5 Aplikasi Wajib Install Pertama Kali di Windows dan Mac

Apa yang kamu lakukan ketika memiliki laptop baru? Yah, mungkin menelusuri fitur dan aplikasi yang ada di dalamnya. Nah, di sini kami memberi sedikit rekomendasi untuk aplikasi apa saja yang layak kamu install pertama kali ketika memiliki laptop baru.

Kenapa layak dipasang pertama kali? Yah, karena bisa membantu proses selanjutnya. Dengan kata lain bisa mempermudah kamu beraktivitas dan mengelola laptop sebelum aplikasi “berat” masuk.

Lalu, aplikasi apa saja yang layak di-install pertama kali di laptop Windows atau Mac?

1. Browser: Google Chrome

Google Chrome

Browser adalah salah satu aplikasi yang paling banyak kamu pakai di komputer. Dengan browser kamu juga bisa memasang aplikasi-aplikasi lain selanjutnya.

Google Chrome saat ini sudah menjadi standar browser. Akan sangat membantu kalau kamu menggunakan banyak layanan Google. Selain itu fitur terjemahan (integrasi Google Translate) juga sangat membantu. Apalagi browser ini memiliki dukungan ekstensi yang banyak.

Alternatif: Mozilla Firefox

Browser Firefox saat ini juga termasuk salah satu browser terbaik. Selain cepat, browser ini juga memiliki fitur keamanan dan bisa membuka beberapa situs diblokir (dengan mengganti DNS). Terus terang, saya memakai Firefox.


2. Password Manager: LastPass

aplikasi password manager lastpass
LastPass

Aplikasi password manager akan mempermudah kamu menyimpan semua kata kunci di berbagai akun. Selain itu, aplikasi ini juga akan membantu mengisi password tersebut. Sehingga aplikasi ini juga layak di-install pertama kali saat memiliki komputer baru.

LastPass merupakan salah satu aplikasi password manager terbaik. Aplikasi ini memiliki dukungan di berbagai perangkat. Aplikasi ini mudah dipakai baik dari sisi tampilan maupun fungsi. Selain itu, LastPass juga menawarkan versi gratis dan premium.

Alternatif: Myki

Myki mungkin tidak sepopuler LastPass, Dashlane, atau 1Password. Tapi aplikasi ini berfungsi baik antara komputer dan smartphone. Selain itu, versi gratisnya pun sangat memenuhi kebutuhan.


3. Aplikasi Keamanan: Malwarebytes

Windows 10 sudah punya program anti virus Windows Defender yang sudah sangat baik melakukan tugasnya. Tapi kalau kamu mau menambah keamanan, aplikasi Malwarebytes bisa jadi pilihan yang bagus.

Malwarebytes sering dianggap sebagai salah satu program anti malware yang terbaik. Versi gratis Malwarebytes pun mampu memindai semua berkas di sistem dari ancaman yang mungkin terlewat. Aplikasi ini tidak terlalu membebani performa komputer dan memiliki tampilan yang mudah dipakai.

Alternatif: Bitdefender

Kalau kamu mau memasang aplikasi antivirus yang lebih powerful, Bitdefender bisa jadi pilihan. Bitdefender merupakan salah satu aplikasi anti virus terbaik. Memiliki fitur dan perlindungan banyak, juga punya tampilan sederhana. Sayangnya tidak ada versi gratis untuk Mac.


5. Aplikasi Media Player: VLC

Aplikasi media player berguna untuk memutar berbagai jenis berkas video atau audio. Salah satu pilihan terbaik yang ada adalah VLC. Salah satu alasan kenapa VLC sangat populer adalah dukungannya terhadap berbagai format video dan audio. Selain itu, dukungan terhadap subtitle (terjemahan) dan sinkronisasinya juga jempolan.

Alternatif: Windows – Aplikasi Bawaan, Mac – IINA

Sejujurnya, aplikasi media player bawaan WIndows 10 saat ini pun sudah cukup baik. Bisa memutar berbagai format media dan bersahabat dengan baterai laptop. Sedangkan di Mac, IINA merupakan alternatif yang populer dan memiliki fungsi yang mendekati VLC (tampilannya lebih keren).


6. Aplikasi Edit Foto: Polarr

Aplikasi edit foto mungkin terlihat kurang penting. Tapi seringkali muncul kebutuhan untuk melakukan edit ringan. Misalnya crop, memperbaiki warna, dll. Untuk hal ini aplikasi Polarr layak jadi pilihan.

Ya, Polarr tidaklah selengkap Photoshop. Tapi aplikasi ini punya kemampuan yang lebih dari cukup untuk edit foto. Polarr juga punya tampilan yang bagus dan mudah dipakai.

%d blogger menyukai ini: