Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

20 Komik Manhwa Action Terbaik, Seru dan Dramatis (2022)

Komik Manhwa Action Terbaik - solo leveling manhwa
Komik Manhwa Action Terbaik - Solo Leveling Manhwa
Febri Penulis

Mencari komik manhwa action terbaik seperti Solo Leveling, Gosu, Tower of God, Yongbi the Invicible, dan Chronicles of Heavenly Demon. Komik Korea lainnya juga ada banyak yang tidak kalah keren dan menarik untuk diikuti.

Seperti juga film dan serial drama, komik Korea atau biasa disebut komik manhwa juga punya koleksi keren. Oleh karena itu, saya mau berbagi beberapa manhwa action terbaik.

Komik Manhwa Action Terbaik

Perkembangan komik Korea atau manhwa memang menarik. Dalam 10 tahun terakhir ini perkembangannya sangat pesat. Terutama sejak format webtoon atau web comic hadir di tahun 2003.

Tidak hanya dari industrinya saja. Dari sisi kreatif pun perkembangannya luar biasa. Misalnya, karakter gambar yang dulu mirip dengan gaya manga, kini mulai punya karakter sendiri.

Genre komik laga sendiri menunjukkan perkembangan menarik. Entah itu berdasar fantasi atau daily life, sudah banyak yang punya cerita bagus dan dramatis.

Adegan laga yang ada pun seru dan bikin tidak sabar membaca bab selanjutnya. Bahkan ada komik yang action-nya benar-benar epic! Industri komik Jepang harus waspada dengan industri komik dari Korea Selatan.

Sebelum masuk ke daftar, perlu kami sebutkan kalau ada manhwa di bawah ini yang tersedia di aplikasi Webtoon dan ada yang tidak. Untuk yang tidak — kalau kamu membaca di handphone Android — silakan baca artikel ‘Cara Baca Komik Online di Android‘.

Nah, jadi apa saja komik Korea action yang paling seru?

1. Eleceed (일렉시드)

Komik Manhwa Action Terbaik - Eleceed
Eleceed

Eleceed (일렉시드) merupakan komik korea yang membahas seorang siswa sekolah yang jujur dan baik hati bernama Seo Jiwoo, memiliki kekuatan rahasia yang dia selalu sembunyikan sejak kecil.

Dia sering berpindah-pindah kota karena memiliki kekuatan ini, karena ketika dia pernah menggunakan kekuatannya semasa kecil dan membuat dirinya dianggap seperti monster oleh teman-teman sekolahnya.

Singkat cerita ketika dia sudah beranjak dewasa menjadi seorang siswa sekolah tingkat menengah, dia bertemu dengan seekor kucing oyen yang terbaring pingsan berlumuran darah.

Ternyata saat dia sedang merawat kucing tersebut dan sang kucing sadar dari pingsannya, Jiwoo kaget karena mendengar suara laki-laki tiba muncul di sekitarnya.

Ternyata suara yang dia dengar itu dari kucing oyen yang dia rawat, kucing tersebut bernama Kayden. Kayden yang merupakan seseorang awakener terkuat yang bisa menduduki peringkat 10 terkuat di dunia awakened.

Mengajarkan Jiwoo tentang segala hal yang berkaitan dengan awakened dan juga menjadikan Jiwoo sebagai murid pertama Kayden.

Cerita ini menarik karena nantinya akan menceritakan perkembangan kekuatan Jiwoo di bawah pengawasan Kayden, bahkan nanti ada banyak chapter pertarungan yang super epic antara Jiwoo dan berbagai awakener dunia.

Selain komik Korea ini penuh dengan adegan seru seperti aksi perkelahian, ada juga beberapa aksi kocak atau lucu yang sering kali diberikan oleh sang author Son Jae Ho di setiap chapter yang dia buat.

JudulEleceed
Judul Alternatif일렉시드
Penulis / IlustratorSon Jae Ho / Zhena
GenreAksi, Fantasi
PenerbitNaver (versi Korea), Webtoon (versi Indonesia & Inggris)

2. Return of sword master (화산귀환)

Komik Manhwa Action Terbaik - Return of The Sword Master
Return of The Sword Master

Komik korea Return of sword master (화산귀환) ini menceritakan seseorang murid ke-13 dari perguruan bela diri bunga plum alias sekte hwasan bernama Cheong Myeong.

