Android Q: Info Baru dari Google I/O 2019

google android q
Foto: Google

Konferensi Google I/O 2019 menyajikan berbagai informasi baru seputar layanan Google. Salah satunya termasuk info baru Android Q.

Google menyebutkan bahwa pada tahun 2019, Android mencapai versi ke-10. Ada sekitar 2,5 milyar perangkat yang secara aktif memakai sistem operasi ini. Bukan jumlah yang sedikit.

Walau Android Q belum secara resmi dirilis, Google memberikan informasi mengenai fitur baru yang akan hadir di dalam sistem operasi ini. Tiga hal yang menjadi fokus adalah: Inovasi, keamanan dan privasi, dan kesehatan digital (digital wellbeing).

Sebelumnya kita sudah mendengar beberapa fitur yang akan hadir. Nah, apa saja info baru Android Q dari Google I/O 2019?

Pengalaman Baru di Perangkat Bergerak

Google melakukan beberapa inovasi agar penggunaan Android bisa lebih fleksibel di berbagai perangkat. Selain itu, juga fleksibel dipakai oleh siapapun.

Untuk mencapai hal ini, Google menambah dukungan baru di Android Q.

Dukungan Smartphone Lipat

Berbagai perangkat baru terus berkembang. Salah satu yang menjadi sorotan di tahun 2019 adalah ponsel lipat. Samsung Galaxy Fold dan Huawei Mate X adalah pionir untuk perangkat ini.

Perangkat seperti ini tentunya membuka berbagai kemungkinan di masa depan. Untuk itulah Google mempersiapkan Android Q sebagai langkah awal untuk bisa beradaptasi dengan perangkat dengan berbagai ukuran layar.

Dukungan koneksi 5G

Koneksi 5G akan segera tiba dan banyak ponsel yang akan siap beradaptasi dengannya. Untuk itulah Google mempersiapkan Android Q sebagai sistem operasi pertama yang mendukung koneksi seluler kualitas 5G.

Kualitas koneksi ini tentunya akan berpengaruh pada pengalaman penggunaan. Kecepatan transfer data akan berimbas pada kenyamanan bermain game dan teknologi augmented reality.

Live Caption

Teks terjemahan tidak hanya berfungsi untuk mengerti bahasa lain. Tapi terutama untuk membantu mereka yang memiliki gangguan pendengaran.

Google mengembangkan fitur Live Caption di Android Q, sehingga bisa menampilkan teks untuk semua suara yang keluar dari perangkat. Dari semua aplikasi, seperti dari video, podcast, pesan suara, bahkan rekaman suara yang dibuat sendiri.

Fitur ini dihadirkan di dalam Android Q, sehingga bisa aktif tanpa membutuhkan koneksi internet.

Smart Reply di Notifikasi

Google juga mempermudah penggunaan ponsel Android dengan memasang fitur Smart Reply di notifikasi. Fitur ini awalnya hadir di aplikasi email Gmail.

Smart Reply akan menyarankan balasan untuk notifikasi yang masuk. Fitur ini juga akan secara cerdas memprediksi tindakan apa yang akan kamu ambil. Misalnya untuk aplikasi Peta. Dengan begitu, pengguna akan lebih mudah mengakses berbagai fitur tanpa terlalu banyak menekan tombol.

saran tindakan di notifikasi android q
Saran tindakan di notifikasi Android Q (foto: Google)

Keamanan dan Privasi

Google memberikan info bahwa Android Q, sebagai versi baru, akan memberi fokus khusus pada keamanan dan privasi.

Bagian Khusus Privasi di Setelan Android

Google menambahkan bagian khusus di Setelan Android untuk privasi. Dengan begitu pengguna bisa mengaturnya di satu tempat saja.

Data Lokasi Lebih Aman

Google membuat informasi lokasi menjadi lebih transparan. Pengguna bisa memilih akan memberi akses data tersebut pada aplikasi tertentu. Selain itu, akan ada pemberitahuan ketika sebuah aplikasi mengakses info lokasi di latar belakang.

Pembaruan Keamanan Lebih Cepat

Google akan membuat pembaruan keamanan di Android Q berjalan lebih cepat. Komponen sistem operasi yang penting bisa berjalan di latar belakang, seperti ketika pengguna memperbarui aplikasi.

Dengan begitu, pengguna bisa mendapat perbaikan dan peningkatan keamanan lebih cepat, lebih mudah, tanpa harus melakukan restart perangkat.

Keseimbangan Hidup

Aplikasi dan smartphone terbukti sangat mencandu. Inilah yang menjadi perhatian Google ketika merilis fitur Digital Wellbeing. Agar pengguna bisa mengontrol penggunaan smartphone dengan lebih baik dan tidak berlebihan.

Focus Mode

Di tahun 2019 Google memperkenalkan apa yang disebut sebagai mode Fokus (Focus mode). Mode ini akan membantu pengguna agar lebih fokus tanpa gangguan dari berbagai aplikasi.

Pengguna bisa memilih aplikasi yang dianggap mengganggu, dan mendiamkan mereka sampai mode Fokus berakhir.

Integrasi dengan Berbagai Perangkat

Google juga memberi integrasi fitur Digital Wellbeing di berbagai perangkat dengan Famili Link. Dengan begitu, anak dan keluarga bisa mendapat kegiatan yang seimbang (orang tua bisa mengontrol kegiatan). Tidak melulu sibuk dengan smartphone mereka.

digital wellbeing
Digital Wellbeing dan kontrol orang tua (foto: Google)

Konfirmasi Fitur Lain di Android Q

Google juga sudah memberikan konfirmasi akan kehadiran mode gelap alias dark mode di Android Q. Fitur ini disebut sebagai Dark Theme. Lalu, Google juga memberi konfirmasi bahwa akan ada gestur baru untuk mengontrol tindakan di Android Q.