Waduh! Google Photos Akan Hapus Penyimpanan Foto Gratis, Nantinya Berbayar

Kalau kamu pengguna Google Photos yang selama ini menikmati penyimpanan gratis, bersiaplah menyortir koleksi foto lebih ketat. Karena penawaran itu akan segera berakhir.

Salah satu keunggulan Google Photos ada di penawaran gratis itu. Pengguna bisa menyimpan foto ukuran “high quality” sesuka mereka tanpa batasan, tidak mengurangi kapasitas Google Drive yang mereka miliki.

Peraturan Baru Google Photos

Melalui blog resmi, Google mengumumkan kalau akan ada perubahan kebijakan. Mulai tanggal 1 Juni 2021, semua foto dan video baru yang kamu unggah akan dihitung dalam paket awal gratis 15GB dari tiap akun Google. Dengan kata lain, mengurangi kuota tersebut.

Harap kamu ingat, penyimpanan akun Google itu dipakai secara bersama oleh berbagai aplikasi seperti Google Drive, Gmail, dan Google Photos.

penyimpanan akun Google

Peraturan baru ini tidak berlaku untuk kamu yang memiliki smartphone Pixel 1-5 dan mengunggah foto dari perangkat tersebut. Jadi pengguna smartphone Pixel bisa tetap mengunggah foto “high quality” secara bebas bahkan setelah tanggal 1 Juni 2021.

Salah satu alasan kenapa Google melakukan langkah ini adalah menghadapi semakin banyaknya tuntutan penyimpanan cloud. Selain itu, Google juga tidak menggunakan informasi dari Google Photos sebagai bahan iklan (ahem!).

Apa Yang Terjadi Selanjutnya?

Google menyebutkan kalau foto dan video yang kamu unggah ke Google Photos sebelum tanggal 1 Juni 2021 masih terhitung gratis dan tidak akan mengurangi kuota gratis 15GB akun Google.

Mungkin ada yang kuatir kapasitas penyimpanan akan penuh. Kalau kamu menggunakannya secara wajar, Google menyebutkan kuota 15GB itu bisa dipakai untuk menyimpan foto sampai sekitar 3 tahun sebelum penuh. Kalau sudah mendekati kuota, Google akan mengingatkan melalui email.

perkiraan penyimpanan Google Photos

Selain itu, Google juga akan memasang alat pengaturan baru di aplikasi Photos. Dengan alat ini, kamu bisa menyortir cadangan foto dan video dengan lebih mudah. Misalnya kalau mau menghapus foto yang kabur (tidak perlu kamu simpan kan?).

Yah, kalau kamu kekurangan kapasitas penyimpanan, kamu bisa berlangganan layanan Google One (yah, salah satu alasan lain keputusan ini 😀). Pilihan lain, seperti yang sudah tersebut di atas, lebih ketatlah membuat cadangan foto, video, atau berkas apapun di akun Google.

%d blogger menyukai ini: