Fitur Mode Pesawat Android 11 Akan Bisa Mematikan Radio Bluetooth

Android 11 memang belum dirilis. Tapi kabarnya, Android 11 punya fitur Mode Pesawat yang bisa menonaktifkan radio Bluetooth.

Pengguna Android saat ini masih dimanjakan oleh Android 10. Sistem operasi tersebut rilis bulan September 2019 dan hadir tanpa menggunakan nama cemilan Android seperti pendahulunya.

Baru rilis beberapa bulan, kini pengguna Android digoda dengan rumor Android 11. Salah satu rumor yang kini beredar adalah tentang  fitur Airplane Mode / Mode Pesawat di Android 11.

Kabarnya, Mode Pesawat di sistem operasi itu bisa mematikan radio Bluetooth. Hm, kira-kira seperti apa kinerja fitur tersebut? Simak penjelasan di bawah ini.

Sumber Gambar : CNET

Fitur Mode Pesawat di Android 11

Mode Pesawat (Airplane Mode) adalah fitur yang sudah ada di ponsel untuk waktu lama. Nama Mode Pesawat berasal dari gagasan jika radio di ponsel bisa mengganggu pesawat terbang.

Jadi fitur ini bisa digunakan untuk mematikan radio tanpa perlu menonaktifkan ponsel sepenuhnya. Selama ini pengguna Android mungkin hanya mengira Mode Pesawat Cuma punya satu fungsi.

Ya, mungkin sekilas memang benar begitu. Tapi hal tersebut berbeda dengan yang ada di Android 11  nantinya. Di OS tersebut, Mode Pesawat akan dibuat sedikit lebih pintar.

Saat diaktifkan, Mode Pesawat akan mematikan semua jaringan. Baik jaringan seluler, Wi-Fi, hingga radio Bluetooth, semua akan dinonaktifkan.

Inilah yang menjadi masalah bagi banyak orang. Sebab saat mode ini aktif, otomatis pengguna tidak akan bisa mendengarkan musik dari radio Bluetooth. Perjalanan di pesawat pun akan membosankan.

Untungnya, Google telah membuat perubahan dengan Mode Pesawat. Salah satu fitur yang ada di Android 11 ini memungkinkan kita tetap bisa mendengarkan musik di pesawat.

Dikutip dari XDA Developers, AOSP Gerrit mengungkapkan para petinggi perusahaan sedang mencoba mode tersebut. AOSP Gerrit juga berbagi rincian sebagai berikut:

Jangan matikan Bluetooth otomatis saat Mode Pesawat dihidupkan. Apalagi jika Bluetooth ada di salah satu kondisi berikut:

  1. Bluetooth A2DP terhubung.

  2. Profil Bluetooth Hearing Aid Terhubung.”

Bagi yang belum tahu, Bluetooth A2DP adalah protokol di earbud wireless. Protokol ini berfungsi untuk menghubungkan earbud dan perangkat Bluetoth lain ke ponsel.

Kedepan, ponsel Android otomatis bisa mendeteksi radio Bluetooth saat mendengarkan musik. Bluetooth A2DP juga akan mematikan radio Bluetooth saat Mode Pesawat diaktifkan.

Tidak jelas kapan Mode Pesawat ini akan diubah. Tapi kemungkinan besar, mode tersebut akan hadir di versi Android berikutnya (Android 11).