Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

“Alternate Reality Challenge” : Challenge Animasi CGI Keren Para Animator!

Indri Penulis

Challenge joget-joget di TikTok sudah biasa. Gimana kalau kamu nonton challenge animasi CGI “Alternate Reality Challenge” saja. Siapa tahu bisa menginspirasimu!

Di era saat ini, kalau mendengar kata “challenge,” mungkin kita bakal langsung kepikiran TikTok. Dari mulai challenge joget-joget, challenge dubbing, dll, semua ada di sana.

Tapi baru-baru ini satu challenge yang nggak hanya gila, tapi juga keren banget. Challenge ini bernama “Alternate Reality Challenge” dan dibuat oleh Clinton Jones alias pwnisher.

Ia menantang para animator untuk membuat adegan animasi 3D mereka sendiri, berdasarkan animasi mentah yang ia buat sebelumnya.

Coba kamu lihat gambar di bawah. Screenshot ini diambil dari animasi asli bikinan Clinton Jones. Animasi tersebut menampilkan seseorang yang sedang berjalan dengan langkah berat dan lebar, dengan latar bola raksasa.

animasi CGI dasar bahan challenge
Sumber : Clinton Jones

Inti dari challenge ini adalah bikin animasi CGI, berdasarkan animasi awal seperti bikinan Jones. Kemudian animator-animator lain mengembangkan efek CGI sesuai kreativitas mereka.

Hasilnya sangat menakjubkan! Setiap beberapa detik, kita akan dibawa ke pandangan dunia lain dari masing-masing animator. Contohnya ada seorang petugas medis yang sedang mendorong bangsal pasien, ada astronot yang menarik kereta, dll.

Di bawah ini beberapa screenshot dari karya animator lain tersebut.

  • salah satu peserta challenge animasi CGI

Yah, meski konsep yang diusung masing-masing animasi berbeda, namun karena gerakannya sama, jadi hasil akhirnya sangat keren dan unik.

Buat kamu yang penasaran seperti apa hasilnya, kamu bisa nonton video 10.49 menit di bawah ini. Video ini menggabungkan 100 animasi pilihan dalam satu video hasil dari challenge animasi ini.

Sebenarnya animasi yang diterima Jones nggak cuma 100, melainkan 2400. Kalau kamu penasaran ke mana sisa 2.300 gambar yang lain, kamu bisa nonton di sini. Cuma yah.. durasinya bakal super lama yakni sekitar 2 jam 44 menitan. Hahaha.