Setelah dia berhasil mengalahkan raja dari sekte iblis, dia pun ikut terbunuh. Namun perjuangan bela diri pedang nya tidak berhenti di situ saja.

Setelah dia mati dalam pertempuran terakhir di gunung 1.000, dia pun renkarnasi ke tubuh seorang anak miskin (pengemis) setelah 100 tahun berlalu masa perperangan melawan sekte iblis.

Namun saat dia renkarnasi setelah 100 tahun lamanya, sekte yang diabangun bersama kakak dan saudara seperguruannya. Sekte hwasan yang awalnya menduduki peringkat sekte terkuat dan berpengaruh menjadi sekte paling lemah dan diambang kebangkrutan.

Cheong Myeong kembali ke sekte hwasan dengan identitas barunya sebagai pengemis miskin, dalam misinya kembali ke sekte yang dia bangun.

Dia ingin mengembalikan kejayaan sekte hwasan ke posisi awalnya yaitu di puncak rantai bela diri. Kisahnya pun berlanjut dengan menceritakan kisah Cheong Myeong memulihkan kembali sekte hwasan dan melawan berbagai sekte bela diri yang ada.

JudulReturn of sword master
Judul Alternatif
화산귀환, hwasangwihwan, Volcano Return, Return of the Mount Hua Sect
Penulis / Ilustrator
BIGA / LICO
GenreAksi, Martial Art
PenerbitNaver (versi Korea), Webtoon (versi Indonesia & Inggris)

3. Memoir Of The King Of War (전왕전기)

Komik Manhwa Action Terbaik - Return of The Sword Master - Memoir of King of War


Komik manhwa action terbaik ketiga yang saya rekomendasikan adalah Memoir Of The King Of War (전왕전기), komik ini menceritakan seseorang laki-laki yang bernama Dan Sa Yu keturunan Goryeo.

Seseorang yang terlahir membawa nama sebagai keturunan Goryeo sang legenda sebagai ahli bela diri sekaligus angkatan bersenjata yang kuat dan disegani di seluruh penjuru.

Dan Sa Yu yang memberontak serta menegur orang-orang yang berada di distrik pusat demi menyelamatkan seorang teman yang dianggap sangat berarti dan di hargai semasa hidupnya.

Dia seperti pahlawan yang memimpin sebuah pasukan saat di kondisi perperangan, sungguh kuat hingga tak ada yang bisa menghentikannya.

Angkatan bersenjata Cheonpo yang merupakan legenda bela diri terhebat yang ada di Goryeo yang bisa hidup sepanjang sejarah hingga raja perang sesungguhnya terungkap.

JudulMemoir Of The King Of War
Judul Alternatif전왕전기
Penulis / Ilustrator
Woo-Gak (우각)/At.Kenny
GenreAksi, Martial Art
PenerbitKakaopage (Kakao)

4. Lookism (외모지상주의)

Komik Manhwa Action Terbaik - Looksim

Komik korea ini menceritakan seorang siswa sekolahan yang memiliki karakter pendek, gemuk dan tidak ganteng. Dia sering mengalami kekerasan dan juga pem-bully-an di sekolah hingga dia merasa tidak kuat dan ingin pindah sekolah.

Di sekolah barunya, baru saja dia pindah daerah ke tempat barunya. Dia mencoba untuk mengganti gaya rambut dan juga outfit yang ia gunakan, demi mengubah penampilannya menjadi lebih keren.

Namun sialnya, dia ketemu sama orang di jalan dan mendapatkan perlakuan yang sama yaitu kekerasan dan tidak mampu membalasnya.

Baca Juga:  Cara Baca Komik Online di Android Pakai Aplikasi Tachiyomi, Gratis dan Mudah

Karena kejadian itu dia pun viral di sosial media dan mulai mengutuk dirinya sendiri karena benci terlahir pendek dan buruk rupa seperti itu.

Hingga akhirnya keajaiban pun tiba dan mengubah hidupnya, saat dia terbangun dari tidurnya dia menyadari kalau dia berubah menjadi sesorang yang tampan, tinggi, dan memiliki badan dengan penuh otot-otot atletis.

