Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Google akan Hapus Halaman Google Search, Pengguna Bisa Scroll Hasil Pencarian Seperti TikTok

google akan hapus halaman google search
Sumber: TechSpot
Indri Penulis

Google rencananya akan hapus Halaman Google Search. Hasilnya, pengguna bakal bisa scroll daftar situs ke bawah terus seperti di aplikasi TikTok.

Sebagai pengguna Google Search, kita mungkin nggak asing dengan istilah Halaman / Page ya. Yap, jadi setiap kali kita mengetikkan kata kunci tertentu di Google Search, Google Search bakal menampilkan hasil pencarian dalam beberapa Halaman / Page.

Nah setiap halaman, biasanya bakal memuat 10 website. Jadi pengguna bisa klik halaman 1, 2, 3 atau seterusnya sampai menemukan website / situs yang ingin dikunjungi.

Tapi sepertinya sebentar lagi Google akan hapus Halaman Google Search. Sebagai gantinya, Google akan menerapkan sistem scroll seperti di TikTok.

Google akan Hapus Halaman Google Search

Sebenarnya Google sudah mengumumkan rencana untuk menghapus Halaman Google Search sejak Oktober 2021. Perubahan tersebut baru akan dihadirkan untuk aplikasi mobile.

Kini Google sudah mulai menerapkan rencananya itu. Namun untuk sementara ini, perubahan tersebut baru diluncurkan ke pengguna di Amerika. Itu pun baru diluncurkan untuk pencarian bahasa Inggris saja.

Saat ini perubahan tersebut memang hanya berlaku untuk pencarian berbahasa Inggris. Tapi Google mengatakan kalau mereka akan memperluas perubahan untuk pilihan bahasa yang lain.

Selain itu, Google nggak sepenuhnya menerapkan sistem scroll. Sebagai gantinya, Google akan memuat enam Halaman hasil pencarian ke dalam single scroll. Nanti di ujung single scroll, Google bakal menambahkan tombol “See more” untuk melihat lebih banyak hasil pencarian.

Baca Juga:  Resmi Rilis, Fitur Google Chrome Passkey Bisa Bikin Kamu Login Tanpa Password!

By the way, perubahan yang dihadirkan Google ini bukan sesuatu yang baru. Soalnya seperti yang kita tahu, mayoritas media sosial sudah menerapkan konsep scrolling seperti itu.

Yah kita ambil contoh saja TikTok dan Instagram Reels. Saat membuka video TikTok dan Instagram Reels, kita hanya perlu scroll ke bawah secara terus menerus untuk melihat konten yang lain.

Idealnya, konsep scrolling akan membuat pencarian lebih cepat. Selain itu konsep ‘website harus ada di halaman pertama hasil pencarian’ Google Search juga nggak penting lagi.

Google juga mengatakan kalau orang-orang biasanya akan menjelajah sampai empat halaman pencarian. Tapi sayangnya, akhir-akhir ini tombol Halaman di Google Search mengalami penurunan drastis. Mungkin itu juga yang bikin Google berencana hapus Halaman Google Search.

Walaupun konsep Halaman akan dihapus, tapi bukan berarti persaingan di website di Google Search melemah. Justru pertarungan untuk menjadi situs pertama yang tampil di urutan teratas Google Search akan makin intens dari sebelumnya.

Sebab ke depannya patokan pengguna tidak lagi pada Halaman Google Search. Melainkan langsung ke daftar website teratas yang muncul di hasil pencarian Google Search.


Kalau kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]