Android 11 Bisa Cetak Gambar dan File PDF dengan Fitur ‘Share to Print’

Android 11 memang belum rilis. Tapi fitur-fitur yang bakal mendampingi Android 11 sudah banyak diperbincangkan, salah satunya fitur ‘Share to Print.’

Desas-desus tentang Android 11 memang sudah santer beredar sejak tahun lalu. Bahkan beberapa saat setelah Android 10 rilis.

Rumor yang beredar tentang sistem operasi ini adalah fitur-fitur yang ada di dalamnya. Sebelumnya, saya sempat membahas soal Mode Pesawat dan penghapusan batasan video di Android 11.

Baru-baru ini, muncul lagi fitur baru yang kemungkinan muncul di sistem operasi tersebut. Fitur yang sedang ramai diperbincangkan adalah ‘Share to Print.’

Sumber Gambar : Babbling Boolean

Seperti Apa Fitur ‘Share to Print’ Android 11?

Flashback di tahun 2017, Google pernah mengenalkan layanan cetak built-in di Android Oreo. Layanan tersebut mendukung Internet Printing Protocol (IPP).

Sebelum adanya IPP, pengguna harus memakai layanan cetak pihak ketiga di Play Store. Bayangkan, betapa repotnya pengguna Android saat itu jika ingin mencetak file atau gambar.

Kemudian di era Android Pie, Mopria Alliance berhasil menciptakan dukungan WiFi Direct Printing. Sedikit info, Mopria Alliance adalah perusahaan yang berkecimpung dalam bidang percetakan.

Lalu di tahun 2020 ini, Mopria Alliance telah mengirim kode ke AOSP. Kode itu menunjukkan kalau Android 11 kemungkinan akan memiliki fitur ‘Share to Print.’

Apa yang dimaksud ‘Share to Print?’ Ini adalah fitur baru yang akan memudahkan pengguna Android mencetak file. Jadi pengguna bisa mencetak gambar atau file PDF dengan cara yang lebih sederhana.

Fitur ini juga akan memberi pengembang kemampuan untuk mengirim file ke Print Service. Kemudian, Print Service akan langsung mencetak gambar atau file PDF secara otomatis.

Sampai sekarang belum ada informasi resmi dari Google. Namun kami berharap, Google dapat memberikan informasi lebih banyak menjelang rilisnya Android 11 beta pertama.