review realme 3

Review realme 3: Ponsel Murah Dengan Fitur Kamera Mewah

Dengan Nightscape, foto malam jadi lebih cerah

4
Beli di mana?

realme 3 dirilis sebagai ponsel Android murah dengan spesifikasi menarik untuk memenuhi kebutuhan anak muda masa kini. Benarkah seperti itu? Berikut review realme 3 dari kami.

Ponsel realme 3 sudah masuk Indonesia dan berhasil menarik minat masyarakat. Saya sendiri sempat hadir dalam perkenalannya di kota Jogja. Saya pun sempat memberi kesan pertama hands-on realme 3.

Setelah menggunakan ponsel ini selama lebih dari satu minggu, saya kira pengalaman ini sudah cukup untuk berbagi review realme 3. Saya memakai varian realme 3 4GB/64GB Dynamic Black.

Desain dan Bodi

realme 3 memiliki desain layaknya ponsel masa kini. Dengan layar dewdrop notch untuk kamera selfie, letak kamera di sudut atas, dan warna gradasi di bodi belakang. Dari segi penampilan, ponsel ini memang terlihat menarik dan eye catching.

Bodi ponsel ini relatif ringan. Di sisi lain, cukup mantap dipegang. Bahkan saat main game yang penuh aksi (alias sibuk tekan layar sana sini), bodi ponsel tetap terasa solid. Tidak ada yang terasa longgar atau terdengar bunyi aneh.

slot sim card realme 3

Terbiasa dengan posisi tombol volume dan power segaris, menggunakan realme 3 yang punya posisi terpisah cukup canggung. Tapi ini hanya masalah kebiasaan. Selain itu ada juga kemudahan dari ColorOS 6. Misalnya untuk screenshot, kita bisa melakukan dengan swipe 3 jari ke bawah alih-alih memencet tombol volume turun dan power.

Slot SIM dan microSD yang ada di ponsel ini bukan hybrid. Jadi kamu bisa memasang dua kartu SIM nano dan satu memori eksternal secara bersamaan. Ini merupakan keuntungan tersendiri.

Layar

Layar realme 3 adalah layar IPS LCD berukuran 6,22 inci dengan resolusi HD+ 1520x720p, rasio 19:9, dan dilindungi Corning Gorilla Glass 3. Ukuran layar ini cukup besar. Mirip dengan ukuran ASUS Zenfone Max Pro M2.

Sejauh yang saya pakai, layar realme 3 tidak mengecewakan. Walau “hanya” HD+ tampilan gambar tetap tajam dengan warna yang seimbang. Jadi layar tetap enak dilihat (termasuk kalau dilihat di bawah terik matahari).

Audio

Sejauh yang saya gunakan untuk berkomunikasi, mikrofon dan speaker realme 3 berfungsi baik. Begitupun untuk memainkan berkas media, seperti video dan musik. Suaranya lantang dan cukup seimbang.

Untuk speaker, suara bass memang kurang terdengar. Cukup wajar untuk perangkat seperti ponsel. Toh suara treble yang ada, walau cukup nyaring, tidak terlalu tajam.

Audio baru benar-benar nyaman ketika menggunakan earphone. Ponsel realme 3 dilengkapi aplikasi dengan fitur Real HD Sound untuk mengatur skema audio. Fitur ini masih sedikit di bawah Huawei Histen sound effects, tapi toh sudah membuat musik jadi lebih menyenangkan.

Kamera

Kamera adalah salah satu hal yang menarik di realme 3. Terutama karena beberapa fitur di dalamnya, yang mengejutkan di ponsel kelas menengah.

Spesifikasi dan Fitur

Fitur itu adalah Nightscape yang membuat foto malam jadi lebih cerah (seperti Night Sight di Google Pixel). Selain itu, di dalam aplikasi kamera juga bisa kamu temukan beberapa fitur lain seperti Panorama, Expert (Manual), Time Lapse, dan Slo-Mo. Tentunya kamu juga bisa menemukan Portrait Mode, HDR, filter, dan beauty di sini. Lengkap kan?

aplikasi kamera realme 3

Spesifikasi kamera nya sendiri melingkupi kamera ganda 13MP (f/1.8, 1.12µm, PDAF) dan 2MP (depth sensor) dengan LED flash di belakang. Sedangkan di depan, ada kamera selfie 13MP (f/2.0, 1.12µm).

Mungkin kamu penasaran dengan lampu kilat di bagian depan. Ya, karena dengan dewdrop notch, tidak ada ruang untuk lampu kilat. Jawabannya, cahaya dari layar ponsel yang berubah putih akan menggantikannya. Secara mengejutkan, cahaya itu memadai untuk foto selfie.

Hasil Foto

Seperti biasanya, saya memotret hanya menggunakan mode otomatis. Walaupun ini review, cara inilah yang paling sering kita pakai. Jadi saya memang memakainya seperti yang biasa saya lakukan sehari-hari.

Fitur AI di aplikasi kamera bermain cukup cantik. Beberapa fitur seperti HDR atau pengenalan skema foto (makanan, pemandangan, dll) berjalan otomatis. Hasilnya, walau tidak terlalu istimewa, cukup memuaskan.

Secara Umum

Seperti aplikasi kamera jaman sekarang, aplikasi kamera realme 3 mendongkrak kecerahan gambar dengan cukup agresif. Pada kondisi tertentu (yang memang punya kontras tinggi), bagian yang memiliki banyak cahaya bisa tampil putih flat. Namun pada beberapa kasus, kamera berhasil menangkap tekstur cahaya. Terutama ketika fitur HDR bermain.

Fitur HDR itu sendiri juga cukup agresif. Hal ini tidak terlalu terlihat di layar ponsel. Tapi ketika kamu melakukan zoom-in atau melihat di layar komputer, pengolahan gambar itu bisa nampak.

outdoor siang
Foto outdoor
indoor siang portrait
Foto indoor siang

Begitupun dengan foto low-light. Dari segi pencahayaan, hasil kamera standar untuk low-light cukup lumayan. Yah, kalau kamu perbesar, kamu bisa melihat noise dan artefak JPEG, bahkan blur ketika ada gerakan. Sebenarnya wajar. Nah, di sinilah fitur Nightscape menjadi menarik.

Nightscape

Saat kamu memotret dengan mode ini, aplikasi kamera akan mengambil gambar selama 3 detik. Dugaan saya, fitur ini melakukan bracketing dengan rentang yang lebar, lalu menggabungkan informasi cahaya menjadi satu. Seperti HDR, tapi plus plus.

Hasilnya, kecerahan gambar akan meningkat secara umum. Terutama di bagian gelap atau bayangan. Sehingga secara keseluruhan foto lebih terlihat.

foto outdoor malam realme 3
foto outdoor malam
foto outdoor malam nightscape realme 3
Foto outdoor malam dengan Nightscape

Memang, Nightscape di realme 3 belum sedahsyat Night Sight di Google Pixel 3. Kamu masih akan melihat noise atau artefak JPEG. Tapi kalau kamu melakukannya dengan benar — tangan tidak goyang dan tidak ada obyek bergerak — hasilnya cukup luar biasa.

Ada satu hal lagi yang menarik soal Nightscape. Fitur ini tidak saja meningkatkan kecerahan gambar. Tapi juga menyeimbangkan foto yang punya kontras tinggi. Beberapa obyek yang overexposed bisa tampil dengan lebih jelas dengan cahaya lebih natural.

foto malam realme 3 tanpa nightscape
Tanpa Nightscape
nightscape menyeimbangkan cahaya
Dengan Nightscape

Bokeh & Selfie

Untuk foto dengan efek bokeh, walau cukup bagus, hasilnya tidak istimewa. Agak terlalu agresif membuat efek blur, tapi masih agak kurang peka mengenali hal-hal kecil di bagian pinggir obyek (misalnya rambut di kepala).

Efek beauty yang ada — kalau kamu aktifkan — agak kuat, sampai gambar di wajah juga jadi halus (kurang tegas). Di sisi lain, fitur pengenalan wajah AI terhitung bagus menampilkan bagian wajah. Ekspresi terlihat jelas.

foto selfie portrait
Foto selfie Portrait Mode

Fitur

Dari paparan di atas, kamu sudah bisa melihat kalau ponsel realme 3 punya beberapa fitur menarik. Misalnya fitur kamera Nightscape ayau Real HD Sound. Namun di samping itu, Color OS 6 juga membawa beberapa fitur menarik lain.

Dari sisi tampilan penggunaan, karena ponsel ini sudah bekerja di Android 9 Pie, kita bisa memilih gestur navigasi. Sedangkan dari sisi kinerja, Color OS 6 memberi beberapa aplikasi untuk memantau dan mengontrol performa ponsel. Misalnya Phone Manager dan Game Space. Yang menarik di sisi ini adalah kita bisa mengaturnya sesuai kebutuhan.

Selain itu, realme 3 juga mendukung beberapa sistem keamanan. Seperti enkripsi aplikasi dan otentikasi biometrik. Nah, otentikasi biometrik ini mendukung tidak hanya sidik jari, tapi juga pengenalan wajah. Hm, mungkin sistem pengenalan wajahnya belum secanggih FaceID dari iPhone. Tapi cukup lumayan untuk menambah sisi keamanan.

Apalagi fitur menarik lainnya? Oh, Color OS 6 menawarkan beberapa cara akses cepat ke aplikasi atau fitur yang ada. Antara lain melalui Smart Sidebar atau Smart Assistant. Saya jarang menggunakan Smart Sidebar di posisi tegak. Tapi untuk posisi ponsel horizontal, fitur ini cukup membantu.

Performa

Dengan prosesor MediaTek Helio P60 dan RAM 4GB, kita bisa berharap kalau kinerja realme 3 lebih dari cukup. Yah, pada kenyataannya memang begitu.

Untuk kegiatan sehari-hari, semua aplikasi berjalan lancar. Baik ngobrol (saya sering pakai WhatsApp dan Microsoft Teams), menelusuri internet dan media sosial (saya pakai Facebook, FB Page Manager, Instagram, Twitter, YouTube, Letterboxd, dll), dan kegiatan lain. Termasuk main game, dan berpindah antar aplikasi. Oh, saya juga memakainya menjadi hotspot untuk bekerja di laptop (setiap hari, lebih dari 5 jam non stop).

Lalu sekedar gambaran, ketika saya mencoba main PUBG Mobile, setelan grafis yang muncul adalah medium. Terus terang saya jarang main game ini. Tapi sejauh yang saya coba sih lancar-lancar saja.

Bagaimana dengan baterainya? Hm, baterai realme 3 berkapasitas 4230 mAh. Berdasarkan penggunaan saya, dari kapasitas 100% sampai 20% bisa bertahan selama ±18 jam. Pengisian daya juga relatif cepat, karena dukungan fast charging 10W.

Secara keseluruhan, performa realme 3 memenuhi harapan saya. Kalaupun ada keluhan, hal itu hanyalah masalah minor yang kondisional. Bukan sesuatu yang vital dan fatal. Misalnya, seperti sensor cahaya untuk layar yang kadang kurang responsif (ketika Screen Battery Optimization aktif, memang cukup agresif).

Kesimpulan

Ponsel realme 3 adalah ponsel yang sangat fungsional. Tidak ada kekurangan yang berarti. Bagaimana dengan kelebihannya? Ada. Namun juga tidak terlalu istimewa. Semua berfungsi seperti yang diharapkan. It just works.

Kelebihan utama dari ponsel realme ini adalah harganya yang pas untuk kelas menengah. Kamu bisa saja melihat ponsel lain yang setara atau mungkin punya kelebihan lain. Namun kamu juga akan menemukan kalau harga realme 3 sangat bersaing dengan fitur yang ditawarkannya.

Mungkin satu-satunya yang menjadi pesaing ponsel ini adalah Redmi Note 7. Walau begitu, realme 3 terbukti mampu menjadi salah satu pilihan terbaik untuk ponsel kelas menengah.

Varian dan Harga realme 3
  • 3GB + 32GB — Rp 1.999.000
  • 3GB + 64GB — Rp 2.099.000
  • 4GB + 64GB — Rp 2.399.000

Tersedia dalam pilihan warna Dynamic Black dan Radiant Blue.

4
Ringkasan
realme 3 adalah salah satu pilihan terbaik ponsel kelas menengah saat ini. realme 3 memiliki keseimbangan fitur dan harga yang menarik.
Pros
Desain cantik
Fitur Nightscape, Slo-Mo, dll di kamera
Harga yang "value"
Cons
Layar "hanya" HD
Beli di mana?

More Stories
5 Barang yang Fungsinya Telah Tergantikan dengan Smartphone