Seperti tubuh yang diinginkannya selama ini, kisah ini berlanjut di sekolah dengan menggunakan tubuh barunya, dia merasa seperti terlahir kembali.

Karena dengan tubuh baru ini dia merasa disukai dan dicintai oleh wanita dan tidak direndahkan. Bahka dia yang saat ini menggunakan nama Hyung Seok atau Seok park dalam versi lain, dia menjatuhkan siswa yang bernama Zin Lee.

Zin Lee yang merupakan karakter kuat di kelas itu ditumbangkan oleh Seok, karena kejadian ini. Banyak preman di sekolah mulai tertarik dengan kedatangan Seok.

Kisah ini berlanjut hingga Seok menjadi orang paling disegani di sekolah dan menjadi teman para preman di sekolah.

Komik bernuansa anak sekolahan yang hidup di dunia yang keras seperti Lookism (외모지상주의) ini cocok untuk dibaca buat kamu yang ingin tahu gambaran sekolah di Korea seperti apa.

JudulLookism
Judul Alternatif외모지상주의, 外貌至上主義, Oemojisangjuui
Penulis / Ilustrator
Taejoon Park
GenreAksi, Sekolahan
PenerbitNaver (versi Korea), Webtoon (versi Indonesia & Inggris)

5. The Beginning After the End (끝이 아닌 시작)

Komik Manhwa Action Terbaik - The Beginning After The End

Salah satu rekomendasi komik Korea aksi menarik kelima menurut saya yaitu The Beginning After the End (끝이 아닌 시작), komik ini menceritakan seseorang raja yang telah mencapai puncak kejayaannya lalu meninggal tanpa sebab di kediamannya saat malam hari, lalu berenkarnasi menjadi seorang manusia baru.

Terlahir kembali menjadi bayi bernama Arthur Leywin, sang raja yang tumbuh menjadi manusia baru di keluarga Leywin dan mewariskan ingatannya sebagai raja di dunianya terdahulu.

Membuat dia menjadi seseorang yang tangguh dan mengembangkan ilmu sihir di usianya yang masih balita.

Arthur atau yang suka dipanggil Art ini berpetualang keluar kota bersama keluarganya ketika Alice Leywin seorang ibunya sedang mengandung adik perempuan Art yaitu Eleanor Leywin.

Kawanan mereka di serang oleh bandit dan membuat Arthur terpukul jatuh ke jurang demi menyelamatkan ibu dan calon adiknya dari serangan para bandit.

Kemudian dalam insiden tersebut Arthur ketemu dengan makhluk seperti dragon, tapi dalam dunia TBATE, penulis menyebutnya sebagai sebuah identitas makhluk seperti dewa suci.

Arthur pun diselamatkan oleh Sylvia sang dragon dan selama proses penyembuhan tersebut Sylvia mengajarkan Arthur soal sihir dan segala informasi dunia luar yang ingin diketahui oleh Arthur.

Hingga ajal menjemput, Sylvia menitipkan sebuah telur yang nantinya akan menetas dan menjadi binatang buas yang memiliki kontrak dengan Arthur. Namanya adalah Sylvie.

Dalam perjalanan pulang Arthur bertemu dengan bandit yang ingin menjual seorang elf, dan elf yang ingin dijual ini adalah putri dari raja clan elf.

Arthur menyelematkan sang putri dan membawanya pulang ke kediaman clan elf. Arthur bertemu dengan pendekar sihir di clan elf dan mulai belajar mengembangkan inti sihir yang dia dapatkan dari Sylvia.

Kisah ini berlanjut hingga Arthur beranjak dewasa dan masuk ke sekolah sihir di kota besar kerajaannya.

Di sekolah ini Arthur menemukan berbagai masalah, mulai bertemu dengan senior yang kuat, lalu teroris yang merupakan ajaran sesat dan sebagainya.

Hingga Arthur harus melawan para bangsawan yang menentang dan membahayakan keluarganya.

