OS ini akan hadir di bulan April 2021.

%d blogger menyukai ini: