Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

9 Rekomendasi Aplikasi Always On Display Terbaik untuk HP Android, Wajib Coba!

aplikasi always on display terbaik
Sumberr: XDA Developers
Indri Penulis

Kamu cari rekomendasi aplikasi Always On Display terbaik untuk HP Android? Kalau iya, kamu bisa coba salah satu aplikasi berikut ini.

Buat pengguna ponsel Android, kamu mungkin udah nggak asing dengan fitur Always On Display kan? Yap, fitur Always On Display atau yang lebih dikenal AOD pertama kali diperkenalkan oleh Samsung.

Di awal kemunculannya, Samsung memanfaatkan layar AMOLED di ponsel mereka untuk menciptakan fitur Always On Display. Fitur ini akan membuat perangkat terus menampilkan informasi tertentu bahkan saat layar dimatikan.

Awalnya fitur tersebut cuma terbatas di ponsel Samsung dengan layar AMOLED. Tapi sekarang fitur tersebut sudah tersedia di hampir semua perangkat kelas menengah hingga kelas atas.

Walau sebuah smartphone sudah mendukung fitur AOD, tapi kadang masih banyak pengguna yang menginginkan pengaturan lebih. Misalnya mengutak-atik fungsi tampilan biar lebih unik.

Kamu nggak perlu khawatir. Sekarang saya akan memberikan beberapa rekomendasi aplikasi Always On Display terbaik untuk Android. Kamu bisa pilih aplikasi sesuai kebutuhanmu.

    Rekomendasi Aplikasi Always On Display Terbaik Android

    a. Always On AMOLED

    Sesuai namanya, aplikasi ini bisa menambahkan fitur AOD ke smartphone-mu. Walau aplikasi ini dirancang untuk ponsel dengan layar AMOLED, tapi aplikasi ini bisa berjalan dengan baik di semua perangkat kok.

    aplikasi always on display terbaik
    Sumber: Techviral

    Jadi kamu bisa memakai aplikasi ini, bahkan kalau smartphone-mu nggak punya layar Always On. Dengan aplikasi ini kamu bisa melihat informasi seperti jam, tanggal, notifikasi, dll, tanpa menyentuh perangkatmu.

    b. AOA: Always on Display

    Kalau ponselmu punya layar AMOLED, kamu bisa pakai aplikasi AOA: Always on Display untuk menyesuaikan layar AOD-mu.

    aplikasi always on display terbaik
    Sumber: Techwiser

    Aplikasi ini bisa kamu pakai untuk menambah pencahayaan tepi, jam, tanggal, cuaca saat ini, kontrol musik, dan elemen lain di layar AOD-mu.

    Baca Juga:  Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card Supaya Penyimpanan HP Jadi Lega, 100% Aman!

    Aplikasi ini bisa kamu unduh secara gratis. Menariknya, aplikasi ini dirancang untuk menggunakan 0% CPU ponselmu, serta hanya memanfaatkan sumber daya sistem yang rendah.

    c. Always On: Edge Music Lightning

    Always On: Edge Music Lightning juga dikenal sebagai Muviz Edge. Muviz Edge berbeda dengan aplikasi AOD lainnya. Aplikasi ini bakal menampilkan visualisator musik, langsung di sekitar tepi layar sambil memutar musik.

    svg%3E
    Sumber: Techviral

    Aplikasi ini dirancang untuk pecinta musik, dan menyajikan banyak desain yang bisa dipilih. Semua desain yang dihadirkan tampak unik. Selain itu pemutar musiknya juga bisa menyinkronkan animasi dan musik yang ada.

    d. NotifyBuddy

    NotifyBuddy menggunakan teknologi AOD untuk menghadirkan lampu notifikasi LED ke smartphone mana pun. Kalau ponselmu punya layar AMOLED, kamu bisa pakai NotifyBuddy untuk mengaktifkan fitur LED notifikasi per aplikasi.

    aplikasi always on display terbaik
    Sumber: Newzoogle

    Setelah kamu mengonfigurasi aplikasi, ketika aplikasi mengirimkan notifikasi kepadamu, NotifyBuddy bakal menampilkan layar hitam. Ia juga akan menampilkan LED notifikasi kepadamu.

    e. Always On Edge

    Kalau kamu cari aplikasi terbaik untuk mengkustom AOD, cobain Always On Edge. Aplikasi ini menyajikan kustomisasi lengkap untuk Android, dan menyajikan banyak fitur.

    svg%3E
    Sumber: Always on Edge

    Dengan aplikasi AOD terbaik Android ini kamu bisa mengaktifkan lampu notifikasi LED. Kamu juga bisa menyesuaikan pencahayaan tepi, tampilan ambien, dll. Aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk menambah widget seperti ikon notifikasi, status baterai, dll.

    f. True AMPs

    Aplikasi ini menyajikan aplikasi AOD untuk layar yang sedang di-charge. Jadi efek ini nggak akan selalu muncul di layar. Secara default, animasi yang kamu pilih cuma bakal diputar setelah kamu menyambungkan charger ke ponsel.

    svg%3E
    Sumber: Techwiser

    Walaupun konsepnya unik, tapi aplikasi AOD terbaik ini juga punya kekurangan lho. Kadang animasi yang ditampilkan aplikasi ini terlalu besar, dan malah menutupi indikator daya. Selain itu, kamu mungkin bakal terganggu dengan iklan.

    g. Custom AOD

    Custom AOD memungkinkan kamu untuk membuat desain animasi sendiri. Kamu bisa mengatur gambar dan GIF sebagai layar AOD.

    svg%3E
    Sumber: Tichtrickz

    Selain itu kamu juga bisa menambahkan banyak gambar ke desain yang sama. Tapi perlu kamu tahu, aplikasi ini sangat buggy dan nggak terlalu menawarkan banyak opsi kustomisasi.

    h. Always on Display – AMOLED Wallpaper

    Always on Display – AMOLED Wallpaper sebenarnya nggak beda jauh dengan aplikasi-aplikasi AOD lainnya. Cuma di aplikasi ini kamu bisa mengatur waktu aktif layar AOD (yakni antara permanen, atau aktif di waktu-waktu tertentu aja).

    svg%3E
    Sumber: Newzoogle

    Untuk memberi keindahan pada perangkatmu, aplikasi ini juga bakal memberimu banyak opsi tampilan. Desain yang disajikan juka unik dan warna-warni. Cocok buat kamu yang suka tampilan colorfull deh pokoknya.

    i. AcDisplay

    AcDisplay adalah aplikasi baru yang bakal membantumu mengontrol informasi yang ada di smartphone. Ada beberapa opsi kustomisasi yang disajikan aplikasi ini.

    svg%3E
    Sumber: APKPure

    Tapi yang jelas, kamu bisa mengetahui waktu, tanggal dan bahkan tingkat baterai ponsel. AcDisplay adalah aplikasi yang cocok untuk menjaga agar tampilan AOD bisa berjalan teratur.

    What’s Next?

    Oke Urban People, itu dia beberapa rekomendasi aplikasi Always on Display terbaik untuk HP Android. Kamu bisa pilih aplikasi di atas sesuai dengan kebutuhanmu.

    Baca Juga:  3 Cara Setting DNS di Android, Lengkap Dengan Alamat Link Yang Benar

    Kalau kamu ingin aplikasi AOD terbaik Android dengan pengaturan simpel, mungkin Always On AMOLED bakal cocok untukmu. Tapi kalau kamu suka aplikasi AOD yang tampilannya colorful, kamu bisa cobain Always on Display – AMOLED Wallpaper.


    Kalau kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]