Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Rumor Android 12: Nama Kode, Mode Gaming, dan Perubahan Fitur Lain

android 12
ilustrasi: UrbanDigital
Anom Penulis

Rumor soal Android 12 semakin kencang. Kali ini hadir beberapa kabar meliputi nama kode Android 12, mode gaming, dan beberapa perubahan atau pengembangan fitur yang ada.

Seiring berkembangnya teknologi dan semakin powerful-nya smartphone, fitur dasar sistem operasi Android pun selalu bertambah atau berubah. Sebelum ini kita sudah mendengar soal tangkapan layar bergulir, setelan warna tema lebih fleksibel, bahkan perkiraan tampilan Android 12.

popculture.id

Kini muncul beberapa informasi lain terkait sistem operasi terbaru buatan Google ini.

Nama Kode Camilan

Google menanggalkan nama camilan atau makanan ringan di Android 10. Walau begitu, nama kode camilan ternyata masih hadir secara internal. Sebagai contoh, nama kode untuk Android 11 adalah “Red Velvet Cake.”

Walau belum resmi, ditemukan kalau terdapat inisial “sc” di sumber kode pengembangan Android 12. Inisial “sc” itu diduga berasal dari nama “Snow Cone” (es serut).

Menyembunyikan PiP

Fitur ‘Picture-in-picture’ (PiP) adalah fitur jendela kecil aplikasi di atas aplikasi lain. Fitur ini pertama kali muncul di Android 8 Oreo. Pembaruan terbaru di Android 11 memungkinkan kita mengubah ukuran jendela PiP.

Android 12 disebut meningkatkan pemakaian PiP. Ada dukungan gestur cubit untuk mengubah ukuran jendela dan tekan dua kali untuk langsung mengubahnya ke ukuran maksimal.

Selain itu, Google juga mempersiapkan cara untuk menyembunyikan jendela PiP. Nantinya kamu bisa menyembunyikan sebagian besar jendela di sisi kiri/kanan layar sampai hanya menunjukkan 1/3 bagian. Dengan menekannya kembali, kamu bisa memulihkan jendela PiP itu.

Animasi Gelembung

Fitur ‘Bubble’ (gelembung) di Android adalah fitur khas yang mengijinkan percakapan cepat di halaman utama. Di Android 12, fitur ini akan memiliki animasi mengabur/mengecil ketika kita menggesernya. Animasi untuk perpindahan antar gelembung juga semakin halus. Lalu letaknya juga lebih konsisten di sisi kanan kiri ketika kita mengubah posisi layar.

Pasangan Aplikasi

Salah satu fitur Android lain yang menarik adalah layar-terpisah untuk melihat 2 aplikasi bersamaan. Android 12 akan memungkinkan kamu membuat dua aplikasi itu jadi pasangan. Nantinya kamu bisa meluncurkan keduanya sekaligus dalam bentuk layar-terpisah (laptop ASUS ZenBook Pro Duo punya fitur sejenis untuk ScreenPad Plus).

Perubahan Posisi Layar Lebih Cerdas

Perubahan posisi layar (vertikal/horizontal) secara otomatis di Android sering menyebalkan. Sebagian besar orang lebih sering mematikan fungsi ini dan bersandar pada tombol di Setelan Cepat jika butuh.

Kabar menyebutkan kalau Google akan memanfaatkan teknologi AI dan kamera untuk mengenali posisi kepala dan menentukan orientasi posisi layar. Walau menarik, belum tahu apakah cara ini memang lebih baik atau tidak.

Mode Gaming

Ini menarik. Selama bertahun-tahun, masing-masing merek smartphone memiliki mode gaming mereka sendiri untuk mengatur perilaku dan performa smartphone selama pengguna main game.

Kelihatannya Google mulai menambahkan fitur sejenis untuk mode gaming dasar di Android 12. Ditemukan kode GamingManagerClient yang disebut sebagai “layanan untuk mengatur fitur berhubungan dengan game.” Kemungkinan hal ini akan mengatur fitur seperti notifikasi (Don’t Disturb), orientasi dan kecerahan layar, dll.

    %d blogger menyukai ini: