Sempat Dianggap Gagal, 5 Anime Ini Justru Sukses di Pasaran

kuroko no basket

Jepang merupakan negara yang banyak merilis berbagai anime. Ada raturan anime yang dirilis di negara tersebut. Mungkin anime yang familiar bagi kita adalah One Piece, Naruto dan Bleach.

Ketiga anime itu merupakan salah satu yang paling sukses. Tidak hanya sukses di negara sendiri, namun ketiga anime tersebut juga sukses di banyak negara.

Namun dari banyaknya anime yang ada, tidak semua anime menuai kesuksesan. Sama halnya dengan film di Indonesia, tentu ada beberapa film yang tidak sukses di pasaran bukan?

Selama ini ada beberapa anime yang dicap gagal, atau tidak akan sukses di pasaran. Namun anggapan tersebut terpatahkan, sebab anime yang sempat diragukan justru sukses besar.

Berikut ini beberapa anime yang berhasil mematahkan ekspektasi banyak orang. Anime-anime tersebut antara lain:

Osomatsu-san

Sumber Gambar : Amino Apps

Anime ini menceritakan 6 bersaudara yang aneh, dan mengambil latar pada musim gugur tahun 2015. Osomatsu-san adalah anime dengan genre komedi. Seperti yang diketahui, anime dengan genre komedi cenderung sulit terjual.

Tantangan terbesar dari anime Osomatsu-san adalah, mengadaptasi serta memperbaharui lelucon dari manga Osomatsu-kun. Manga Osomatsu-kun sendiri terbit pada tahun 1962.

Tidak hanya itu saja, animator juga mempunyai tugas berat yaitu harus bisa menyeimbangkan nostalgia fans lama, dengan gaya lelucon saat ini. Hal tersebut dilakukan agar generasi muda tertarik dengan anime ini.

Atas segala kesulitan yang dialami pembuat anime tersebut, Osomatsu-san berhasil mendapat kesuksesan yang besar. Bahkan anime ini berhasil meraih peringkat penjualan tertinggi pada tahun 2015.

The Melancholy of Haruhi Suzumiya

Sumber Gambar : VS Battles Wiki – Fandom

Mungkin beberapa dari kalian akan terkejut, namun The Melancholy of Haruhi Suzumiya dulu bukan merupakan anime yang ditunggu banyak orang.

Sebab bila dilihat dari novelnya, The Melancholy of Haruhi Suzumiya tidak terlalu populer. Kyoto Animation kemudian mengambil taruhan besar, ketika mereka mendekati Nagaru Tanigawa dan membicarakan adaptasi anime tersebut.

Sebelumnya, Kyoto Animation hanya mampu memproduksi anime Air, Full Metal Panic! The Second Raid Dan Full Metal Panic? Fumoffu.

Namun siapa sangka jika Haruhi Suzumiya justru menjadi salah satu anime paling sukses. Karena kesuksesan itulah, penjualan anime versi light novel melesat hingga 4,30 juta kopi. Hasil tersebut belum pernah dicapai oleh light novel lain pada saat itu.

Rage of Bahamut: Genesis

Sumber Gambar : Funimation

Anime ini diangkat dari free to play mobile game. Tidak ada yang menyangka, jika anime Rage of Bahamut: Genesis paling sukses. Bahkan anime ini banyak diperbincangkan selama tahun 2014.

Sebenarnya ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh, apabila studio mengadaptasi FTP game. Studio akan mempunyai kebebasan dalam menulis cerita anime tersebut.

Tidak hanya itu saja, Kisah Favari, Kaisa dan Bacchus sangat populer. Dan dengan cepat dibanding-bandingkan dengan cerita The Pirates of Carribean.

BACA JUGA
10 Film Anime Terbaik Selain Buatan Studio Ghibli

Futari wa Pretty Cure

Sumber Gambar : Zerochan

Futari wa Pretty Cure merupakan perpaduan antara magical girl dan action. Walaupun kini telah meraup banyak keuntungan, namun Futari wa Pretty Cure pada awalnya hanya memiliki sedikit dukungan dari Toei Animation.

Tidak hanya itu, selama ini genre mahou shojou juga tidak terlalu populer. Namun tatanan yang bagus, membuat Pretty Cure sangat hits. Baik untuk gadis kecil maupun orang dewasa.

Masih ada lagi prestasi yang dicapai oleh anime ini. Pretty Cure berhasil menyaingi One Piece dan Dragon Ball Z, dalam hal penjualan merchandise serta popularitas.

Gakkougurashi!

Sumber Gambar : Drivenime

Bagi kalian penggemar versi manga anime ini, mungkin tidak akan pernah terpikir jika Gakkougurashi! akan sukses sepanjang tahun 2015.

Bila dilihat secara sekilas, anime ini terlihat seperti slice-of-slice yang ditambah sentuhan moe. Hal semacam itu biasa diberikan kepada fans lolicon.

Namun sebaliknya, Gakkougurashi! merupakan anime gelap. Dimana anime ini bercerita mengenai beberapa orang yang berhasil selamat dari kiamat zombie.

Penjualan dari anime ini sebenarnya tidak terlalu bagus, karena hanya mampu terjual 2.765 eksemplar per volume. Namun seri manga mengalami peningkatan penjualan yang sangat signifikan.

Ada komentar?