Setelah Google Photos Berbayar, Ini Alternatif Terbaik Lainnya

alternatif google photos

Google Photos akan mengakhiri penawaran penyimpanan gratis tak berbatas. Lalu apa alternatif Google Photos yang bisa kita pakai?

Google mengumumkan kalau penyimpanan gratis tanpa batas itu akan berakhir pada bulan Juni 2021. Setelah itu, unggah foto dan video ke Google Photos akan memakan kuota penyimpanan cloud Google Drive.

Penawaran Google

Google menawarkan kapasitas sebesar 15GB secara gratis, termasuk untuk penyimpanan Google Drive, Gmail, dan Google Photos. Jadi, perhatikan baik-baik kapasitas tersebut.

Kalau kapasitas itu kurang, kamu bisa menambahnya dengan membeli paket Google One. Paket Google One yang paling murah adalah seharga Rp26.900/bulan dengan penyimpanan sebesar 100GB.

Alternatif Google Photos

Terus terang, kini tidak banyak layanan yang menawarkan penyimpanan berbasis cloud khusus untuk foto dan video. Beberapa yang ada berupa galeri lebih bersifat profesional (memamerkan portofolio). Sedangkan lainnya merupakan penyimpanan cloud biasa, walau memiliki fitur galeri foto.

Sejujurnya, kalau kamu melihat penawaran Google di atas, cukup susah mencari yang bisa mengalahkannya. Tapi, inilah beberapa alternatif Google Photos terbaik yang bisa kamu temui.

OneDrive

OneDrive adalah layanan penyimpanan cloud dari Microsoft. Layanan ini menawarkan kapasitas penyimpanan sebesar 5GB secara gratis. Yang bisa kamu simpan di dalamnya termasuk untuk dokumen, foto, video, dan berkas lainnya.

microsoft onedrive

Kalau kurang, kamu bisa berlangganan paket OneDrive Standalone untuk kapasitas 100GB dengan harga Rp28.999/bulan. Kalau kamu memang memakai ekosistem Microsoft, kamu bisa berlangganan Microsoft 365 dengan harga mulai Rp959.999/tahun yang akan meliputi aplikasi Office (Outlook, Word, Excel, dan PowerPoint).

Dropbox

Dropbox merupakan salah satu pionir layanan penyimpanan cloud dan termasuk yang populer. Layanan ini menawarkan Paket Basic dengan penyimpanan 2GB secara gratis untuk personal.

Kalau kurang, kamu bisa berlangganan paket Plus dengan harga US $9,99/bulan untuk kapasitas 2TB. Paket Plus juga memberikan fitur lain seperti Dropbox Password, folder dilindungi PIN, atau tanda tangan elektronik HelloSign.

Flickr

Flickr adalah penyimpanan foto dan video berbasis cloud yang tidak kalah populer. Malah, dulu Flickr sempat menjadi nomor satu untuk penyimpanan foto dan sampai kini punya komunitas fotografi yang kuat. Walau lebih berbasis fotografi, kamu juga bisa menyimpan foto personal.

Sempat menawarkan kapasitas 1TB secara gratis, kini Flickr hanya membatasi pengguna mengunggah foto dan video sejumlah 1000 buah tanpa membayar. Kalau kurang, kamu bisa berlangganan Flickr Pro dengan harga US $7,99/bulan untuk penyimpanan tak terbatas dan bebas iklan.

%d blogger menyukai ini: