Apa Saja Yang Bisa Dilakukan Oleh Kamera Handphone Kita?

mode profesional kamera moto g5s plus
Mode profesional aplikasi kamera Moto G5s Plus

Fungsi kamera handphone yang kita pakai sehari-hari mungkin hanya buat memotret (makanan? selfie?) atau merekam video. Betul tidak? Kalau kamu pikir lebih jauh, cara menggunakan kamera handphone ada banyak.

Ya, memang fungsi utamanya tetap bersandar pada pengambilan gambar. Tapi dengan aplikasi yang tepat, banyak hal praktis bisa kamu lakukan. Entah yang bersifat alih media, mengolah informasi, dll.

Scan Dokumen

Dengan kamera handphone, kamu bisa mengubah dokumen menjadi format digital. Entah itu kartu nama, surat, cetak foto lama, atau berbagai dokumen lain. Versi digital dokumen itu lalu bisa kamu simpan di penyimpanan cloud.

Apa beda scan dokumen dengan memotret biasa? Aplikasi scan biasanya akan melakukan koreksi optik. Posisi kertas yang miring bisa menjadi lurus. Dengan demikian gambar dokumen lebih layak dibaca.

Beberapa aplikasi cloud sudah memiliki fungsi ini. Misalnya Google Drive, Microsoft OneDrive, dan Dropbox. Selain itu ada juga aplikasi khusus untuk scan dokumen. Seperti Office Lens atau CamSanner.

scan dokumen dengan office lens
Scan dokumen dengan aplikasi Office Lens

Akses Website atau Informasi Online

Fungsi kamera handphone ini juga berhubungan dengan proses scan. Tapi yang kita pindai QR Code atau barcode. Dengan memindai kedua hal itu, kita bisa langsung mengakses website atau informasi online tanpa perlu mengetik di handphone.

Ada handphone yang sudah memasang fungsi tersebut di aplikasi kamera bawaan. Namun, kalau aplikasi kamera handphone-mu belum memilikinya, kamu bisa mencari aplikasi QR code atau barcode scanner baik di Play Store maupun di App Store. Kalau kamu memakai WhatsApp Web, kamu pasti pernah memindai QR code.

Selain itu, kamu juga bisa mencari informasi dari foto dengan menggunakan Google Lens.

scan barcode dengan kamera handphone
Kamera Moto G5s Plus punya fungsi QR code dan barcode scanner

[irp posts=”39550″ name=”Scan QR Code dari Layar Handphone dengan QR Reader”]

Menambah Obyek Augmented Reality

Yah, fungsi yang satu ini sangat populer. Terutama karena selfie dan game. Kalau kamu pernah memasang filter foto atau video di Instagram Stories atau Snapchat dan bermain Pokemon Go, kamu sudah menggunakan fitur augmented reality.

Apa cuma itu saja? Hm, ada banyak aplikasi augmented reality yang menarik. Kalau kamu suka tato, kamu bisa coba Inkhunter. Kalau kamu ingin belajar soal konstelasi bintang, kamu bisa coba Star Walk atau SkyView. Kalau kamu ingin mencoba riasan di wajah, bisa coba Sephora.

mencoba desain tato dengan kamera handphone
Coba desain tato dengan aplikasi Inkhunter

Menerjemahkan Bahasa Asing

Dengan aplikasi tertentu β€” Misalnya Google Translate atau Microsoft Translator β€” kamu bisa memotret kalimat dalam bahasa asing dan mendapat terjemahannya. Bahkan di Google Translate, terjemahan bisa berjalan langsung melalui pemindaian langsung dan teknologi augmented reality.

Sejauh ini hasil terjemahan untuk kalimat panjang masih jauh dari sempurna. Tapi kalau kamu pergi ke luar negeri dan ingin tahu arti petunjuk jalan, fungsi ini bisa sangat berguna.

Terjemahan dari kamera Google Translate
Terjemahan dari fitur kamera Google Translate

[irp posts=”43096″ name=”Ketika Augmented Reality Membuat Lukisan Jadi Hidup””]

Bisa kamu lihat, fungsi kamera handphone bukan sekedar memotret atau membuat video saja. Banyak fungsi praktis yang bisa membantu kita di kegiatan sehari-hari.

Memang banyak fungsi yang belum sempurna (misalnya terjemahan) atau belum dimanfaatkan lebih lanjut (misalnya cek produk online dengan QR code). Toh, semakin maju teknologi, fungsi kamera handphone ini juga akan semakin optimal.