IINA: Aplikasi untuk Nonton Film di Mac (Alternatif VLC)

video player alternatif vlc untuk mac

Kalau kamu pengguna Mac, aplikasi apa yang sering kamu gunakan untuk nonton film? Jawabannya mungkin VLC. Nah, berikut ini ada aplikasi video player yang bisa jadi alternatif VLC di Mac. Namanya IINA.

Namanya mungkin terdengar aneh ya? Kurang keren. Tapi kalau kamu sudah melihat dan mencobanya, kamu akan tahu. Sebagai aplikasi untuk nonton film, IINA bisa diandalkan.

BACA JUGA
Kenapa Bear Menjadi Salah Satu Aplikasi Catatan Terbaik

IINA merupakan sebuah proyek open source media player Mac. Aplikasi ini dibuat berdasar aplikasi MPV dan dirilis pertama kali pada bulan Januari 2017. Sampai sekarang, IINA masih dikembangkan secara aktif. Baik dari segi perbaikan maupun penambahan fitur.

Bicara soal fitur — dan aplikasi media player secara umum — VLC merupakan nama yang diperhitungkan. Fiturnya banyak, termasuk dukungan berbagai codec dan subtitle. Sebagai pemain baru, IINA juga tidak kalah dan berhasil menunjukkan diri sebagai alternatif VLC yang sepadan.

Banyak fitur untuk nonton film di Mac

Seperti juga VLC, IINA memiliki fitur yang banyak. Ya mungkin untuk nonton film, tidak semua fitur kamu gunakan. Paling tidak kamu bisa mengatur player sesuai kebiasaanmu.

aplikasi untuk nonton film mac IINA

Fitur IINA
  • Didesain khusus untuk sistem macOS modern (10.10+)
  • Tampilan yang bagus dan mudah digunakan
  • Pengaturan video: Aspect ratio, crop, rotasi, kecepatan, terang gelap dan warna, dll
  • Pengaturan audio: Audio eksternal, audio delay (kecepatan), equalizer, dll
  • Pengaturan subtitle: Subtitle utama dan sekunder, pencarian online, kecepatan, pengaturan font, dll.
  • Mendukung playlist dan chapter
  • Memutar video online (streaming), misalnya YouTube.
  • Riwayat pemutaran
  • Pilihan tema aplikasi
  • Pengaturan kontrol player
  • Pengaturan shortcut
  • Screenshot (termasuk subtitle atau tidak)
  • Mendukung berbagai codec

Banyak kan? Itu belum saya sebut semuanya. Masih banyak pengaturan yang lebih detil lainnya.

BACA JUGA
Menggunakan Gambar dari Aplikasi Photos Mac ke Program Lain

Tampilan video player yang keren

Kalau kamu menggunakan VLC untuk Mac, kamu tahu kalau tampilan aplikasinya boleh dibilang agak kuno. Dari segi tampilan inilah IINA memiliki keunggulan. Bahkan — untuk saya — hal ini menjadi faktor penentu yang membuat IINA jadi pengganti VLC.

pengaturan subtitle film IINA

Yang paling saya suka adalah tampilannya yang bersih. Kalau kita tidak menggerakkan kursor di atas player, yang hadir di layar adalah tampilan film itu sendiri. Tidak ada gangguan lain. Baru ketika kita menggerakkan kursor, muncul header dan kontrol player.

Berbeda dengan VLC, kontrol player IINA mirip dengan QuickTime. Jadi lebih berasa asli Mac. Selain itu, kontrol video, audio, dan subtitle muncul di tempat yang mudah dijangkau. Tampilannya pun keren, dengan efek overlay transparan. Lagi-lagi khas Mac.

Dari segi penampilan, menurut saya aplikasi ini sangat memuaskan.

BACA JUGA
5 Tips untuk Mengatur Jendela Aplikasi di Mac

Pengalaman menggunakan IINA

Sekedar bahan perbandingan, laptop yang saya gunakan adalah Macbook Pro 15″ mid-2012 dengan OS X El Capitan 10.11.

nonton video youtube dengan media player IINA

Secara umum, IINA bisa digambarkan seperti QuickTime dengan fitur VLC. Sebuah persilangan yang bagus kalau menurut saya. Sejauh ini pun saya belum menemukan masalah saat menggunakan IINA sebagai aplikasi untuk menonton film di Mac.

Saya menemukan masalah ketika mencari pilihan untuk mengatur folder screenshot. Saat membuka folder tersebut dari pengaturan, video player terhenti dan harus dipaksa menutup. Yah, masalah kecil.

Sampai saat ini kesimpulannya adalah IINA layak jadi salah satu pilihan. Kalau tidak ingin menggunakan iTunes, QuickTime, atau VLC, IINA bisa jadi alternatif. Apalagi aplikasi ini bisa diunduh dan digunakan secara gratis. Namanya juga aplikasi open source.

Kalau kamu berminat mencobanya, silakan download dari tautan di bawah ini. Akan lebih baik jika kamu juga memberi masukan fitur dan kendala yang kamu hadapi ketika menggunakannya.

[junkie-button url=”https://lhc70000.github.io/iina/” style=”blue” size=”medium” type=”round” target=”_blank”] Download [/junkie-button]

IINA
  • Fitur
  • Desain
  • Penggunaan
4.8

Kesimpulan

IINA merupakan media player yang tidak hanya cantik, tapi juga punya fitur yang banyak.

Ada komentar?