Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

3 Fitur Eksklusif Android 13 Go Edition, “OS Elite” HP Kentang

android 13 go edition
Sumber: Technophile
Indri Penulis

Android 13 Go Edition akhirnya rilis untuk HP spek kentang. Yuk, kita lihat apa saja fitur seru yang dihadirkan “OS Elite khas HP kentang” berikut ini.

Pemilik smartphone spek pas-pasan selama ini galau karena hanya bisa menikmati versi Android lama. Tidak heran sih, pasalnya Android versi terbaru biasanya membutuhkan spek HP yang lebih mumpuni.

Tapi sejak tahun 2021, pengguna HP Android spek pas-pasan seperti mendapat angin segar. Pasalnya Google telah meluncurkan Android 12 Go Edition. Apa itu?

Android 12 Go Edition adalah OS yang dirancang khusus untuk HP spek kentang. Walau fiturnya mungkin tidak selengkap Android 12, tapi setidaknya tampilan Android 12 Go Edition mirip versi standarnya.

Di tahun 2022, akhirnya Google menghadirkan penerus Android 12 Go Edition, yakni Android 13 Go Edition. Sama seperti pendahulunya, OS ini hadir untuk memanjakan ponsel-ponsel entry-level.

Nah sebagai suksesor Android 12 Go Edition, penerusnya tentu siap memberikan fitur yang lebih fresh. Oke biar kamu nggak penasaran, kita lihatapa yang baru di Android 13 Go Edition.

Apa yang Baru dari Android 13 Go Edition?

Tampilan “Material You” Manjakan Pengguna Android 13 Go Edition

Tampilan Material You pertama kali hadir di Android 12 tahun lalu. Sayangnya walau ada Android 12 Go Edition, tapi OS tersebut nggak kebagian Material You. Hal tersebut bikin Material You terasa lebih eksklusif.

Kabar baik buat pengguna Android 13 Go Edition. Sebab Google telah berbaik hati menghadirkan tampilan Material You ke OS entry-level tersebut.

android 13 go edition
Sumber: Google Blog

Apa saja yang bisa dilakukan dengan Material You? Di Material You, pengguna bisa mengkustom tema warna ponsel sesuai wallpaper yang terpasang.

Baca Juga:  Bocoran OPPO Reno 9 Series yang Gosipnya Rilis November 2022

Tampilan Material You juga bikin tampilan layar lebih ciamik. Apalagi dengan dukungan pewarnaan dinamis yang dimilikinya, pengguna jadi bisa menikmati keunikan desainnya.

Selain itu masih ada fitur utama Android 13 yang hadir ke Android 13 Go. Contohnya fitur Notification Permissions, App Language Preferences, dan fitur-fitur baru lainnya.

Fitur “Discover” Bikin Explore Konten Lebih Asik

Ada satu fitur baru yang bikin aktivitas explore konten makin asik, yakni Discover. Cara pakai fitur Discover yakni dengan swap layar ke arah kanan dari halaman utama.

Setelah itu, pengguna akan melihat berbagai konten yang sudah dikurasi oleh sistem pintar Android 13 Go. Jadi pengguna bisa lebih gampang menemukan rekomendasi konten.

Dapat Pembaruan Perangkat Lunak Langsung

Memperbarui perangkat lunak di ponsel jelas butuh banyak ruang penyimpanan. Ini akan jadi masalah besar untuk ponsel kentang dengan penyimpanan terbatas.

Untungnya Google sekarang menghadirkan Pembaruan Sistem Google Play ke Android 13 Go. Dukungan ini membuat perangkat bisa lebih cepat mendapat pembaruan perangkat lunak, di luar rilis Android utama.

Selain itu, ponsel juga bisa mendapat pembaruan tanpa makan banyak penyimpanan. Jadi pengguna nggak perlu galau lagi soal kapasitas penyimpanan dan proses update yang lamban deh.

Itu tadi beberapa fitur baru yang disajikan oleh Android 13 Go Edition. Dengan melihat fitur-fitur barunya, OS ini layaknya oasis di tengah padang pasir. Menyegarkan..

Pasalnya fitur-fitur yang sebelumnya cuma bisa dinikmati di Android 13, sekarang ada juga di versi Go. Boleh dibilang, ini adalah bentuk dari ‘keadilan untuk seluruh pengguna HP Android.’ Kekeke, gimana menurutmu?

Jika kamu ingin kasih masukan, kritik atau saran terkait artikel ini, kamu bisa sampaikan ke email [email protected] Atau kamu juga bisa meninggalkan pesan cinta di kolom komentar. ^_^

Baca Juga:  Fitur Dynamic Island di Android Bisa Kamu Rasakan Pakai Aplikasi

Oya, jangan lupa baca juga artikel seru seputar teknologi lainnya di Urbandigital. Seperti artikel seputar tutorial, media sosial, game, dll dari Indri. Jangan sungkan juga untuk meninggalkan komentar di artikel saya atau teman-teman yang lain.


Sumber:

  • Apa yang Baru dari Android 13 Go Edition? – https://blog.google/products/android/android-13-go-edition/