Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Gila, Apple Uber Leaker China Gara-Gara Sering Bocorin Produk!

Indri Penulis

Apple baru-baru ini bikin heboh jagat dunia maya. Pasalnya Apple sekarang tengah uber leaker China yang sering bocorin produk mereka.

Dilansir dari Apple Insider, leaker terkenal Kang dan Duan Rui mengatakan kalau Apple telah mengirim surat kepada mereka. Inti dari surat itu adalah, Apple meminta leaker asal China itu agar “berhenti membocorkan” detil produk masa depan mereka.

Bukan cuma peringatan biasa lho. Apple rupanya juga “mengancam” Kang dan Duan Rui, jika mereka masih ngeyel, maka Apple tak segan-segan menempuh jalur hukum di China.

Kabarnya, surat peringatan dari Apple meminta leaker tidak membocorkan produk yang memang belum dirilis ke publik. Sebab kalau diketahui banyak orang, maka bisa menyesatkan calon pelanggan dan memberi keuntungan buat pesaing.

Kalau dalam kasusnya Kang, ini agak panjang sih. Menurut unggahan Weibo dari Kang, surat dari Apple isinya memperingatkan kalau segala bentuk bocoran tak akan ditoleransi.

Apple rupanya juga ikut melampirkan screenshot dari postingan Weibo Kang, yang menunjukkan tanggal rilis dan saran pembelian calon produk masa depan Apple sebagai barang bukti.

Ending-nya, Kang memutuskan tak akan lagi memposting bocoran-bocoran produk Apple. Ia juga memperingatkan blogger lain kalau Apple bakal mengaudit postingan atau apapun tentang produk yang belum dirilis, dan mereka bakal memberikan tuduhan “pelanggaran dan penyalahgunaan informasi komersial” pada blogger yang bersangkutan.

Sampai saat ini pun, tak ada satu pun leaker (termasuk Duan Rui dan Kang) yang memposting salinan surat itu di media sosial. Bahkan kabar ini pun berasal dari postingan media sosial yang sudah diterjemahkan.

Baca Juga:  4 Fitur Unggulan iPad Pro Baru "Si Tablet Sultan 2022"

Hm sayang banget ya. Padahal Kang, Duan Rui, L0vetodream, dan pembocor lain asal China terbukti menjadi leaker handal. Sebab bocoran-bocoran mereka hampir selalu tepat sasaran dan sangat detil.

Contohnya bocoran iPhone 12 Mini yang bakal masuk dalam keluarga iPhone 12 Series. Bocoran ini dibeberkan oleh Duan Rui dan L0vetodream. Hasilnya, kita sekarang benar-benar melihat iPhoen 12 Mini dalam iPhone 12 Series.

Tapi karena ada insiden “uber-uberan” seperti ini, mungkin bocoran produk-produk terbaru Apple bakal melambat atau bahkan berhenti total (setidaknya dari pembocor asal China).