AMD Umumkan Grafis Radeon RX 5500 Series dengan Resolusi 1080p

Radeon rx 5500 series

AMD resmi umumkan jajaran produk baru kartu grafis Radeon RX 5500. Pengumuman ini dilakukan di Santa Clara, California, Amerika Serikat.

Salah satu perusahaan kartu grafis, AMD telah mengumumkan produk baru. Produk terbaru AMD kali ini adalah kartu grafis Radeon RX 5500 Series.

RX 5500 adalah kartu grafis khusus gaming. Grafis ini rencananya akan digunakan pada beberapa produk gaming terbaru sebelum tahun 2020.

Grafis ini menggunakan arsitektur gaming terbaru RDNA. Sehingga mampu menghadirkan pengalaman bermain terbaik dalam resolusi 1080p.

Seperti apa rangkaian produk RX 5500 Series? Simak artikel berikut ini.

Gambar AMD Radeon RX 5500 Series 3

AMD Radeon RX 5500 Series Dibidik Perusahaan Besar

AMD adalah salah satu penyedia CPU dan GPU terbaru di dunia. Kali ini, perusahaan telah meluncurkan GPU terbaru yakni Radeon RX 5500 Series.

Produk ini termasuk AMD Radeon RX 5500 untuk PC gaming desktop. Lalu produk kedua adalah RX 5500M untuk PC notebook.

Ada beberapa perusahaan yang akan menggunakan GPU ini. Perusahaan tersebut antara lain HP, Lenovo, Acer dan MSI.

Perusahaan di atas akan merilis laptop dan PC gaming terbaru. Penggunaan RX 5500 diharapkan mampu memberikan performa tinggi dalam kegiatan gaming.

GPU Terbaru dengan RDNA dan Resolusi 1080p

Dalam produk terbarunya, AMD membawa arsitektur gaming canggih RDNA. Selain itu, perusahaan juga menggunakan teknologi proses 7nm canggih ke dalam RX 5500.

RX 5500 diklaim mampu memberikan performa gaming-per-watt 1,6x lebih tinggi dari GPU pendahulunya. Seperti yang kita ketahui GPU Radeon saat ini masih menggunakan Graphics Core Next (GCN).

GPU ini dibuat untuk menghadirkan pengalaman gaming menakjubkan 1080p. GPU ini akan menyajikan visual dengan detail tinggi, serta permainan ultra-responsif.

RX 5500 telah dioptimalisasi agar bisa memainkan game populer. GPU ini menghadirkan performa 37% lebih cepat dari kompetitor mereka.

Laptop yang menggunakan GPU RX 5500M memiliki performa 30% lebih cepat dari kompetitornya. Selain itu, GPU ini mampu memberikan 60+ FPS untuk game AAA, dan 90+ FPS pada game eSports.

GPU terbaru AMD ini mampu memainkan game berat sekelas Borderlands 3 dan Breakpoint Ghost Recon Tom Clancy. AMD menjamin permainan resolusi tinggi tanpa lag dengan RX 5500 series.

Fitur-Fitur RX 5500 Series

RX 5500 series dibuat dengan teknologi proses 7nm. GPU ini juga telah mendukung teknologi PCle 4.0 dengan bandwidth tinggi.

Produk AMD Radeon terbaru ini punya beberapa fitur unggulan. Fitur-fitur ini mampu menghadirkan permainan 1080p ke level lebih tinggi.

Seperti ini fitur-fitur yang ada dalam Radeon series terbaru:

Radeon™ Image Sharpening (RIS)  – Menyajikan visual game yang lebih tajam namun halus. Fitur ini juga memberi efek pasca-proses dalam DirectX 9,12 dan Vulkan.

Jika dipasangkan dengan GPU Radeon, RIS dapat menyajikan framerate resolusi tinggi. Tidak hanya itu, pemain juga akan dimanjakan dengan visual gaming yang lebih memukau.

AMD FidelityFX  – Fitur ini menawarkan perangkat open-source bagi pengembang game. Fitur ini membuat game terlihat lebih indah, dan diimbangi detail visual serta performa tinggi.

Fitur ini tersedia pada GPUOpen. FidelityFX menghadirkan Contrast-Adaptive Sharpening (CAS). CAS bisa mempertajam detail gambar, meski pun dalam kontras yang rendah.

Radeon™ Anti-Lag  – Inilah fitur yang paling dibutuhkan untuk memainkan game-game berat. Fitur Anti-Lag mampu membuat game Borderlands 3 menjadi 23% lebih responsif.

Anti-Lag merupakan perpaduan yang baik untuk RX 5500. Sebab fitur ini menyajikan kinerja gaming yang lebih nyaman, dan tentunya bebas lag.

Ekosistem tampilan gaming terbesar  – Fitur ini memungkinkan gamer menikmati permainan stutter-free dan tear-free, dengan AMD Radeon FreeSync™ dan teknologi HDR Radeon FreeSync.

AMD Radeon ‘Raise the Game’ Bundle3

RX 5500 series juga termasuk dalam AMD Radeon Raise the Game Bundle3. Fitur ini menawarkan salah satu game Borderlands 3 atau Ghost Recon Breakpoint.

Game-game di atas bisa diperoleh dari setiap pembelian desktop atau sistem notebook tertentu. Yang penting, produk tersebut menggunakan GPU Radeon Series terbaru.

Ketersediaan

Kalian bisa mendapatkan Radeon series terbaru mulai akhir Oktober 2019. Dimulai dari MSI Alpha 15, notebook gaming pertama di dunia yang menggunakan RX 5500M.

Sementara pada November 2019, GPU RX 5500 akan diterapkan pada PC desktop gaming. HP Omen Obelisk dan desktop Pavilon Gaming akan menggunakan GPU tersebut.

Masih di bulan yang sama, PC gaming Lenovo Legion T530 dan IdeaCentre T540 juga tidak mau ketinggalan. Kedua perangkat tersebut akan menggunakan RX 5500.

Bulan Desember 2019, PC Acer Nitro 50 juga akan menggunakan RX 5500. Sementara mitra AMD lainnya kemungkinan juga akan meluncurkan GPU ini pada kuartal empat 2019.

More Stories
Powerbank ZenPower Pocket: Untuk Pekerja Kantoran yang Stylish