Aplikasi Alternatif VLC Terbaik untuk Windows 10 dan macOS

Bicara soal aplikasi media player, mungkin VLC merupakan nama yang paling populer hampir di setiap platform. Lalu, apa kira-kira aplikasi yang bisa jadi alternatif pengganti VLC di Windows, macOS, Android, dan iPhone?

Kenapa VLC bisa sangat populer? Alasannya sederhana. VLC adalah aplikasi yang gratis, bisa memutar video dan audio dengan berbagai codec tanpa harus mengunduh berkas tambahan, mendukung teks terjemahan (untuk video), mendukung streaming, dll.

Jadi tidak heran. Walau di tiap platform biasanya sudah ada aplikasi media player bawaan atau utama, pengguna tetap memakai VLC sebagai salah satu aplikasi wajib.

Aplikasi Alternatif VLC

Lalu kenapa mencari aplikasi alternatifnya? Yah, alasannya beragam. Bisa jadi ada kendala teknis yang terjadi (dan kamu keburu ingin nonton sebelum membenahinya), atau sekedar tidak suka dengan tampilan VLC (tidak ada dark mode dan kamu malas utak-utik skin).

Nah, berikut ini pilihan aplikasi alternatif terbaik VLC di masing-masing platform.

Untuk Windows 10: PotPlayer

Secara bawaan Windows 10 memiliki aplikasi Film & TV untuk memutar media, terutama untuk video. Tapi sayangnya codec yang ada belumlah lengkap. Misalnya, kamu tidak bisa memutar video dengan format High Efficiency Video Coding (HEVC) alias H.265 tanpa menambah codec tersebut.

Nah, aplikasi yang bisa menggantikan VLC di Window 10 dengan baik adalah PotPlayer. Media player ini merupakan produk dari Kakao dan memiliki fitur yang lengkap.

PotPlayer hadir untuk Windows XP, Vista, 7, 8, 8.1, dan 10, juga memiliki versi 32bit dan 64bit. Media player ini mendukung akselerasi perangkat keras melalui DXVA, CUDA, QuickSync; punya mode 360 dan 3D, mendukung berbagai format subtitle, dan banyak fitur lainnya.

Dengan fitur di atas, PotPlayer mampu bersaing dengan media player lain seperti GOM Player, KMPlayer, dan juga VLC. Kalau berminat, kamu bisa mengunduhnya secara gratis melalui situs resmi.

Untuk macOS: IINA

Secara bawaan, macOS menghadirkan QuickTime Player sebagai media player. Selain itu juga ada iTunes yang bisa kamu pakai. Tapi sebagai aplikasi berbasis ekosistem, tetap ada beberapa batasan tersendiri.

Aplikasi media player yang bisa jadi alternatif QuickTime, iTunes, dan VLC di macOS adalah IINA. Media Player ini merupakan aplikasi open source yang memiliki tampilan keren dan fitur yang relatif lengkap.

iina media player macos

Sama seperti PotPlayer yang hanya hadir di Windows, IINA juga hanya hadir di macOS. Media player ini mendukung fitur seperti Force Touch, Touch Bar, dan Picture-in-Picture. Kamu bisa memutar media lokal, online (streaming) termasuk playlist YouTube. IINA juga mendukung berbagai subtitle.

Penampilan IINA yang keren dan kemudahan pemakaiannya menjadikan aplikasi ini layak sebagai media player utama. Aplikasi ini mampu bersaing dengan media player macOS lain seperti Elmedia dan 5KPlayer. Kalau berminat, silakan unduh dari situs resmimya.

%d blogger menyukai ini: