Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Android 12 Sudah Rilis, Eits.. Tapi Kamu Belum Bisa Upgrade!

android 12
Indri Penulis

Setelah lama dinanti pecinta Android, kini Android 12 sudah resmi rilis. Tapi tunggu dulu, kamu belum bisa melakukan upgrade ya.

Nggak terasa sudah setahun Android 11 menemani kita semua. OS yang rilis pada tanggal 8 September 2020 ini terbilang sukses mendapat respon positif dari para pecinta Android (mulai dari tampilannya, sampai fitur-fitur yang ada di dalamnya).

Masuk tahun 2021, beragam gosip seputar penerus Android 11, Android 12 mulai bermunculan. Bahkan di bulan Februari lalu sempat ada rumor soal nama resmi Android 12 (yang katanya “Snow Drop”), dan beberapa fitur di dalamnya.

Nah di bulan Oktober ini, akhirnya OS Android 12 sudah rilis. Tapi jangan langsung senang ya, karena untuk saat ini kamu belum bisa upgrade.

Kenapa Pengguna Belum Bisa Upgrade Android 12?

Kamu pasti penasaran kan? OS-nya sudah rilis, tapi kok pengguna masih belum bisa upgrade. Waduh, kenapa nih?

Jadi jawabannya karena karena Android 12 rilis sebagai AOSP (Android Open Source Project). Itu artinya, kamu masih perlu menunggu update dari pembuat ponsel lebih dulu (Samsung, Xiaomi, OPPO, dll). Bahkan ponsel bikinan Google, Google Pixel-pun saat ini masih belum dapat upgrade Android 12.

Tapi dalam pengumumannya, Google, yang diwakili oleh Dave Burke, VP of Engineering Android, mengatakan kalau kode sumber akan rilis hari ini. Rencananya Google akan mulai mengunggah kode sumber untuk setiap versi Android baru, segera setelah versi stabil Android 12 turun di ponsel Pixel.

Baca Juga:  Fitur Dynamic Island di Android Bisa Kamu Rasakan Pakai Aplikasi

Google Melanggar 2 Tradisi Mereka

Sebenarnya perilisan Android 12 kali ini cukup unik, dan boleh dibilang Google melanggar dua tradisinya. Pertama tradisi soal peluncuran OS.

Dulu di era Android 10, versi stabil (versi jadi) Android 10 diluncurkan ke ponsel Pixel pada 3 September 2019, dan diikuti perilisan kode sumber di hari yang sama.

Di tahun 2020, Google mengunggah kode sumber Android 11 pada tanggal 8 September. Di hari yang sama, mereka juga meluncurkan versi stabil Android 11 ke ponsel Pixel.

Nah kalau di era Android 12, Google merilis kode sumber Android 12 sebelum meluncurkan versi stabil ke ponsel Pixel. Versi stabil rencananya akan datang ke ponsel Pixel dalam beberapa minggu, tapi untuk tanggal pastinya belum ditetapkan.

Sedangkan tradisi yang kedua adalah soal penamaan Android 12. Seperti yang kamu tahu sejak peluncuran Android 10, Google telah mengubah skema penamaan Android mereka. Dari yang awalnya pakai nama cemilan, di era Android 10 hanya menggunakan angka.

Kejadian ini juga berlanjut saat perilisan Android 11 (walau pun ada yang bilang kalau kode nama Android 11 adalah Red Velvet Cake dari kode sumber “rvc”).

Terus gimana dengan nama resmi Android 12? Sebenarnya Februari lalu sempat beredar gosip soal nama Android 12. Tepatnya saat Google menerbitkan kode sumber Android 12, dan ada inisial “sc” di sumber kode tersebut. Inisial “sc” sendiri diduga berasal dari nama “Snow Cone” (es serut).

Setelah nggak ada kejelasan selama berbulan-bulan, akhirnya Google (lagi-lagi lewat akun Twitter Dave Burke) mengonfirmasi nama resmi Android 12. Jadi nama resmi untuk OS Android 12 adalah “Snow Cone.”

Baca Juga:  Bocoran Kamera OPPO Find X6 Series Pakai Triple-Camera 50MP

Itu artinya, Google kembali melanggar tradisi yang sudah berjalan selama 2 tahun. Nah pertanyaannya, apakah nanti Android 13 bakal kembali pakai nama resmi camilan? Atau justru kembali pakai skema angka seperti Android 10 dan Android 11?