JudulThe Beginning After the End
Judul Alternatif끝이 아닌 시작, 最強の王様,二度目の人生は何をする?,三岁开始做王者)
Penulis / Ilustrator
TurtleMe/Fuyuki23
GenreAksi, Fantasi, Martial Art, Reincarnation
PenerbitTapas

6. Volcanic Age

komik korea volcanic age

Volcanic Age adalah komik Korea berdasar light nover karya Jung Joon Shin dan juga dikenal dengan judul Hwasan Age atau Mount Hua Reincarnation. Komik ini bercerita soal Joo Seo-cheon yang selamat dari masa peperangan dan menjadi tetua klan Hwasan. Namun di akhir hayatnya ia menyesali tidak bisa hidup dengan lebih baik. Ternyata, ia diberi kesempatan kedua melalui reinkarnasi ke masa lalu.

Volcanic Age menjadi populer karena cerita yang menarik. Walau memiliki unsur isekai, namun karakter Joo Seo-cheon tidak serta merta menjadi tokoh yang sakti. Perjalanannya beserta usahanya merubah sejarah menjadi poin positif.

Komik ini diterbitkan di Kakao dan sejauh ini belum ada terjemahan resmi. Kalau ingin membacanya, kamu harus berburu di aplikasi atau situs komik online.

JudulVolcanic Age
Judul Alternatif화산전생, Mount Hua Reincarnation, Hwasan Age
Penulis / Ilustrator
Jung Joon Shin (Jeong Jun) / Tomassi
GenreAksi, Fantasi, Martial Art, Reincarnation
PenerbitKakao Page

7. The Legendary Moonlight Sculptor

komik Korea the legendary moonlight sculptor

The Legendary Moonlight Sculptor adalah sebuah komik korea action atau komik manhwa yang dibuat berdasar novel ringan berjudul sama, karangan Nam Hi-Sung. Lee Hyun, tokoh utama cerita ini, berhasil menjual karakter game-nya senilai 3,1 milyar Won. Namun uang itu diambil oleh lintah darat. Ia lalu memutuskan mencari uang lagi di game virtual reality MMORPG, Royal Road.

The Legendary Moonlight Sculptor mungkin tidak memiliki adegan laga yang heboh seperti Gosu atau Yongbi. Juga tidak punya drama seperti Dokgo. Tapi cerita komik Korea ini menghibur.

JudulThe Legendary Moonlight Sculptor
Judul Alternatif달빛 조각사
Penulis / Ilustrator
Nam Hi-sung, Grimza / Kim Tae-hyung
GenreAksi, Fantasi, VR Game
PenerbitKakao, Tapas

8. Ranker Who Lives A Second Time

komik korea

Ranker who Lives a Second Time bercerita tentang Yeon-woo yang menyelidiki saudara kembarnya yang hilang akibat pengkhianatan rekan-rekannya.

Yeon-woo mengetahui nasib saudara kembarnya itu setelah menemukan buku harian miliknya. Yeon-woo pun masuk ke Obelisk, the Tower of Sun God, untuk mencari tahu. Di sana ia juga mengembangkan skill miliknya dengan berburu monster, berdasar panduan dari buku harian tersebut.

Walau tidak benar-benar serupa, komik ini memiliki nuansa yang sama. Paling tidak dari jendela status yang seperti game dan petualangan berburu monster. Yah, boleh dianggap Solo Leveling bertemu dengan Tower of God.

JudulRanker who Lives a Second Time
Judul AlternatifSecond Life Ranker, The Ranker Who Lives Twice
Penulis / IlustratorSadoyeon / Nong Nong
GenreAksi, Fantasi, Overpowered, Dungeon
PenerbitSecond Life Ranker

9. Hardcore Leveling Warrior

komik korea hardcore leveling warrior

Hardcore Leveling Warrior merupakan manhwa yang ditulis oleh Kim Sehoon (Kim Se-Hun). Hardcore Leveling Warrior merupakan nama karakter di game virtual reality Lucid Adventure. Ia memiliki nama asli Ethan Gong. Awalnya ia merupakan karakter dengan ranking no. 1 di game tersebut. Karena satu dan lain hal, ia jatuh dan harus memulai lagi dari level paling dasar.

