Android Q Dikabarkan Mengusung Fitur 3D Touch ‘Deep Press’

Android versi terbaru, yaitu Android Q, kabarnya akan mengusung fitur deep press. Fitur tersebut juga biasa dikenal sebagai Force Touch atau 3D Touch jika dalam bahasa iOS.

Berdasarkan pemaparan dari Webomedia 3D Touch, ini merupakan fitur yang sangat sensitif dengan tekanan. Fitur 3D Touch pertama kali diperkenalkan oleh iPhone 6s serta 6s Plus di tahun 2015.

3D Touch menggunakan sensor kapasitif yang terhubung dengan layar smartphone. Sensor ini bisa merasakan tiga derajat tekanan dalam sentuhan pengguna, serta memiliki respon berbeda berdasarkan jumlah tekanan yang diberikan.

Penerapan fitur 3D Touch sendiri bisa kita lihat dalam iPhone 6s dan 6s Plus. 3D Touch akan memberikan pengalaman baru dalam berinteraksi.

Jika pada ponsel iPhone 6s dan 6s Plus, smartphone akan merasakan berapa banyak tekanan yang dilakukan pengguna pada permukaan layar.

Tidak hanya pada tab, swipe dan pinch. Namun pengguna juga mendapatkan fungsi baru, yaitu Peek dan Pop.

Kedua fungsi baru ini memungkinkan pengguna bisa melihat pratinjau semua jenis konten. Bahkan untuk melihat isi konten, pengguna tidak perlu membukanya.

Sumber Gambar : Phone Dog

Misal dengan menekan ringan pada email dalam inbox, kalian bisa mengintip isinya. Jika ingin membuka salah satu, maka cukup tekan layar lebih dalam. Setelah itu akan muncul tampilan konten secara utuh.

Hingga kini masih belum diketahui bagaimana cara kerja fitur deep press dari Android Q. Selain itu penerapan dalam iterasi Android tahun ini juga masih belum diketahui pasti.

Bisa saja penerapan deep press dari Android Q hampir sama dengan yang ada dalam ponsel iPhone di atas. Bisa juga jadi fitur deep press dari Android Q memiliki keunikan lain.

Secara global, fitur ini kelihatannya bisa membuat penggunaan smartphone lebih efisien dan cepat. Terlebih dalam melakukan beragam tugas umum seperti pada 3D Touch.

More Stories
Game-Game yang Memiliki Pesan Misterius!
Game-Game yang Memiliki Pesan Misterius!