Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Apa Guna Teknologi AI di Kamera Smartphone?

ketika ponsel pintar semakin cerdas

kamera realme 3

Kamera smartphone masa kini selalu menggembar-gemborkan teknologi AI. Tapi apa sih sebenarnya guna teknologi AI itu di kamera smartphone?

Lihat saja setiap ulasan ponsel Android. Pasti menyebut soal artificial intelligence alias AI. Selain hadir mengatur performa ponsel, teknologi ini juga hadir di aplikasi kamera.

Ketika kamu memotret, pernahkah kamu melihat atau memperhatikan teknologi ini bekerja? Kemungkinan besar kamu tidak menyadarinya.

Nah, mari kita lihat sedikit tentang guna AI di kamera ponsel masa kini.

aplikasi kamera realme 3
Teknologi AI mengenali obyek foto

1. Mendeteksi Obyek

Hal paling mendasar dari manfaat teknologi canggih ini adalah mampu mengenali obyek yang ada di dalam frame foto. Dengan fungsi deteksi ini, ponsel bisa menentukan tindakan selanjutnya.

2. Memaksimalkan Setelan Kamera

Dalam hal fotografi di ponsel β€” istilah kerennya mobile photography β€” aplikasi kamera akan berusaha memberi setelan terbaik sesuai obyek foto. Apakah itu pemandangan, foto makanan, potret orang, dll. Beberapa ponsel juga bisa menerapkan foto HDR secara otomatis dengan pencahayaan yang lebih baik.

3. Memberi Efek Khusus

Sistem pengolahan gambar dengan AI sekarang memang sudah sangat canggih. Salah satunya memangkas keterbatasan optik di smartphone.

Dengan bantuan AI, kita bisa mendapat foto dengan efek bokeh yang lebih bagus. Aplikasi bisa memilah mana yang menjadi obyek dan mana yang menjadi latar.

Ponsel Google Pixel sempat terkenal karena bisa membuat foto bokeh tanpa kamera ganda. Sementara itu, teknologi AI juga memungkinkan hasil foto bokeh jadi lebih bagus bahkan di ponsel dengan harga terjangkau. Misalnya realme 3.

4. Menata Album Foto

Kemampuan ini tidak hadir di setiap ponsel. Tergantung aplikasi galeri apa yang mendukung. Namun, aplikasi galeri yang mendukung bisa mengelompokkan obyek dengan tema sama dalam satu folder. Misalnya: Orang, selfie, makanan, kendaraan, kucing, bunga, dll.

5. Fungsi Lain Di Luar Fotografi

Teknologi AI di kamera ponsel juga punya fungsi lain di luar bidang fotografi. Tentunya hal ini juga tergantung aplikasi (bukan aplikasi kamera). Beberapa di antaranya adalah fungsi memindai dan augmented reality. Kami pernah membahas fungsi kamera handphone seperti ini secara khusus.

More Stories
Peter Parker dan Miles Morales "Akur" di Trailer Game Spider-Man
Peter Parker dan Miles Morales Akur di Trailer Game Spider-Man