Baca Juga:  Cara Baca Komik Online di Android Pakai Aplikasi Tachiyomi, Gratis dan Mudah

Hardcore Leveling Warrior memiliki cerita yang ringan, seru, dan tidak terduga. Manhwa ini tersedia di LINE Webtoon.

JudulHardcore Leveling Warrior (Lucid Adventure)
Judul AlternatifHardcore Leveling Warrior, HLCW
Penulis / Ilustrator
Kim Sehoon
GenreAksi, Fantasi, VR Game
PenerbitWebtoon

10. The God of High School

komik Korea god of high school

The God of High School merupakan salah satu rekomendasi komik manhwa action terbaik karya Yongje Park. Komik ini bermula dari turnamen bela diri antar pelajar SMA. Mori Jin, sang tokoh utama, menemukan bahwa ada permasalahan lebih besar di balik turnamen ini, dan ia menjadi kuncinya.

Seperti manhwa yang sudah disebutkan di atas, The God of High School juga sarat dengan aksi (yang sering bombastis). Selain aksi, cerita komik ini juga penuh intrik.

The God of High School hadir di LINE Webtoon dan termasuk dalam manhwa action populer.

JudulThe God of High School
Judul Alternatif갓 오브 하이 스쿨, Gat Obeu Hai Seukul
Penulis / Ilustrator
Yongje Park
GenreAksi, Fantasi, Overpowered, Martial Art
PenerbitWebtoon

11. Nano Machine

nano machine manhwa

Nano Machine bercerita tentang Cheon Yeo-Woon, seorang anak yatim piatu yang besar di Demonic Cult, yang mendapatkan nano teknologi dari keturunannya di masa depan. Dengan teknologi canggih tertanan di tubuhnya, ia pun meningkatkan kemampuan bela dirinya dan menapak jenjang di sekte tersebut.

Komik ini menarik karena menggabungkan unsur tradisional dan cerita silat dengan teknologi canggih. Tentu saja, dengan artificial intelligence di tubuhnya, Yeo-Woon mampu menganalisa berbagai situasi dan berbagai ilmu.

Tentu saja, komik ini pun menyajikan pertarungan yang seru dan dramatis, termasuk kisah yang bikin penasaran dari intrik di dalam Demonic Cult itu.

JudulNano Machine
Judul Alternatif나노마신, Nano Mashin
Penulis / Ilustrator
Han-Joong-Wueol-Ya / Guem-Gang-Bul-Gae
GenreAksi, Fantasi, Martial Art
PenerbitNAVER Webtoon, Webtoon

12. Supernova

supernova manhwa

Supernova adalah komik karya penulis dengan nama Killer Whale. Komik ini dipublikasikan di Toomics. Cerita di dalamnya unik dan menjanjikan.

Supernova memiliki latar kehidupan pelajar yang terpisah antara yang kuat (para begundal tukang bully) dan yang lemah (korban bullying). Kondisi itu berubah ketika Kim Yushin menemui temannya meninggal sebagai korban dan memutuskan membela mereka yang lemah. Di samping itu, hadir pula Kim Chunchu, murid baru, yang ingin menguasai geng begundal sekolah itu.

Yang menarik dari komik ini adalah tokoh-tokoh di dalamnya diceritakan mendapat “kekuatan” dari tokoh bersejarah Korea. Tepatnya di era Tiga Kerajaan Korea (Silia, Baekje, dan Goguryeo) ketika mulai ada penyatuan Korea. Jadi, selain penuh dengan adegan perkelahian, komik ini juga memiliki latar sejarah yang asik.

JudulSupernova
Judul Alternatif소년의신성, Boyhood Divinity
Penulis / Ilustrator
Killer Whale
GenreAksi, Fantasi, School Life, Gang
PenerbitToomics

13. The Gamer

the gamer webtoon

The Gamer merupakan komik Korea yang ditulis oleh Sung Sang-Young dan digambar oleh Sang-Ah. Komik ini bercerita soal Han Jee-Han yang memperoleh kemampuan seperti pemain game RPG. Ia juga bisa masuk ke dunia tersembunyi (The Abyss) tempat berbagai orang dan organisasi beradu kekuatan.

The Gamer punya nuansa yang cukup mirip dengan The Legendary Moonlight Sculptor dalam hal tema RPG atau mirip dengan manga jenis isekai. Ceritanya berjalan dengan ringan dan menghibur.

