Aplikasi Alternatif Clubhouse yang Layak Kamu Coba daripada Bengong

Kamu penasaran dengan aplikasi Clubhouse? Masih dalam daftar tunggu undangan aplikasi tersebut atau tidak pakai iPhone? Hm, kali ini kami mencoba memberi beberapa alternatif aplikasi yang memiliki fungsi sejenis.

Clubhouse adalah sebuah media sosial baru berbasis audio. Singkat kata, aplikasi ini menyediakan layanan voice chat alias obrolan suara. Di Clubhouse kamu bisa membuat ruang obrolan sendiri atau bergabung (drop in) ke ruang obrolan yang sudah ada.

Ruang-ruang obrolan audio itu hadir dengan topik masing-masing. Beberapa tokoh terkenal seperti Elon Musk, Mark Zuckerberg, sampai Vanilla Ice pernah bergabung ngobrol di ruang Clubhouse. Bahkan Facebook disebut akan membuat aplikasi sejenis karena Mark suka dengan konsep aplikasi itu.

Nah, aplikasi apa saja yang bisa menjadi alternatif Clubhouse? Yuk kita lihat.

Discord

Pada dasarnya Discord adalah aplikasi chatting dengan sistem seperti Slack atau Microsoft Teams. Ada banyak server dengan berbagai tema untuk bergabung. Di dalam server itu terdapat kanal-kanal obrolan yang lebih spesifik. Lho, lalu apa miripnya? Tunggu dulu.

Salah satu hal yang membuat Discord terkenal adalah fitur voice chat di dalamnya. Hal ini pula yang membuatnya populer di komunitas game (termasuk yang resmi). Karena bisa dipakai ngobrol langsung ketika main bareng dalam satu tim.

Twitter Space

Fitur Space dari Twitter mungkin merupakan salah satu yang paling cocok sebagai alternatif Clubhouse. Bagaimanapun Twitter mengembangkan fitur ini juga untuk ruang obrolan yang berbasis suara (makanya namanya Space).

Sayangnya, sama juga seperti Clubhouse, Twitter Space masih terbatas. Fitur ini masih dalam tahap percobaan di sebagian pengguna Twitter. Untuk saat ini, Space hadir bersanding dengan Fleet di bagian atas lini masa Twitter. Silakan cek akun @TwitterSpaces di Twitter.

Soapbox

Soapbox adalah aplikasi voice chat berbasis ruang atau grup berdasar topik. Jadi fiturnya memang sejenis dan jelas bisa jadi alternatif paling sesuai untuk Clubhouse.

Tapi sayangnya aplikasi ini baru tersedia untuk iPhone. Jadi pengguna Android pun belum bisa mencicipinya. Namun, kalau kamu memakai iPhone, aplikasi ini sudah bisa kamu temui di App Store.

Cappuccino

Cappucinno juga semacam ruang obrolan audio. Namun aplikasi ini memanfaatkan pesan suara daripada obrolan langsung. Jadi intinya kamu bertukap pesan suara dengan teman satu grup. Yah, mungkin memang “tidak seseru” obrolan langsung, tapi bisa jadi alternatif tersendiri.

Aplikasi Cappuccino sudah tersedia untuk Android dan iPhone. Silakan unduh lewat tautan di bawah ini.

Telegram

Kalau kamu ingin sekedar ngobrol secara langsung dengan teman-teman, kamu bisa memanfaatkan fitur voice chat di Telegram. Sedikit berbeda dengan panggilan suara (voice call), fitur ini juga memakai sistem drop-in. Jadi kamu bisa sewaktu-waktu bergabung kalau voice chat di grup sedang aktif.

Sayangnya, fitur ini baru tersedia untuk grup. Belum ada untuk kanal. Jadi obrolan yang tersedia ya terbatas pada grup yang ada di aplikasi Telegram milikmu. Tidak bisa sewaktu-waktu bergabung ke obrolan publik. Ya kecuali kamu ditambahkan ke grup bersangkutan. Tapi lumayanlah buat alternatif Clubhouse.

%d blogger menyukai ini: