4 Aplikasi Android yang Wajib Dimiliki Para Pecinta Webtoon dan Manga

BTS-Webtoon-thumbnail

Dijaman yang serba canggih ini siapa yang tak tahu webtoon? Saat ini webtoon telah menjadi bacaan favorit bagi para pecinta komik.

Sebelum perkembangan teknologi maju sepesat ini, dulu  saat seseorang ingin membaca sebuah komik, ia harus terlebih dahulu membeli banyak buku untuk bisa menyelesaikan ceritanya.

Namun seiring dengan kemajuan zaman, akhirnya banyak sekali inovasi yang dilakukan. Hingga salah satunya adalah munculnya sebuah komik digital yang sering disebut sebagai webtoon.

Sampai detik ini, sudah semakin banyak perusahaan digital yang berlomba-lomba untuk membuat platform Webtoon.

Dan ini adalah 4 rekomendasi aplikasi Android yang wajib dimiliki para pecinta Webtoon dan manga.

Spottoon

Sumber Gambar : Jinjja Cha Podcast

Yang pertama adalah Spotton. Aplikasi ini diciptakan oleh RollingStory, yaitu sebuah perusahaan digital yang bermarkas di Seoul, Korea Selatan.

Setelah aplikasi ini resmi diluncurkan, Spotton menandatangi kesepakaan dengan produser Batman untuk mengadaptasi live-action dari beberapa webtoon yang ada didalam perpustakaan Spotton.

Aplikasi ini dapat kalian akses melalui sistem operasi Android maupun iOS. Nah, jika kalian ingin membaca webtoon di Spotton ini, kalian harus membuat akun terlebh dahulu.

Selain itu, tidak semua chapter juga bisa kalian baca secara gratis. Kalian tetap harus membayar untuk bisa membacanya.

DOWNLOAD

Crunchyroll Manga

Sumber Gambar : Crunchyroll Manga

Apakah kalian pernah mendengar tentang Crunchyroll? Nah, bagi kalian yang belum pernah mendengar nama tersebut, ini adalah sebuah perusahaan asal Amerika yang memiliki bidang usaha live streaming konten digial untuk wilayah Asia Tenggara.

Konten-konten yang mereka miliki adalah anime, manga, drama, hiburan digital, dan balapan mobil.

Crunchyroll Manga ini memiliki manga-manga berlisensi, sehingga kalian bisa membaca manga-manga tersebut dengan lebih tenang, tanpa khawatir dengan masalah hak cipta maupun lisensi penerbitnya.

Dan untuk bisa menikmati manga dan anime sekaligus, kalian harus berlangganan dengan aplikasi ini terlebih dahulu ya guys!

DOWNLOAD

LINE Webtoon

Sumber Gambar : Futureloka

Berikutnya adalah aplikasi yang paling banyak dimiliki oleh para pecinta webtoon di Indonesia, yaitu LINE Webtoon.

Berbeda dengan kedua aplikasi sebelumya, LINE Webtoon ini bisa dinikmati siapa saja secara gratis dan sepuasnya.

Aplikasi LINE Webtoon sendiri merupakan aplikasi besutan dari LINE yang mengkhususkan dirinya pada komik strip, manga, dan webtoon.

Di dalam aplikasi ini, kalian juga bisa menikmati komik buatan orang Indonesia yang biasanya di post pada platform LINE Webtoon.

Jika kalian ingin membaca komik di LINE Webton ini, kalian hanya perlu kuota internet dan cukup waktu untuk menjelajahi setiap judul webtoon yang ada di LINE Webtoon.

DOWNLOAD

Comica

Sumber Gambar : Mobileague Indonesia

Jika dibandingkan dengan aplikasi membaca komik asal Korea Selatan yang lainnya, Comica ini bisa dibilang masih baru.

Namum meskipun terbilang cukup baru, Comica mempunyai beberapa cerita yang menarik dan tampilan art style yang khas banget.

Aplikasi Comica ini sangat recommended banget bagi kalian yang suka membaca komik untuk menghabiskan waktu luang.

Salah satu kelemahan Comica ini adalah, kalian harus rela membayar untuk bisa menikmati keseluruhan cerita dari sebuah komiknya.

Tetapi jika kalian ingin membaca secara gratis, jangan khawatir. Kalian bisa membaca cerita di Comica ini setelah menunggu beberapa hari.

Ya lebih gampangnya, jika kalian ingin membaca komik lebih cepat dari jadwal komik tersebut terbit, kalian harus rela mengeluarkan uang untuk membayarnya.

DOWNLOAD

Ada komentar?