Kamu bisa membaca The Gamer di LINE Webtoons dari Naver.

JudulThe Gamer
Judul Alternatif더 게이머, Deo Geimeo
Penulis / Ilustrator
Sung Sang-Young / Sang-Ah
GenreAksi, Fantasi, Dungeon
PenerbitWebtoon

14. Dokgo

dokgo manhwa

Dokgo merupakan manhwa buatan Meen dan Baek Seung-Hoon. Kang Hyuk — lebih dikenal dengan julukan Dokgo — adalah seorang berandal putus sekolah. Setelah kematian saudara kembarnya, Kang Hu, ia ingin membalas dendam pada preman sekolah yang bertanggung jawab. Ia pun menyamar sebagai Kang Hu untuk menyelidiki kejadian sebenarnya.

Berbeda dengan komik yang disebut di atas, Dokgo juga kental dengan nuansa drama. Komik ini penuh dengan cerita seputar bullying (yang menjurus kriminal), dunia kelam remaja, dan persahabatan. Selain cerita, saya suka dengan gaya ilustrasinya.

Komik Dokgo sempat dipublikasikan di Sports Today (Korea) dan Lezhin (Korea). Seri ini sudah tamat, dan dilanjutkan dengan seri Dokgo Rewind, Dokgo 2, dan Blood Rain.

JudulDokgo
Judul Alternatif
Penulis / Ilustrator
Meen / Baek Seung-Hoon
GenreAksi, Drama, School Life
PenerbitLezhin, Daum

15. Red Storm

red storm manhwa

Red Storm adalah rekomendasi komik manhwa action terbaik karya Noh Kyungchan dan digambar oleh Park Hyun-Il. Sebelum menjadi webtoon, Red Storm merupakan sebuah novel dengan judul sama. Seri ini bercerita tentang seorang anak kepala suku (disebut dengan istilah Glow) yang bercita-cita ingin jadi ksatria terbesar di Red Desert. Ia belajar bela diri dari pendekar sakti bernama Noah, dan membentuk pasukan elit bernama Red Storm.

Komik Korea ini merupakan webtoon yang terbit tiap minggu di situs komik online Daum, dari Kakao. Untuk membaca versi non-Korea, kelihatannya kamu harus berburu di situs manga scanlation.

JudulRed Storm
Judul Alternatif레드스톰
Penulis / Ilustrator
Noh Kyungchan / Park Hyun-Il
GenreAksi, Fantasi
PenerbitDaum

16. Legend of The Northern Blade

svg%3E

Legend of the Northern Blade adalah komik online atau komik manhwa action terbaik karya Hae-Min dan diilustrasikan oleh Woo-Gak. Komik ini bercerita tentang Jin Mu-Won, penerus Northern Heavenly Sect yang bertahan hidup setelah kematian ayahnya dan kehancuran sektenya. Ia diam-diam berlatih ilmu misterius dan kemudian berpetualang untuk membalas dendam.

Cerita yang ada di komik ini mungkin terhitung klasik. Namun yang menarik, Jin Mu-Won tidaklah berambisi embalas dendam dengan berapi-api. Ia justru terlihat kalem, penuh perhitungan, dan tidak mengumbar ilmunya.

Sejauh ini ritme cerita berjalan cukup konstan, tidak terburu-buru tapi juga tidak bertele-tele. Aksinya juga seru.

JudulLegend of the Northern Blade
Judul Alternatif
Penulis / IlustratorHae-Min / Woo-Gak
GenreAksi, Fantasi, Petualangan, Martial Art, Overpowered
PenerbitKAKAO Page

17. Record of the War God

svg%3E

Record of the War God bercerita tentang Mu Soh-Wol, seorang pendekar sakti yang diduga sudah mati dalam sebuah kejadian. Namun entah bagaimana ia hadir kembali 20 tahun setelah kejadian tersebut. Pendekar ini pun kembali bertualang untuk melacak musuhnya dan mencegah sebuah sekte mendominasi dunia persilatan.

