Aliansi Transfer Berkas Nirkabel Antara OPPO, Vivo, dan Xiaomi Terbentuk

kerja sama transfer file oppo vivo xiaomi

Tahun lalu, tiga perusahaan teknologi besar — OPPO, Vivo, dan Xiaomi — bekerja sama membentuk aliansi untuk sistem transfer berkas (file) secara nirkabel. Kini, di awal tahun 2020, aliansi itu sudah terbentuk dan memberi gambaran lebih jelas soal bagaimana proses pengiriman berkas itu akan berjalan.

Walau jaman sudah canggih, mengirim berkas antar perangkat masih belum cukup nyaman. Kalau tidak mengirim lewat internet (via email, aplikasi pesan, atau cloud), ya lewat Bluetooth secara manual, atau dengan aplikasi pihak ketiga.

Inisiatif ketiga perusahaan tersebut membentuk “Peer-to-peer Transmission Alliance“, sebuah sistem untuk transfer file antar perangkat dan antar merek, hanya dengan satu klik. Jadi perangkat dari ketiga merek ini — OPPO, Vivo, dan Xiaomi — bisa saling mengirim berkas dengan mudah. Apakah itu berkas foto, video, musik, dokumen, dll.

Sistem Baru

Sistem transfer berkas nirkabel ini akan berjalan tanpa menggunakan koneksi internet. Sistem ini menggunakan teknologi Bluetooth Low Energy (BLE) untuk pengenalan perangkat dan Wi-Fi P2P (peer to peer) untuk transfer berkas.

Sistem ini mampu berjalan dengan daya rendah dan bisa mencapai kecepatan tinggi, 20MB/s. Hebatnya lagi, teknologi ini tidak akan mengganggu koneksi Wi-Fi lainnya. Pengguna bisa tetap terhubung ke internet untuk hal lain, dan melakukan transfer file langsung ke perangkat lain.

Bagaimana Caranya?

Masing-masing perusahaan  (OPPO, Vivo, dan Xiaomi) memberikan gambaran kalau pengguna tinggal mengaktifkan fitur ini di perangkat mereka, memilih berkas, menekan tombol “Share”, memilih perangkat lain, dan tekan tombol “Send”.

Kalau kamu memakai ponsel dari ketiga perusahaan di atas, kamu tentu sudah tahu soal fungsi “Share” masing-masing. Seperti “Mi Share” untuk Xiaomi atau “OPPO Share” untuk OPPO. Nah, fitur itulah yang akan dipakai. Jadi nantinya fitur ini akan bekerja lintas perangkat dan lintas merek.

Ketersediaan

Xiaomi menyatakan kalau fitur ini sudah tersedia di “Mi Share” MIUI 11. Perangkat yang mendukung adalah yang menjalankan Android 9 Pie dan yang lebih baru (tidak termasuk Redmi 6 Pro, Redmi 6, Redmi 7A, Redmi 7, Redmi S2, Redmi 8, Redmi 8A, Redmi Note 8, Redmi Note 8T).

Sedangkkan OPPO menyebut kalau fitur ini tersedia di ColorOS 7 (Android 10) dan yang lebih baru. Saat ini, ColorOS 7 masih dalam tahap uji coba pada perangkat Reno2, Reno10X Zoom, F11 Pro, F11 Pro Marvel’s Avengers Limited Edition, dan F11. Rilis ColorOS 7 juga akan meliputi seri Find, seri Reno, seri R, seri F, seri A, dan K3 pada bulan mendatang.

Sementara itu Vivo belum memberi pernyataan resmi. Lalu, mengingat realme juga menggunakan ColorOS (dan mereka juga sudah menyatakan akan ikut aliansi ini), kelihatannya fitur ini pun akan tersedia di “realme Share”.

Bagaimana menurutmu? Apakah berita ini cukup menyenangkan? Apakah teknologi dan kerjasama ini akan membantu dalam aktivitas sehari-hari? Seharusnya sih begitu.

%d blogger menyukai ini: