Alienware Concept UFO – Prototipe PC Gaming Portabel Dari Dell

Mirip Nintendo Switch, Apa Yang Baru?

alienware Concept UFO

Sebagai salah satu ajang teknologi bergengsi, CES selalu membawa hal baru. Pada CES 2020 kali ini, Dell menunjukkan prototipe PC gaming portabel yang mereka sebut sebagai Alienware Concept UFO.

Alienware sudah terkenal sebagai produk gaming, seperti ROG dari ASUS. Mereka kerap meluncurkan produk gaming revolusioner dan keren. Misalnya laptop Alienware Area-51m di tahun lalu.

Tahun ini, Dell melirik perangkat portabel. Mereka mengembangkan prototipe untuk PC gaming yang fleksibel dipakai bermain. Yang menarik, konsep ini mirip dengan konsep yang ditawarkan oleh Nintendo Switch, konsol portabel paling populer saat ini.

Walau berbentuk portabel, Alienware Concept UFO merupakan PC yang memakai Windows 10 (custom launcher). Jadi secara prinsip berbeda dengan Switch yang berupa konsol.

alienware Concept UFO

Perangkat ini terdiri dari empat bagian. Ada bodi utama, tempat layar, baterai, dan semua komponen komputer berada. Lalu ada dua kontroler serupa Joy-Con yang bisa dipasang melalui sistem magnetis. Terakhir ada bodi tambahan yang menggabungkan dua kontroler itu saat dipakai terpisah dari bodi utama (layar).

Layar yang ada di bodi utama memiliki ukuran 8 inci dengan resolusi 1900×1200 pixel. Dijamin, gambar akan tajam. Kemudian, Alienware Concept UFO ini memakai prosesor Intel Core Gen 10. PC gaming portabel ini juga dilengkapi dengan Wi-Fi, Bluetooth, dan USB Type-C Thunderbolt.

Dari sisi desain, perangkat ini menyajikan penampilan khas produk Alienware masa kini. Bodi berwarna putih seperti Area-51m dengan pinggir melengkung (supaya nyaman dipegang) dan ornamen berbentuk heksagonal.

Hal yang menarik dari perangkat ini adalah game yang tersedia, tidak perlu melalui proses pengalihan sistem (port) seperti di Nintendo Switch. Kamu bisa memainkan game berbasis Windows 10. Artinya, pengembang tidak perlu repot membuat versi lain, dan game bisa rilis lebih cepat.

Permasalahan besar yang mungkin muncul ada di sisi baterai. Dengan kemampuan komputasi setara komputer, tentunya pemakaian daya juga lebih besar kalau dibanding smartphone bahkan Nintendo Switch. Sistem pendingin β€” mengingat komponen grafisnya β€” juga bisa menjadi masalah.

Namun tentu saja hal tersebut tidak menghalangi kita mengagumi perangkat yang seru ini. Bagaimanapun kita tahu, perkembangan teknologi berjalan cepat. Apapun bisa terjadi. Betul?

alienware Concept UFO