Andy Rubin, Pencipta Android, Tunjukkan Perangkat Misterius

Andy Rubin adalah salah satu pendiri Android Inc. yang menjadi cikal bakal sistem operasi Android. Ia kemudian juga membuat produk dengan merk Essential, yang salah satunya adalah Essential Phone. Belum lama ini, Andy Rubin menunjukkan perangkat misterius, yang seperti persilangan antara smartphone dan remote TV.

Sedikit melihat ke belakang, Essential Phone adalah smartphone yang revolusioner. Ponsel ini menjadi yang pertama menggunakan notch di layar. Sampai saat ini, ponsel ini masih disukai, terutama karena selalu memberi update Android yang cepat.

Jadi, ketika Andy Rubin mengunggah beberapa foto dan sebuah video tentang perangkat aneh di Twitter, tentu saja menarik perhatian. Apalagi bentuk perangkat itu berkesan tidak masuk akal.

Kalau kamu perhatikan, ukuran layar smartphone sekarang semakin tinggi. Rata-rata rasio ukuran layar yang ada saat ini mungkin adalah sekitar 18:9. Sedangkan ponsel Sony Xperia memegang rekor dengan ukuran 21:9.

Nah, perangkat yang ditunjukkan oleh Andy Rubin ini punya lebar lebih sempit dibanding smartphone biasa. Sedangkan tingginya kurang lebih sama. Namun, hal itu membuat ukuran perangkat lebih terlihat seperti remote TV dengan layar sentuh.

Bagian depan dan tampilan antar muka

Perangkat ini punya tombol volume dan power di bagian samping seperti ponsel Android. Perangkat ini juga punya lubang kamera di layar, seperti Samsung Galaxy S10.

Tampilan antar muka aplikasi yang ditunjukkan masih sedikit terlihat seperti Android (walau lebih sederhana). Namun tampilan antar muka bagian lain berbeda. Belum tahu apakah itu halaman Layar Utama atau daftar aplikasi terakhir yang dibuka.

Namun aplikasi hadir dalam bentuk susunan ubin dengan konten masing-masing. Lebih mirip jajaran widget. Bahkan sedikit mengingatkan kita pada Windows Phone.

Di bagian belakang, terdapat kamera, lampu kilat, dan (kelihatannya) sensor sidik jari. Andy Rubin menunjukkan kalau ada beberapa varian warna untuk perangkat ini.

Dimensi dan warna perangkat misterius Essential

Andy Rubin menyebut perangkat ini dengan sebutan GEM dan terbuat dengan apa ia sebut dengan “colorshift material“. Sebutan ini berhubungan dengan bagaimana permukaan bodi perangkat berubah warna ketika dilihat dari sudut berbeda.

Hal itu ia tunjukkan melalui sebuah video di Twitter. Sayangnya, ia hanya memberi teaser. Sejauh ini belum ada informasi yang lebih jelas soal perangkat ini.