Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Antisipasi Leaker China, Apple Pasang Kamera di Tubuh Pekerjanya!

Indri Penulis

Apple makin ketat dengan leaker di China! Terbukti baru-baru ini mereka meminta pekerjanya di China agar pakai kamera di tubuhnya.

Leaker asal China terkenal dengan prediksinya soal produk Apple yang tetap sasaran. Contohnya leaker Duan Rui dan L0vetodream yang sempat memprediksi adanya model iPhone 12 Mini di jajaran iPhone 12 Series, dan ternyata bocoran itu terbukti benarnya.

Merasa berang dengan ulah leaker-leaker asal China, Apple beberapa waktu lalu sempat mengirim surat ancaman ke beberapa leaker China. Intinya, mereka meminta leaker China berhenti membocorkan produk yang belum rilis. Kalau masih ngeyel, mereka siap menempuh jalur hukum di China.

Rupanya surat ancaman itu bukanlah langkah pertama dan terakhir Apple buat pembocor asal Negeri Tirai Bambu. Untuk mengantisipasi pembocor kembali berulah, Apple baru-baru ini mewajibkan pekerja operatornya yang ada di China untuk mengenakan kamera di tubuh.

apple leaker china
Sumber : Axon

Menurut Front Page Tech, kamera tubuh yang dipakai Apple ini disebut-sebut adalah Axon Body 2. Sedikit informasi, ini adalah kamera profesional yang sering dipakai polisi AS lho (widiihhh, ngeri beut!).

Alasan Apple meminta pekerjanya di China pakai kamera tubuh tentu bukan alasan. Mereka tak ingin pekerjanya membocorkan atau menjual informasi apa pun (terlebih soal bentuk atau desain produk masa depan Apple) ke pembocor China.

Yah, contohnya saja kasus leaker Kang yang bocorannya sering bersliweran di jagat Weibo. Lalu ada seniman Concept Creator yang bertanggung jawab untuk membuat gambar konsep dan render produk Apple yang belum diumumkan. Menariknya, bocoran dan render yang mereka bagian hampir selalu tepat sasaran.

Coba kamu bayangin. Kamu susah-susah menyiapkan desain produk istimewa, dan mati-matian merahasiakannya agar nanti saat perilisan ada ‘kejutan besar,’ eh dengan seenaknya orang lain membocorkan desainmu sebelum waktunya. Kesel nggak tuh? Kesel lah, masa enggak. Haha.