Xiaomi, OPPO, dan Vivo Bekerja Sama untuk Fitur Transfer File

foto: Weibo

Kabar yang cukup menarik muncul di internet. Xiaomi, OPPO, dan Vivo disebut sedang bekerja sama untuk mengembangkan fitur transfer file antar perangkat.

Di ekosistem Apple ada fitur AirDrop yang memungkinkan transfer file antar perangkat dengan mudah dari iPhone, iPad, sampai ke Macbook atau iMac. Fitur itu hadir sebagai bagian dari sistem operasi tanpa bantuan aplikasi tambahan.

Di Android, sebenarnya ada yang bernama Android Beam. Namun kurang populer dan akan diganti dengan fitur Fast Share di Android Q. Fitur ini mengambil inspirasi dari AirDrop.

Selama ini, ada juga beberapa aplikasi transfer file yang bisa membantu. Seperti AirDroid atau ShareIt. Di samping itu ada juga fitur serupa di aplikasi Files dari Google.

Kerja Sama Xiaomi, OPPO, dan Vivo

Di sinilah berita terbaru itu hadir. Tiga perusahaan smartphone populer β€” Xiaomi, OPPO, dan Vivo β€” bekerja sama dan membentuk aliansi untuk mengembangkan protokol transfer file secara P2P (peer to peer) baru.

Xiaomi mengumumkan berita ini melalui situs Weibo. Ia menyebutkan kalau protokol ini akan hadir lintas perangkat dan lintas merk, tanpa harus memasang aplikasi lain. Selain itu, protokol ini juga mendukung berbagai format berkas dan dijanjikan akan berjalan stabil.

Dugaan sementara, ketiga perusahaan ini akan memanfaatkan teknologi Bluetooth Low Energy (Bluetooth LE atau BLE). Teknologi ini mirip dengan Bluetooth biasanya. Namun punya beberapa keunggulan tersendiri. Misalnya tingkat latency lebih rendah, penggunaan daya lebih rendah, dan jangkauannya sedikit lebih jauh.

Yang tidak kalah menarik, protokol ini disebut bisa mengirim berkas dengan cepat. Sampai 20MB/s. Karena hubungan ini bekerja secara lokal (tidak pakai internet), kecepatan itu akan stabil.

Jadi, nantinya kalau proyek ini selesai, kita bisa mengirim file berukuran besar ke teman dengan cepat. Tidak perlu minta teman install aplikasi yang sama, tidak perlu mengeluh kalau koneksi lagi lemot, dan tidak makan kuota internet.

Undangan Bergabung Bagi Perusahaan Lain

Di akhir statusnya di Weibo, Xiaomi menyebutkan kalau mereka menerima perusahaan lain yang ingin bergabung dengan aliansi ini. Tentunya supaya bisa menciptakan protokol yang lebih efisien dan lebih luas lagi.

Realme, yang sekarang berdiri independen dari OPPO, sudah menyambut kehadiran aliansi ini. Pimpinan divisi pemasaran Realme, Francis Wang, sudah memberi klarifikasi melalui Twitter.

Sangat menarik bukan? Memang sudah waktunya ada protokol standar yang bisa lebih mudah digunakan antar perangkat. Kira-kira perusahaan mana lagi yang berminat bergabung?