Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Apa Itu ChatGPT OpenAI yang Viral Akhir-Akhir Ini? Bisa Jawab Semua Pertanyaan!

apa itu chatgpt openai
Sumber: Economic Times
Indri Penulis

Apa itu ChatGPT OpenAI yang viral akhir-akhir ini? Untuk menjawab rasa penasaranmu, kali ini saya akan mengupasnya secara tuntas!

Akhir-akhir jagat maya sedang dihebohkan dengan ChatGPT OpenAI. Dengar-dengar, ChatGPT ini bakal bisa menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh pengguna lho.

Banyak yang nggak percaya soal kemamuan ChatGPT. Tapi nggak sedikit juga pengguna yang percaya dan optimis jika ChatGPT OpenAI bakal menggantikan Google suatu saat nanti.

Nah pertanyaannya, kira-kira apa itu ChatGPT OpenAI yang viral baru-baru ini? Biar nggak penasaran, yuk langsung aja simak ulasan terlengkap dari saya berikut ini.

Apa Itu ChatGPT OpenAI?

ChatGPT adalah chatbot besutan OpenAI. Sederhananya, ia adalah tempat pengguna bisa mengajukan berbagai pertanyaan. Platform tersebut memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) untuk memberikan balasan/jawaban.

apa itu chatgpt openai
Sumber: Marketing AI Institute

ChatGPT OpenAI sendiri bisa menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan pengguna. Bahkan jawaban yang diberikan juga terkesan natural, seperti tutor pribadi yang handal dalam semua mata pelajaran. Maka dari itu, nggak heran kalau ChatGPT sering dibanding-bandingkan dengan Google.

Apa Saja Fitur ChatGPT OpenAI?

ChatGPT OpenAI saat ini mungkin masih dalam tahap beta. Tapi ChatGPT kini hadir dengan berbagai fitur menarik untuk memanjakan pengguna.

Berikut ini berbagai fitur atau kemampuan yang dimiliki oleh ChatGPT OpenAI:

  • Bisa menanggapi pertanyaan dan memberikan jawaban.
  • Memecahkan persamaan matematika.
  • Menulis teks, seperti artikel akademis dasar, teks sastra, naskah film, dll.
  • Memperbaiki debug yang terjadi pada kode pemrograman.
  • Menerjemahkan berbagai bahasa.
  • Meringkas teks dan mengidentifikasi kata kunci.
  • Membuat klasifikasi.
  • Membuat berbagai rekomendasi untuk pengguna.
  • Membuat penjelasan secara eksplisit tentang berbagai tindakan (contohnya menjelaskan apa yang bisa dilakukan oleh rangkaian script tertentu).

Bagaimana Cara Menggunakan ChatGPT OpenAI?

ChatGPT OpenAI merupakan chatbot yang tersedia secara gratis. Itu artinya, chatbot ini bisa diakses dan dinikmati oleh siapa saja.

Kalau kamu penasaran tentang bagaimana cara menggunakan ChatGPT OpenAI, kamu bisa coba praktikkan langkah-langkah berikut ini:

  • Buka situs ChatGPT OpenAI atau klik URL ini di kompoter / ponselmu.
  • Kalau kamu adalah anggota OpenAI, login ke akunmu terlebih dulu.
apa itu chatgpt openai
  • Klik tombol “Login” untuk masuk ke akun.
  • Atau klik tombol “Sign In” untuk membuat akun OpenAI tersebut dulu kalau belum memilikinya.

Selesai. Setelah itu akan muncul sebuah jendela obrolan saat kamu berhasil login ke akunmu. Nah di jendela tersebut, kamu bisa menggunakan ChatGPT. Tinggal ajukan saja pertanyaan di kolom teks, dan kamu akan langsung mendapatkan jawabannya.

Berbagai Pertanyaan Soal ChatGPT OpenAI

1. Gimana Cara Kerja ChatGPT OpenAI?

Chatbot ini dibuat dengan menggunakan model bahasa GPT-3.5. Buat yang belum tahu, jadi GPT-3.5 adalah model bahasa yang memang dirancang khusus untuk menghasilkan teks.

ChatGPT dioptimalkan untuk dialog menggunakan Reinforcement Learning with Human Feedback (RLHF). RLHF adalah sebuah metode yang menggunakan demonstrasi manusia untuk memandu model menuju perilaku yang diinginkan.

2. Batasan Utama ChatGPT Apa Aja?

Setiap hal yang dibikin manusia pasti punya batasan, dan hal tersebut juga berlaku untuk ChatGPT. Chatbot yang satu ini mungkin menawarkan fitur-fitur yang dapat membantu persoalan manusia.

Tapi di sisi lain, ChatGPT juga masih punya beberapa batasan yang perlu kamu tahu. Pertama, ChatGPT kadang-kadang bakal menampilkan jawaban yang tidak akurat.

Bahkan OpenAI sendiri mengakui kalau ChatGPT besutannya masih memiliki pengetahuan yang terbatas. Apalagi soal berbagai peristiwa global yang terjadi sebelum tahun 2021.

3. Apakah ChatGPT Mendukung Riwayat Percakapan?

Untuk saat ini, ChatGPT OpenAI memang belum mendukung fitur riwayat chat. Jadi semua percakapan yang dilakukan pengguna dengan ChatGPT bakal hilang. Tapi menurut situs resmi OpenAI, mereka tengah mengembangkan fitur riwayat obrolan.

4. Apakah Pengguna Bisa Menghapus Data Mereka dari ChatGPT?

Yap, pengguna bisa menghapus data pribadi mereka saat menggunakan ChatGPT. Untuk menghapus data di ChatGPT, pengguna cukup klik URL ini. Lalu ikuti saja petunjuk yang disajikan pada website.

Jawaban dari pertanyaan ini sebenarnya sangat gampang, yakni tidak. Kenapa? Soalnya ChatGPT hanyalah chatbot. Cara kerjanya mirip dengan Simsimi yang bisa menanggapi pertanyaan pengguna. Yah walaupun jawabannya sering ngawur (kamu pernah main Simsimi nggak?).

Berbeda dengan Google Search. Google Search adalah mesin pencari. Cara kerjanya tentu jauh lebih luas. Sebab Google Search bakal mengumpulkan hasil pencarian dari berbagai website yang relevan dengan keyword tertentu.

What’s Next?

Yap, untuk sementara itu dulu informasi soal apa itu ChatGPT OpenAI yang viral akhir-akhir ini. ChatGPT mungkin bisa menjawab berbagai pertanyaan.

Tapi untuk saat ini, kemampuannya masih kalah jauh dengan Google Search. Jadi kalau mau cari informasi yang jauh lebih lengkap dan kredibel, mungkin saya sarankan agar kamu pakai Google Search aja.


Kalau kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]