Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

6 Antivirus Terbaik untuk Flashdisk, Gratis dan Aman Tinggal Install!

Antivirus Terbaik untuk Flashdisk

Saat ini terdapat berbagai macam antivirus yang dibuat untuk laptop, komputer, notebook, hingga flashdisk. Kali ini, kamu akan mengetahui antivirus terbaik untuk flashdisk.

Flashdisk atau USB flash drives adalah salah satu tempat untuk media penyimpanan secara eksternal yang digunakan oleh banyak orang. Mulai dari kalangan pelajar hingga pekerja pun menggunakan flashdisk untuk menyimpan seluruh tugas pekerjaannya.

Selain mudah dibawa kemana-mana karena bentuk dan ukurannya yang kecil, flashdisk ini dapat menyimpan kapasitas file yang besar. Jadi tidak perlu khawatir dengan ukuran penyimpanan, karena kamu dapat memilihnya sesuai dengan kapasitas yang diinginkan.


Antivirus Terbaik untuk Flashdisk

USB atau flashdisk yang dihubungkan pada laptop atau PC kamu dapat membawa virus maupun malware yang berbahaya. Virus yang ada di USB dapat menghilangkan file didalam flashdisk.

Agar kamu dapat mencegah masuknya virus pada perangkatmu, kamu dapat menggunakan bantuan dari antivirus sebagai alat keamanan. Berikut ini adalah antivirus terbaik untuk flashdisk yang dapat kamu gunakan.

1. Comodo Rescue Disk 2022

svg%3E

Antivirus portable ini memiliki fitur yang cukup lengkap, karena dapat menghapus malware, file yang tersembunyi, hingga registry key yang berbahaya dan tersembunyi jauh di dalam sistem.

Melalui fitur cloud scanner dapat memberikan keamanan dengan mengenali setiap proses yang mencurigakan yang belum terdeteksi oleh database. Antivirus ini telah terintegrasi dengan pemindah cloud Comodo yang dapat memberikan laporan keamanan secara real-time

Comodo Rescue Disk dapat memindah seluruh sistem kamu dari virus sebelum Windows akan dimuat. Melalui rescue disk ini, kamu tidak membutuhkan instalasi, karena dapat digunakan langsung dari USB maupun CD/DVD.

2. Avast Rescue Disk

svg%3E

Solusi lainnya untuk melindungi komputer dan flashdisk dari virus dan malware adalah Avast Free Antivirus. Terdapat tool antivirus Avast yang bernama Rescue Disk dan dapat menjalankan pemindaian virus melalui USB flashdisk.

Rescue disk dapat memindai perangkat yang kamu gunakan ketika sistem tidak berjalan. Dengan metode ini, secara signifikan dapat mendeteksi dan menghapus malware. Untuk menerapkan metode ini, kamu membutuhkan drive USB yang kosong dengan kapasitas minimum 2GB.

3. Smadav Additional Antivirus For USB & PC

svg%3E

Siapa yang tidak kenal dengan antivirus satu ini? Smadav cukup dikenal dan namanya familiar di kalangan para pengguna laptop maupun PC.Melalui Smadav, kamu membantu mendeteksi virus dan menampilkan file yang tersembunyi di flashdisk.

Smadav dapat melakukan scanning secara langsung terhadap perangkat USB yang baru saja ditancapkan pada PC maupun laptop kamu untuk menghapus segala virus sebelum menyebar. 

Fitur autorun Smadav juga dapat mencegah berbagai perangkat removable untuk secara otomatis menjalankan execute dari virus ketika USB pertama kali ditancapkan.

4. Antivirus Dr.Web 

svg%3E

Software antivirus Dr Web menjadi salah satu pilihan antivirus untuk melindungi flashdisk dengan database tentang virus dan update serta fitur yang bisa menjadi flashdisk sebagai penyimpanan darurat. 

Cara menggunakan antivirus ini kamu bisa langsung masuk ke halaman download resmi dari Dr Web lalu download bagian portable dan langsung copy program antivirus ini ke flashdisk yang ingin kamu lindungi. 

Agar lebih aman, sebelumnya kamu bisa melakukan update database tentang virus dan malware terlebih dahulu. 

5. Emsisoft Emergency Kit  

svg%3E

Emsisoft Emergency Kit adalah alat antivirus portable paling ringan yang dapat kamu temukan. Meskipun ringan, Emsisoft Emergency Kit ini memiliki kekuatan yang terbaik.

Kamu dapat melakukan scan dan membersihkan virus yang terdapat pada flashdisk, karena Emsisoft Emergency Kit ini memiliki pilihan deteksi yang paling lengkap. Karena Emsisoft merupakan program portable, sehingga kamu tidak perlu melakukan instalasi pada laptop atau PC.

Seperti virus, adware, trojan, spyware, keylogger, dan berbagai program berbahaya lainnya. Keunggulan pada antivirus ini, memiliki fitur dual scanner.

Namun kamu membutuhkan kapasitas penyimpanan flashdisk yang cukup tinggi.Jika flashdisk kamu memiliki kapasitas dibawah 8 GB, maka antivirus ini tidak direkomendasikan. Karena antivirus ini akan menyita storage flashdisk yang cukup besar.

6. Kaspersky Virus Removal Tool

svg%3E

Kaspersky Virus Removal Tool merupakan alat pemindai portable gratis yang dapat mengamankan sistem komputer atau laptop kamu dari bahaya virus dan lain sebagainya.

Jika kamu menggunakan antivirus ini, kamu membutuhkan setidaknya ruang penyimpanan minimum 500MB untuk install. Kaspersky Virus Removal Tool menawarkan pemindai virus yang kuat dan dapat dengan mudah mendeteksi malware hingga virus yang tersembunyi.

What’s Next

Antivirus terbaik untuk flashdisk telah kamu ketahui, sehingga dapat melindungi PC, laptop hingga flashdisk agar terhindar dari berbagai virus, malware yang berbahaya.

Jika kamu memiliki pertanyaan atau topik lain yang ingin didiskusikan, tulis di kolom komentar, ya. Agar kita dapat saling berdiskusi seputar topik yang kamu inginkan di kemudian hari.


Pertanyaan atau saran lebih lanjut bisa kirim email langsung ke [email protected] Jangan lupa, ikuti kami di Google News.