Kisah ini dibawakan dengan baik. Sosok Soh-Wol sendiri diselimuti nuansa misterius. Baik latar belakang maupun motifnya. Walau sakti dan berkesan overpowered, ia tidak semata-mata menunjukkannya. Jadi jalan ceritanya pun enak diikuti.

JudulRecord of the War God
Judul Alternatif무신전기, Musinjeongi
Penulis / IlustratorSae Byeok Gum / Joo Ni Koong
GenreAksi, Fantasi, Petualangan, Martial Art, Overpowered
PenerbitKAKAO Page

18. How To Fight

svg%3E

Komik How To Fight bercerita soal Yoo Hobin, seorang pecundang di sekolah, yang menjadi bahan bullying. Ia secara tidak sengaja menemukan sebuah channel lama di Newtube tentang cara bertarung. Setelah mencoba dan berhasil, Hobin pun merasa ada kesempatan untuk lepas dari sosok pecundang.

Komik yang bertema bullying dan video online ini punya cerita yang unik. Tokoh utama yang menemukan video tutorial cara berkelahi tidak serta merta jadi jagoan. Tapi masih tetap punya sifat penakut dan berkembang sedikit demi sedikit. Lalu tidak sedikit adegan yang lucu di komik ini. Jadi memang menghibur.

JudulHow to Fight
Judul Alternatif
Penulis / IlustratorTaejoon Park / Kim Junghyun
GenreAksi, Martial Art, Daily Life
PenerbitLINE Webtoon

19. Mercenary Enrollment

mercenary enrollment action manhwa

Mercenary Enrollment bercerita tentang Yu Ijin, mantan tentara bayaran, yang kembali masuk sekolah. Ketika kecil, ia terpisah dengan keluarganya akibat kecelakaan pesawat. Ia pun harus bertahan hidup dan akhirnya menjadi tentara bayaran.

Berawal dari kisah bulyying adik Ijin, manhwa ini membawa alur cerita menarik. Ijin yang sebenarnya OP (bila dibandingkan preman sekolah) harus merahasiakan identitasnya sambil menjaga adik dan kakeknya. Adegan aksinya pun cukup dramatis (sedikit mengingatkan awal Sung Jin Woo reawakening).

JudulMercenary Enrollment
Judul Alternatif입학용병, Ipagyongbyeong
Penulis / IlustratorYC / Rakhyun
GenreAksi, Martial Art, Daily Life
PenerbitNAVER Webtoon

20. Castle

komik korea castle action manhwa

Komik manhwa action terbaik ke-20 yaitu Castle menceritakan usaha Kim Shin menjatuhkan organisasi kriminal “Castle.” Kim Shin sendiri sebelumnya merupakan pembunuh bayaran nomor satu yang memiliki nama kode “Amur Tigro.” Ia kembali dari Rusia ke kota Hoe Nam di Korea untuk memulai ambisinya.

Seperti terlihat dari sinopsis di atas, komik ini penuh aksi brutal dan penuh intrik. Walau kita tahu kalau Kim Shin hebat, masih ada tokoh lain yang belum kita ketahui kemampuannya. Begitu juga besarnya organisasi “Castle” itu. Jadi cukup menegangkan.

JudulCastle
Judul Alternatif캐슬
Penulis / IlustratorJeong Yeon
GenreAksi, Martial Art, Daily Life, Mafia
PenerbitNAVER Webtoon

What’s Next

Itu lah daftar rekomendasi komik manhwa action terbaik yang bisa saya sarankan ke kamu untuk dibaca, ada beberapa komik yang saat ini sudah taman dan juga ongoing.

Baik yang sudah selesai, tetap saya masukan karena bisa saja kamu yang baca artikel ini belum selesai membaca komik korea tersebut.

Rekomendasi komik korea action yang saya tulis ini akan saya update secara berkala, seperti halnya saat ini. Artikel ini sudah diperbarui beberapa kali, sehingga kamu bisa mampir kembali ke sini jika ingin tahu informasi ter-update mengenai komik manhwa action terbaik di kemudian hari.


Jika ada pertanyaan atau saran lebih lanjut, silakan tulis di kolom komentar atau kirim email ke [email protected] Kamu juga bisa berlangganan berita atau artikel seputar teknologi & internet seperti di atas melalui halaman urbandigital di Google News.